Tips Terhindar Dari Bakteri E. Coli

Tips Terhindar Dari Bakteri E. Coli -  Kita tentu pernah mendengar bakteri E. coli. Saat ini bakteri yang berbentuk batang dengan panjang sekitar 2 micrometer dan diamater 0.5 micrometer ini sedang menjadi pembicaraan masyarakat dunia pasalnya sudah lebih dari 30 orang yang tewas akibat bakteri E.Coli.

Kejadian ini menimpa negara Jerman dan negara negara Eropa lainnya. Sementara 812 dari 3256 korban yang terinfeksi masih berjuang untuk segera pulih. Mayoritas koran yang terinfeksi bakteri E. Coli mengalami diare berdarah dan tidak sedikit yang mengalami gagal ginjal.

Menyikapi hal tersebut, pihak Indonesia melalui Menteri Kesehatan (Menkes) Endang Rahayu Sedya­ningsih mengemukakan bahwa masyarakat Indonesia tidak perlu khawatir dengan apa yang terjadi di negara negara Eropa.

“Satu-satunya membasmi pe­nye­baran bakteri tersebut adalah perilaku hidup bersih sehat. Men­cuci makanan dan  tangan bersih pakai sabun,” kata Endang

Namun begitu pihaknya terus memantau dengan ketat produk makanan import seperti buah buahan dan sayur mayor, dan juga semua wisatawan asing yang datang ke Indonesia, khususnya yang berasal dari Jerman.

Berdasarka penelitian, jenis E. Coli yang menyerang warga Jerman dan negara Eropa lainnya merupakan varian baru yaitu E. Coli strain O104:H4 dan memiliki kemungkinan menulari banyak orang.



Berikut Tips Terhindar Dari Bakteri E. Coli:

·       Perhatikan tampilan, bau, dan rasa makanan dan minuman sebelum masuk ke tubuh.
·       Cuci bahan makanan sampai bersih. Gosok seluruh permukaan dengan lembut.
·   Cuci tangan, perabot rumah tangga, dan peralatan dapur dengan sabun dan air hangat sebelum digunakan.
·       Pisahkan bahan makanan mentah dari makanan siap saji.
·       Masak makanan sampai matang dengan suhu minimal 71 derajat celcius.
·       Simpan bahan makanan dengan teknik penyimpanan yang baik di lemari es.
·       Hindari jus, produk susu, dan minuman apel yang tidak dipasteurisasi.
·       Hindari konsumsi minuman dari sumber air yang terpolusi.