Cara Mengobati dan Menghilangkan Jerawat

Cara Mengobati dan Menghilangkan Jerawat - Siapa sih yang tidak pernah mengalami jerawatan atau merasakan saat spesial kita terasa tidak percaya diri karena ada nya jerawat di wajah. Bagi para remaja jerawat adalah suatu hal yang sangat memalukan. Sebenarnya jerawat tidak hanya timbul pada usia remaja saja, tapi juga pada usia setelahnya. Lalu bagaimana cara mencegah jerawat atau cara menghilangkan jerawat ?.

Sebelum di bahas lebih lanjut mengenai tips menghilangkan jerawat, sebaiknya kita cari tahu dulu apa itu jerawat dan penyebabnya.

Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Jerawat adalah penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya.

Jerawat timbul di mana saja, bisa timbul di punggung, di badan, di telinga apalagi di wajah. itu semuanya disebabkan karena kurangnya perawatan tubuh maupun wajah. Pada artikel ini akan di bahas cara mengobati jerawat baik itu di wajah maupun di punggung, sebab kedua tempat tersebut merupakan tempat favorit si jerawat.


Apa penyebab jerawat ?

Berikut beberapa penyebab timbulnya jerawat.

Penyebab timbulnya jerawat di wajah
- Adanya sumbatan lapisan kulit mati pada pori-pori yang terinfeksi.
- Kelenjar minyak yang diproduksi terlalu berlebih.
- Aktivitas hormonal
- Karena faktor genetik turunan orangtua.
- Faktor hormon seperti pada saat pubertas menginjak belia.
- Bakteri di pori pori kulit
- Iritasi Kulit atau Garukan yang menyebabkan Peradangan
- Anabolic steroid
- Gaya hidup yang membuat stress baik secara emosi dan fisik.
- Pil KB.
- Kosmetik
- Jenis makanan tertentu seperti: (tidak secara langsung dan masih dalam hipotesa), seperti susu dan turunannya seperti susu saring (skimmed milk), keju batangan, cream keju, makanan dingin pencuci mulut (sherbet), makanan laut dan makanan dengan karbohidrat tinggi.
- Kadar Vitamin A dan vitamin E yang rendah.
- Lingkungan yang mengandung kadar klorin (chlorine) yang tinggi terutama chlorinated dioxins, sedang yang bisa menyebabkan jerawat yang parah disebut Chloracne.
- Lingkungan dengan udara pana, lembap, terlalu dingin atau kering juga dapat memicu timbulnya jerawat.
- Buang air besar yang tidak teratur sehingga racun-racun tubuh banyak yang tidak terbuang.

Penyebab timbulnya jerawat di punggung
Sebenanrnya penyebab jerawat di punggung tidak terlalu beda dengan penyebab jerawat di wajah. Faktor terpenting yang menjadi penyebab timbulnya jerawat di punggung adalah kebersihan dan kelembapan.

Seperti kita tahu, daerah punggung merupakan daerah yang selalu lembap dan sulit untuk di bersihkan. Hal ini menyebabkan bakteri atau kelenjar minyak yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut pada pori pori tidak bisa di bersihkan secara maksimal. Soal faktor yang lainnya, hampir sama dengan penyebab jerawat di wajah.

Bagaimana Cara Mencegah Jerawat

Karena penyebab timbulnya jerawat di wajah dan punggung sedikit berbeda, maka cara mencegahnya pun juga sedikit berbeda. Berikut cara mencegah jerawat.

