16 Tips Cara Berhenti Merokok

16 Tips Cara Berhenti Merokok – Merokok merupakan aktifitas yang membahayakan kesehatan. Baik itu terhadap diri sendiri maupun orang lain. Orang yang menghisap rokok secara langsung biasanya disebut sebagai perokok aktif, sedangkan orang yang ikut menghirup asap rokok disekitar para perokok aktif disebut perokok pasif. Baik perokok aktif dan pasif ini akan merasakan dampak negatif dari asap rokok.

Memang sangat sulit untuk menghentikan kebiasaan merokok, khususnya bagi perokok berat. Bahaya rokok yang sebenarnya sudah tertera pada bungkus rokok itu, ‘merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, gangguan kehamilan dan janin’, sepertinya tidak ampuh untuk menghentikan aksi para perokok, khususnya di Indonesia yang penyebarannya semakin memprihatinkan.

Anda termasuk perokok berat ? dan ingin segera berhenti merokok. Jika tidak bisa sekarang atau besok, mungkin tanggal 31 Mei nanti bisa anda jadikan sebagai momentum untuk berhenti merokok, tentunya untuk selamanya. Seperti kita tahu 31 Mei merupakan Hari Tembakau sedunia.


Tips Cara Berhenti Merokok di bawah ini mungkin bisa membantu anda untuk berhenti merokok dan mulai hidup sehat.

Berikut 13 Tips Cara Berhenti Merokok

1.      Niat dan motivasi yang sungguh-sungguh.
Segala sesuatu tidak ada yang benar jika tidak di barengi dengan niat yang sungguh sungguh dan cara yang benar. Begitu halnya jika anda ingin berhenti merokok. Caranya sangat sederhana, buatlah daftar (DI TULIS) alasan kenapa Anda harus berhenti merokok. Alasan yang sifatnya personal atau emosional biasanya lebih memotivasi daripada alasan yang hanya berdasarkan fakta, lalu tempel di tempat yang bisa anda lihat terus. Bagi yang sudah berkeluarga, mungkin anak bisa jadi motivasi yang kuat, sedangkan yang masih sendiri jadikan pengganti uang rokok itu sebagai motivasi anda.

2.      Tentukan Waktunya
Ini adalah langkah yang sangat penting. Pilihlah waktu yang jelas untuk menentukan kapan mulai berhenti merokok, sehingga anda sudah siap.

3.      Beritahu Keluarga dan Teman
Anda memiliki kesempatan yang lebih baik untuk sukses jika Anda memperoleh bantuan. Beritahu keluarga, teman dan rekan kerja bahwa Anda akan berhenti merokok. Mintalah kepada mereka untuk tidak merokok di sekitar Anda.

4.      Singkirkan dan bersihaan semua yang berkenaan dengan rokok
Singkirkan semua barang yang bisa mengingatkan anda akan rokok seperti asbak, korek api dan dan semua yang berhubungan dengan rokok, termasuk teman ada yang perokok, kurangi bergaul dengan mereka. Bersihkan semua benda yang ada di rumah anda yang masih menyimpan bau rokok. Hal ini bertujuan untuk menghindari munculnya ingatan lagi akan bau rokok. Cuci baju, sprei, handuk, selimut dan semua semuanya. Bila ada dana, belilah pengharum ruangan sehingga ruangan anda betul betul berubah dan tidak tercium lagi aroma rokok yang bisa memunculkan kerinduan terhadap rokok.

5.      Cari pengganti rokok yang tepat
Carilah pengganti rokok yang tepat seperti permen atau permen karet mint. Jangan Jangan mencoba coba mencari pengganti rokok yang mengandung nikotin. Banyak dijual di pasaran permen karet yang mengandung nikotin sehingga anda bisa terbebas dari rokok tetapi anda akan makin terikat dengan nikotin. Jangan lupa untuk menyetok barangnya.

