Piala Sudirman 2011: Indonesia Lawan Denmark di Semifinal

Piala Sudirman 2011: Indonesia Lawan Denmark di Semifinal – Tim Indonesia yang tidak di perkuat pemain bintangnya akhirnya lolos ke semifinal Piala Sudirman setelah menaklukkan Jepang 3-2 di Qingdao Sports Centre Conson Stadium, Jumat, 27 Mei 2011. Selanjutnya di babak empat besar Indonesia akan melawan Denmark yang lebih dulu mengalahkan China Taipei.

Hal ini merupakan kebanggaan tersendiri untuk olahraga Indonesia, secara dari awal tim Indonesia  tidak menargetkan apa apa di Piala Sudirman 2011. Sejumlah pemain bintang seperti Taufik Hidayat dan Sony tidak bisa ikut serta dalam Sudirman Cup kali ini.


Indonesia meraih tiket semifinal dengan susah payah. Tim Merah Putih memang bisa meraih partai pertama setelah pasangan ganda putra Alvent Yulianto Chandra/Mohammad Ahsan mampu mengalahkan pasangan Hirokatsu/Noriyasu Hashimoto 21-17 21-16.

Namun, kelemahan Indonesia berada di sektor tunggal. Adriyanti Firdasari lebih dulu kalah dari Eriko Hinose 19-21, 21-17, 14-21 dan membuat Indonesia tertahan imbang 1-1. Menurut mantan pemain nasional, Susi Susanti, penampilan Firda pada pertandingan kali ini sudah sangat baik. "Sangat disayangkan memang saat Firda kalah di set pertama, padahal dia sudah bermain sangat bagus," katanya saat dihubungi Jumat (27/5).

Begitu hal dengannya dengan Simon Santoso. Simon kalah dua game langsung 15-21, 9-21 dari Kenichi Tago. Susi sebenarnya sangat berharap Simon bisa mencerahkan harapan Indonesia untuk tetap mengamankan tempat di babak semifinal seperti sejak awal penyelenggaraan kejuaraan dunia beregu ini. "Karena memang untuk menghadapi Jepang, lebih besar peluang di sektor putra. Penentuannya kemudian di ganda campuran," katanya.

Beruntung di partai keempat Indonesia memiliki pasangan ganda putri Meiliana Jauhari/Greysia Polii. Pasalnya pasangan ini mampu menyelamatkan peluang Indonesia dengan mengalahkan pasangan Mamii Naito/Szhizuka Matsuo 21-17 21-16 dan membuat kedudukan imbang 2-2.


Pemenang babak perempat final ini pun harus ditentukan lewat partai terakhir yang mempertemukan ganda campuran Fran Kurniawan/Pia Zebadiah Bernadet dengan Reiko Shiota/Shintaro Ikeda. Setelah melalui pertarungan luar biasa, Fran Kurniawan/Pia Zebadiah Bernadet akhirnya menang 21-19, 25-23, 21-14 atas Shintaro Ikeda/Reiko Shiota.

Semoga Indonesia bisa menjadi juara di Piala Sudirman kali ini. Pasalnya pada pertandingan semalam , terlihat para pemain kita yang bermain sangat semangat dan tidak mau menyerah, khususnya para pemain ganda kita. Semoga Indonesia bisa menjadi juara pada Piala Sudirman kali ini dan menjadi penghibur masyarakat Indonesia yang merindukan kebangkitan olahraga Indonesia. (Baca: Kongres PSSI 2011 Ricuh, Sanksi FIFA Menunggu)