Cara Mengatasi Rambut Rontok

Cara Mengatasi Rambut Rontok – Siapa saja bisa mengalami rambut rontok, baik wanita atau pria, baik yang muda terlebih yang tua. Namun rambut rontok atau rambut botak umumnya terjadi pada kaum pria, hal ini disebabkan oleh sindrom MPB atau “male pattern baldness”.

Sebenarnya kerontokan sendiri merupakan proses alamiah bagi rambut. Akan tetapi, jika berlangsung terus-menerus, kerontokan akan mengakibatkan kebotakan. Jika kerontokan rambut berkisar antara 80 hingga 100 helai per hari, ini masih dianggap wajar. Tetapi jika melebihi 100 helai rambut per hari, baru dikatakan tidak normal.

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab rambut rontok, beberapa diantaranya mungkin tidak bisa di control. Anda perlu tahu hal tersebut sebelum mengobati rambut rontok anda tersebut.

Berikut Penyebab Rambut Rontok:

1.      Faktor Turunan
American Academy of Family Physicians menyatakan bahwa penyebab kebotakan yang paling umum adalah karena faktor keturunan. Jika orang tua mengalami kebotakan maka kemungkinan salah satu anaknya ada yang mengalami kebotakan juga.

2.      Hormon Yang Tidak Seimbang
Penyebab rambut rontok karena hormon yang tidak seimbang seperti androgens dan estrogens atau tidak terlalu aktifnya kelenjar tiroid. Kondisi hormonal ini bisa diatasi dengan mengunjungi dokter dan melakukan perawatan.

3.      Kehamilan
Fenomena kerontokan rambut yang terjadi setelah kehamilan disebut dengan telogen effluvium. Wanita dengan telogen effluvium biasanya kan menyadari kerontokan pada enam minggu sampai tiga bulan setelah masa-masa stres. Pada puncaknya, rambut bisa rontok sebanyak satu tangan penuh. Proses pertumbuhan rambut akan lebih cepat berganti ke fase ‘istirahat’ sebelum akhirnya rontok, atau disebut dengan fase telogen

4.      Efek operasi
American Academy of Family Physicians mengatakan bahwa rambut rontok kadang-kadang terjadi tiga atau empat bulan setelah menjalani operasi besar. Namun, setelah beberapa waktu berlalu rambut bisa tumbuh kembali.

5.      Anemia
Kekurangan darah atau anemia dapat mengakibatkan kepanikan, lemah, sakit kepala, susah berkonsentrasi, penurunan suhu tangan dan kaki, kulit pucat, dan juga rambut rontok.

6.      Obat obatan
Beberapa pengobatan seperti pengencer darah, pengobatan untuk tulang, kemoterapi dan obat antidepresi bisa menyebabkan rambut rontok yang dapat memicu kebotakan.

7.      Infeksi Jamur
Infeksi jamur yang terjadi di kulit kepala bisa menyebabkan rambut rontok, sebaiknya segera diobati dengan obat anti jamur atau berkonsultasi dengan dokter kulit.

8.      Perlakukan Yang Salah Terhadap Rambut
Jika terlalu banyak membersihkan kepala, styling, rambut sering di kuncir dan pewarnaan dapat mengakibatkan kerusakan pada rambut. Suhu panas dan bahan kimia dapat melemahkan rambut yang berakibat kerontokan. Mengenakan jilbab segera setelah keramas tanpa mengeringkannya dulu juga bisa menjadi penyebab rambut rontok.

9.      Diet
Alasan kerontokan bisa terjadi: Program pelangsingan tubuh yang terlalu ketat akan membuat rambut kita mengalami kerontokan. Tidak hanya itu, diet yang tidak sehat juga akan mengakibatkan kelelahan, dehidrasi, dan kram.

10.  Stres
Tingkat stres yang tinggi akan membuat folikel rambut menjadi tidak aktif atau terserang oleh sel darah putih, dan hasilnya seminggu kemudian rambut kita akan mengalami kerontokan.

11.  Rokok
Bagi perokok, racun pada rokok juga dapat memicu kerontokan rambut yang bikin cepat botak.

12.  Mandi air panas
Kebanyakan ilmuwan kini berpendapat bahwa mandi air dingin jauh lebih sehat daripada air panas. Beberapa ahli berpendapat bahwa air panas dapat sangat merusak, termasuk merusak kesehatan rambut. Mandi air panas ibarat melakukan steam pada rambut, yang dapat membuka folikel rambut dan menyebabkan rambut rontok.

13.  Helm
Helm merupakan alat keselamatan penting saat mengemudi sepeda atau sepeda motor, tetapi memang benar bahwa helm juga dapat menyebabkan rambut rontok. Mengenakan helm untuk jangka waktu yang panjang membuat keringat menumpuk di kulit kepala dan melemahkan akar rambut. Itu sebabnya, kerontokan rambut terjadi di kalangan pria muda yang mengendarai motor jarak jauh secara teratur.

14.  Terlalu keras saat menyisir
Metode yang salah saat menyisir juga dapat menjadi penyebab tak bisa kerontokan rambut. Anda perlu menerapkan tekanan pada saat menyisir tetapi hanya ketika rambut sedang tidak kusut. Jika Anda memaksa menyisir rambut yang rontok, yang ada semakin banyak rambut rontok.