Cara Mencegah Jerawat di Wajah atau Muka
- Kulit wajah harus selalu bersih saat istirahat di rumah.
- Cuci wajah minimal 2 kali sehari dengan susu pembersih dan penyegar atau sabun khusus dengan PH 5,5
- Hindari pemakaian kosmetika rias saat tidur.
- Hindari pemencetan jerawat.
- Sesuaikan kosmetik dengan jenis kulit anda
- Sebisa mungkin hindari kosmetik yang berminyak.
- Keringkan wajah kita dengan handuk yang bersih setelah cuci muka atau mandi (kecuali setelah wudhu).
- Kebutuhan pembersih bagi kulit kering berbeda dengan kulit berminyak atau kulit normal, demikian juga sebaliknya.
- Singkirkan rambut yang menutup wajah.
- Minum air putih yang cukup.
- Sering-seringlah makan sayur dan buah.
- Cuci sarung bantal dan seprei secara teratur.
- Hindari gaya hidup yang membuat stress.
- Hindari makanan yang menjadi penyebab timbulnya jerawat dan perbanyak konsumsi vitamin C dan makanan yang mengandung zinc. Lingkungan. Udara panas, lembap, terlalu dingin atau kering juga dapat memicu timbulnya jerawat
- Rajin berolah raga atau melakukan aktifitas fisik yang lumayan banyak menghasilkan keringat.
- Tidur yang cukup dan teratur.

Cara Mencegah Jerawat Di punggung
- Hindarilah makanan yg kaya akan protein lemak, seperti kacang-kacangan.
- Pergunakan sabun mandi yang tepat, yang tidak mengakibatkan iritasi kulit.
- Kenakan pakaian dari katun.
- Jangan terlalu lama menggunakan pakaian yang ketat atau pakaian2 yang tidak dapat menyerap keringat.
- Ganti pakaian/baju saat anda merasa berkeringat, jangan biarkan keringat mengering di badan
- Seringlah mandi apalagi kalau udara demikian panas dan anda berkeringat. Jangan lupa gosok bagian punggung anda, jika sulit, anda bisa menggunakan handuk kecil.
- Gantilah handuk setiap kali anda mempergunakan, jangan tunggu sampai 3 hari berturut-2 dengan handuk yg sama.
- Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-2an serta banyak minum air putih daripada kopi, alkhol dan cola atau sprite yg sejenisnya.
- Lakukan gerak badan agar semua keringat keluar dan membersihkan pori pori.

Cara Mengobati atau Menghilangkan Jerawat

Cara menghilangkan jerawat di bawah ini merupakan cara tradisional dan bisa anda gunakan untuk jerawat di wajah maupun di punggung. (coba salah satu dan lakukan secara rutin)

1. Memakai kencur yang diparut, peras, endapkan air perasan tadi. Sebelum memakai endapan tadi, cucilah wajah dengan air hangat, oleskan air (bukan endapannya) tadi ke wajah menjelang tidur. Endapan kencur tadi bisa digunakan untuk masker wajah yang dicampur dengan rumput teki, teri adas, lembutkan bahan-bahan tadi kemudian berilah air hangat. Pakailah untuk masker wajah.

2. Memakai masker pepaya. Pepaya yang sudah matang dihaluskan, dan pakailah untuk maskeran. Diamkan sampai kering. Kemudian bersihkan dengan air hangat, kemudian dibilas dengan air dingin atau air es. Lakukan 3x sehari.

3. Ambil 2-3 helai daun pepaya yang sudah tua dan jemur. Lumatkan daun pepaya tersebut dan diberi air kemudian diperas untuk diambil sarinya. Oleskan sari daun pepaya tersebut pada jerawat.

4. Putih telur ditambah tepung jagung dan minyak zaitun. Campuran ini sangat bagus digunakan sebagai masker. Diamkan selama 1 jam. Setelah kering, basuh wajah dengan air hangat.

5. Putih telur + mentimun. Pisahkan kuning telur dari putihnya. Selanjutnya, potong mentimun tadi menjadi bagian kecil. Selanjutnya, masukkan putih telur dan mentimun tadi ke dalam blender. Kemudian, oleskan ke punggung anda kita-kira 15-20 menit. Lakukan setiap hari

6. Jeruk nipis (Citrus aurantium) yang dioleskan pada wajah malam hari sebelum tidur dan baru dibersihkan pada pagi harinya, dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat. Hal yang sama juga dapat dilakukan dengan buah tomat (Solanum lycopersicum).

