Pemain Bulutangkis Wajib Pakai Rok ?

Pemain Bulutangkis Wajib Pakai Rok ? - Penentuan pemakaian rok bagi pebulu tangkis putri bakal diputuskan dalam rapat induk organisasi bulu tangkis dunia (BWF) pada Desember 2011.

Siaran pers BWF yang diterima di media center di sela-sela pertandingan final Piala Sudirman di Qingdao Sport Center Gymnasium Qingdao, China, Minggu, menyebutkan bahwa hal itu berdasarkan masukan dari komite bulu tangkis putri.

Peraturan tersebut semula dilaksanakan mulai 1 Mei 2011 kemudian ditanggguhkan satu bulan pada 1 Juni 2011. Tetapi akhirnya bakal ditentukan dewan BWF pada Desember mendatang.

Berikut bunyi peraturan tersebut

"Para pemain putri yang akan turun di turnamen-turnamen level tertinggi BWF diwajibkan untuk mengenakan rok atau gaun yang memperlihatkan sisi kewanitaan mereka. Bahkan, meskipun mereka tetap memakai celana pendek di dalamnya. Tidak diperbolehkan lagi memakai celana pendek saja dalam sebuah pertandingan,"


Namun sepertinya peraturan tersebut akan di batalkan. Hal ini menyusul keberatan Malaysia, China, Indonesia, India, negara-negara Skandinavia dan khususnya negara negara dengan penerapan hukum Islam yang ketat.

"Mereka yang keberatan dengan peraturan itu dapat mendesak dewan BWF untuk membatalkan keputusan yang akan disahkan itu dalam rapat umum tahunan organisasi pada 28 Mei di China," kata S. Selvam, manager pemasaran Super Series BWF.

Sebelumnya Wakil Presiden BWF, Paisan Rangsikitpho, menolak bahwa peraturan itu merupakan suatu bentuk ekspoitasi terhadap wanita sembari mengatakan bahwa rok itu tidak mesti rok pendek. Namun, dia menekankan bahwa harus ada sesuatu yang menjadi pembeda dalam sebuah pertandingan putri.
Peraturan baru tersebut nantinya menurut Paisan bisa mengembangkan daya tarik bulutangkis agar bisa mendatangkan penonton dan akhirnya bisa mengangkat profil pebulu tangkis wanita itu sendiri.