Gempa Bumi 6,1 skala Richter di Blitar

Gempa Bumi 6,1 skala Richter di Blitar - Gempa bumi berkekuatan 6,1 skala Richter dirasakan warga di Kabupaten Blitar dan Kediri, Jawa Timur. Belum dilaporkan adanya kerusakan akibat gempa tersebut. Gempa tersebut juga di rasakan di daerah lain seperti Yogyakarta, Malang sampai Denpasar.

Warga malang, Nostal Nuan Saputri mengaku getaran gempa Blitar terasa hingga Malang. "Kalau beraktivitas tidak terasa, tapi kalau tiduran terasa. Tempat tidur bergerak-gerak, kaca bergetar," kata dia

Kepala Bagian Humas Pemerintah Kabupaten Blitar, Wiyakto, mengatakan gempa tersebut terasa sekitar pukul 07.15 WIB. Namun, karena kekuatannya yang cukup lemah, tak banyak warga yang merasakan. "Saya sendiri tenang di dalam rumah," katanya.

Wiyakto juga tidak menerima laporan adanya potensi tsunami dan kepanikan di kawasan pantai selatan. Dia memastikan gempa tersebut tak berdampak apa-apa pada masyarakat.


Hal yang sama dirasakan warga di Kota Kediri. Sejumlah warga melaporkan terjadinya gempa hingga dua kali dalam skala kecil. "Hanya lampu gantung yang bergoyang selama 15 detik," kata Nanang Masyari, warga Kelurahan Lirboyo, Kecamatan Kota Kediri.

Menurut situs Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, pusat gempa berada di 170 kilometer sebelah tenggara Blitar dengan kedalaman 25 kilometer.

Suhardjono, Kepala Balai Besar II Badan Meteorologi, Klimatologi, dan GeofisikaMenurut, gempa Blitar terjadi pukul 07.14 WIB dengan kedalaman 25 Km. Apakah gempa ini punya keterkaitan dengan gempa besar yang diisukan akan terjadi di Jakarta, Suhardjono tidak mau menanggapi.

"Cuma, ya, itu bloknya sama. Itu, kan, renteran lempeng dari sebelah barat Pulau Sumatera, Selatan Jawa, hingga ke timur," ucap Suhardjono. (Baca juga: Daerah Yang Di Kosongkan Di wilayah Magelang Dan Sleman)