7. Ambil satu daun Lidah Buaya dan potonglah menjadi beberapa bagian. Kemudian iris kulit luarnya sebagian sampai tampak daging dan lendirnya yang putih. Nah oleskan saja dibagian yang muncul jerawat. Gunakan 3x sehari.

8. Ambil 5 buah belimbing wuluh, cuci bersih kemudian tumbuk sampai halus. Setelah itu remas-remas dengan air garam secukupnya. Gosokkan pada wajah atau bagian tubuh lain yang berjerawat. Lakukan tiga kali sehari.

7 Bahan Alami Untuk Menghilangkan Jerawat

1.      Kulit Jeruk & Lemon
Keduanya mampu mengangkat kotoran dan residu dari kulit. Tumbuk kulit jeruk hingga halus, lalu campurkan sedikit air hingga terbentuk seperti pasta. Terapkan pasta kulit jeruk tadi ke area wajah yang berjerawat, diamkan lebih kurang 10 menit lalu bilas.

2.      Mentimun
Kandungan antioksidannya mampu memberi efek menyejukkan dan menenangkan jerawat yang meradang. Parut halus mentimun, lalu tempelkan pada jerawat dan daerah yang berkomedo. Diamkan selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

3.      Madu
Teteskan madu murni ke cotton bud, lalu oleskan di bagian yang berjerawat, diamkan sekitar 10-15 menit, dan bilas. Lakukan cara ini setiap hari sampai jerawat mengering dan hilang.

4.      Pepaya
Blender pepaya hingga halus, kemudian terapkan ke komedo dan jerawat yang meradang, biarkan selama 20 menit dan bilas dengan air bersih. Hasilnya, peradangan akan berkurang, serta kompleksi wajah lebih halus dan bercahaya.

5.      Mentimun, bubur gandum, yogurt
Haluskan satu ketimun berukuran kecil dan satu cangkir havermut di dalam blender, kemudian diaduk. Campur adonan tersebut dengan yogurt. Oleskan masker ke wajah dan leher, tunggu selama 30 menit. Basahkan kain dengan air hangat dan usapkan ke wajah secara perlahan. Bilas sisa masker dengan air hangat.

6.      Kuning telur
Pisahkan putih telur dengan kuning telur. Tempatkan kuning telur di dalam piring, aduk dengan garpu atau kocokan. Oleskan kuning telur tersebut ke wajah secara merata, biarkan mengering selama 15 menit. Gunakan kain basah untuk menghilangkan kuning telur dan bilas wajah dengan air hangat.

7.      Buah kenari dan yogurt
Hancurkan kenari sampai menjadi bubuk halus, buat sebanyak 2 sendok teh, campurkan dengan yogurt polos. Pijat wajah dengan campuran kenari dan biarkan selama 20 menit. Untuk menghilangkannya, bilas wajah dengan air hangat.

Obat Herbal Untuk Mengatasi Jerawat

Bagi anda yang tidak mau repot melakukan hal di atas, bisa mencoba beberapa produk herbal berikut ini, yaitu:

1.   Kapsul Libass Jerawat: Obat herbal ini memiliki khasiat seperti mencegah dan mengobati jerawat, membersihkan darah kotor, memelihara kulit agar halus dan lembut. Atau anda bisa menggantinya dengan Habbatussauda, sebagai obat dalam.
2.    Sabun Minyak Bulus: Sabun ini terbuat dari komposisi bahan bahan alami seperti minyak bulus, minyak zaitun, susu sapi, madu, asam kawak dan lain-lain, bagus untuk mengatasi jerawat.
3.    Cream Zaitun: Cream ini mengandung minyak zaitun, minyak bulus dan vitamin E yang bagus untuk kecantikan kulit wajah dan tubuh.

Selamat mencoba.