6.      Belilah merk rokok yang harganya murah dan kualitas pas-pasan
Jika anda tidak bisa langsung berhenti merokok, mungkin anda bisa coba cara ini. Biasanya kalau orang yang sudah terbiasa merokok dengan rokok enak, dan suatu saat merokok dengan rokok yang tidak enak akan merasa gatal di tenggorokan dan seperti gak ada rasa di lidah, hambar. Diharapkan ini dapat mengurangi intensitas merokok. Selain itu, biasanya orang akan malu merokok di tempat umum jika rokoknya rokok murahan, jadi kalau mau merokok harus cari tempat yang sepi, beda jika rokoknya merk mahal. Dengan santainya, kebul-kebul di tempat umum.

7.      Jika kebelet merokok tundalah beberapa menit sampai keinginan itu hilang.
Jika keinginan merokok memuncak, tariklah napas dalam-dalam melalui mulut, lalu keluarkan secara perlahan dengan menyempitkan bibir Anda. Ulangi 5-10 kali, sembari ingat niat anda untuk berhenti merokok.

8.      Hentikan kebiasaan menunggu atau diam tanpa aktifitas
Selalu isi waktu luang anda dengan aktivitas, jangan sampai diam tanpa aktivitas. Hal tersebut bisa membankitkan kembali untuk merokok.

9.      Olahraga dan minum cukup air
Berolah raga dan minum cukup air akan membantu anda melupakan rokok. Aktifitas ini akan membuat tubuh anda tambah sehat dan membantu mengeluarkan toksin dan bahan bahan buruk dari rokok keluar dari tubuh.

10.  Jangan pedulikan provokasi orang lain.
Jika kamu termasuk perokok yang hanya buat gaya-gayan atau takut dibilang banci oleh temanmu. Yakinlah, bahwa kamu itu pria sejati. Bayangkan, jika karena merokok kemudian mereka terkena impotensi di usia muda sedang kamu yang tidak merokok sampai umur di atas 70 tahun masih greng. Siapa yang pria sejati coba?

11.  Berikan reward untuk anda sendiri
Beri hadiah pada diri Anda sendiri saat Anda berhasil tidak merokok selama periode tertentu yang Anda tetapkan sendiri. Misalnya, biasanya Anda merokok 2 pak per hari dan tiap pak harganya Rp. 10.000. Jika Anda berhasil tidak merokok selama seminggu, berarti Anda menghemat Rp. 140,000. Gunakan uang itu untuk membeli hadiah bagi diri Anda sendiri atau ke seseorang yang menjadi pendorong dan motivasi anda.

12.  Cari dan dapatkan pengobatan dengan benar
Obat-obatan seperti bupropion membantu beberapa orang berhenti merokok. Obat-obatan ini tidak mengandung nikotin, tetapi membantu Anda untuk melawan dorongan merokok. Atau anda juga bisa mencoba obat herbal ini HERBS IBN AL NAFEES.

13.    Teruslah berusaha dan jangan cepat menyerah
Tidak banyak perokok berat yang bisa langsung berhenti merokok secara total. Oleh karena itu teruslah berusaha dan jangan cepat menyerah

14.  Makan Buah dan Sayur
Jangan diet saat berhenti merokok. Fokus makan lebih banyak buah, sayuran, dan produk susu rendah lemak. Studi Universitas Duke menunjukkan sayur dan buah membuat rokok terasa mengerikan. Ini akan memberikan Anda “kaki” penopang dalam memerangi kecanduan sekaligus memberi nutrisi pelawan penyakit.

15.  Kelola Stres
Lebih rileks merupakan satu dari berbagai alasan merokok. Nikotin dianggap membantu. Niat Anda berhenti merokok harus diikuti cara lain mengatasi stres. Anda bisa yoga atau mendengarkan musik. Anda  harus bisa menghindari stres dalam beberapa pekan setelah memutuskan berhenti merokok.

16.  Ketahui Resep Obat
Datang ke dokter dan minta resep obat. Ketahui cara yang memudahkan penarikan nikotin memakai produk yang tak mengandung nikotin.  Ada pil dari bahan kimia yang membantu mengurangi ketagihan pada otak. Sebaiknya jangan pergi ke dokter sendirian.