PNS Diusulkan Pensiun Dini, Pesangon Besar Siap Ditangan | Berita Ane PNS Diusulkan Pensiun Dini, Pesangon Besar Siap Ditangan:Berita Ane

Update via Email

PNS Diusulkan Pensiun Dini, Pesangon Besar Siap Ditangan

PNS Diusulkan Pensiun Dini, Pesangon Besar Siap Ditangan – Pegawai Negeri Sipil atau yang lebih di kenal dengan PNS ditawarkan pensiun dini oleh pemerintah. Pasalnya pemerintah mulai tidak mampu menanggung biaya pengeluaran untuk para PNS, akibat makin banyaknya jumlah PNS yang saat ini mencapai 4,7 juta orang . Hal ini tidak lepas dari banyaknya pemekaran wilayah di Indonesia.

Seperti kita tahu, gaji para PNS baru saja di naikkan dan  setiap tahunnya menerima “Gaji ke-13”. Hal ini sebenarnya tidak sesuai dengan kinerja PNS (secara umum) yang tidak maksimal dan sering “keluyuran” pada hari kerja, belum lagi ketika ada cuti bersama. Tahu ndiri kan…..


Usul pension dini itu diperuntukan secara sukarela bagi PNS usia 50-55 tahun. Mereka diperkenankan untuk mengajukan pensiun dini, untuk kemudian diberikan kompensasi khusus berupa pesangon

Sebagai stimulus, pemerintah sedang mengkaji kompensasi atau pesangon bagi PNS yang pensiun dini secara sukarela. Menurut Wakil Menteri Keuangan Anny Ratnawati, kompensasi itu mirip kebijakan golden shake hand di perusahaan swasta, yaitu pegawai yang pensiun dini mendapat pesangon lumayan besar.

“Kan kalau di perusahaan juga ada semacam golden shake hand gitu ya, penggantian untuk dia tetap bisa (bekerja) untuk kegiatan lain dari dana yang dia dapat,” kata Wakil Menteri Keuangan, Anny Ratnawati, di kantor Kemenkeu.

Anny yakin, kebijakan pensiun dini ini tidak akan mendapat resistensi dari para PNS jika memang disediakan kompensasi yang layak. Jumlah PNS di Indonesia pada 2010 mencapai 4,598 juta orang. Hanya kurang dari setengahnya atau sekitar 2,099 juta yang merupakan tenaga fungsional seperti guru, dosen, dokter, dan paramedis. Sisanya lebih banyak tenaga administratif.

Menteri Keuangan Agus Martowardojo menambahkan, walau kebijakan pensiun dini masih berupa kajian, dia mendorong PNS pensiun dini secara sukarela. Agus juga menginginkan adanya pemerataan.

Besarnya Pesangon Peinsiun Dini PNS

Walaupun besarnya pesangon pensiun dini PNS masih di bahas, namun sebenarnya kita bisa mengira ngira besarnya pesangon pensiun dini PNS menggunakan Perhitungan Pesangon.


Artikelnya bagus ? Jangan lupa SHARE ke yang lain ya... Thanks







Artikel Terkait

Sudah Baca Ini

Lijit Search

Diklik Like nya Dulu Ya...Terima Kasih

SAMBIL LIHAT LIHAT Tunggu..25 Seconds




Yang Baru Dibaca

 
Copyright © Berita Ane | Powered by Blogger