15.  Menyisir rambut basah
Rambut yang basah biasanya akan menjadi lebih lemah. Tapi kebanyakan orang sudah terbiasa menyisir rambut di kala. Beberapa orang percaya bahwa hal ini membantu mengatur rambut. Nah, ini merupakan penyebab besar kerontokan rambut pada semua kelompok umur. Ini adalah alasan yang jelas mengapa rambut rontok terjadi namun orang jarang menyadarinya.

16.  Terlalu kencang mengikat rambut
Mengikat rambut memang bisa jadi cara untuk melindungi rambut dari kerontokan, namun mengikatnya terlalu kencang justru bisa menimbulkan hal yang sebaliknya. Mengikat rambut terlalu kencang bisa menyebabkan rambut patah di ujung.



Berikut Cara Mengatasi Rambut Rontok atau Cara Mengobati Rambut Rontok

1. Konsumsi makanan yang mengandung nutrisi (Zat besi, Seng, Vitamin A, C, E, B, B7) untuk mengatasi rambut rontok.
- Telur dan daging ayam
- Lemak omega 3:ikan, seperti salmon, sarden, halibut, mackerel, kenari, biji rami dan kacang kedelai.
- Daging sapi, tiram dan kacang-kacangan
- Sayuran hijau: wortel, bayam, kangkung, brokoli, kol dan lobak Swiss
- Buah: mangga, papaya, tomat, kiwi dan alpukat
- Minyak zaitun

2. Minum air putih yang cukup

3. Konsumsi multivitamin

4. Kurangi atau hindari pemakaian shampoo dengan busa yang terlalu banyak. Karena shampoo yang memiliki busa banyak mengandung pH 7 sampai 8 yang dapat merusak asam alamiah kulit kepala yang pH-nya sekitar 5,5.

5. Sering-seringlah memijat kulit kepala. Memijat kulit kepala berfungsi untuk membantu memperlancar peredaran darah.

6. Conditioner bermanfaat untuk melawan sifat rambut yang alkalis. Sifat asam dalam conditioner akan menutup kutikula rambut seperti semula.

7. Keringkan rambut secara alami

8. Kurangi mengkonsumsi kopi, soda, alcohol dan juga rokok

9. Hindari stres, karena stres dapat memicu kerontokan rambut. Usahakan tidur cukup agar tubuh Anda mendapatkan cukup istirahat.


10. Gunakan ramuan atau cara tradisional seperti lidah buaya. Untuk penjelasannya bisa lihat di bawah ini.

Berikut Cara Tradisional Untuk Mengatasi Rambut Rontok

1.      Dengan Lidah Buaya
Ambil tanaman lidah buay yang berukuran besar dan memiliki daging yang banyak. kemudian lidah buaya tersebut di belah dua dan ambil daging nya. Lumuri seluruh bagian kepala anda dengan lidah buaya tersebut hingga merata. Diamkan hingga 10 – 15 menit. Setelah itu anda cuci hingga bersih. Lakukan1 minggu 2x secara rutin.

2.      Buah Asam Jawa dan Air
Campurkan Asam Jawa dan Air. Aduk hingga rata. Gunakan ramuan tersebut untuk mengurut kepala anda. Setelah beberapa menit proses pengurutan, cuci kepala anda dengan air bersih.

3.      Madu dengan Aloe Vera
1 buah Aloe vera dan 3 sdm madu dihaluskan menjadi krim , stelah itu aplikasikan pada rambuat dan kulit kepala anda. pemakaian seminggu dua kali.

4.      Madu dengan Kuning Telur
Campurkan keduannya dengan perbandingan 50:50, mix sampai tercampur rat, setelah itu aplikasikan pada rambut.dan bilas.Untuk pemakaian rutin 1 minggu satu kali.

5.      Madu dan Susu
Susu yang anda gunakan benar-benar susu murni yang masih asli dari sapinya ( tanpa olahan ) dengan takaran 70:30 untuk susu dan madu anda rendam rambut dalam cariran tersebut dan bilas kembali. penggunaan dilakukan satu bulan sekali.

6.      Jus Bawang Putih & Jahe
Anda pun dapat mengusapkan jus bawang putih atau jahe ke kulit kepala. Diamkan semalaman dan cucilah rambut pada pagi harinya. Bawang putih dan jahe dapat mengatasi rambut rontok.

7.      Teh Hijau
Balurkan kulit kepala dan rambut dengan teh hijau hangat (dua kantung teh hijau yang diseduh di air hangat). Biarkan selama satu jam, kemudian bilas sampai bersih. Teh hijau mengandung antioksidan untuk mencegah kerontokan dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

8.      Minyak Biji Anggur
Gosokkan minyak biji anggur hangat ke kulit kepala sebelum tidur selama dua atau tiga kali dalam sepekan.

9.      Kentang
Ketika merebus kentang, jangan buang sisa air rebusannya. Biarkan dingin dan bilas rambut Anda setelah selesai keramas.

10.  Masker Rambut dari Telur
Campur sebutir telur dengan 50 gram minyak zaitun kemudian dari akar hingga ujung rambut Anda. Bungkus rambut dengan handuk dan diamkan selama satu jam. Lalu, cuci dengan sampo dan gunakan kondisioner. Ulangi prosedur ini, setidaknya sepekan sekali.



Obat Herbal Untuk Rambut Rontok

Bagi anda yang ingin mencoba produk herbal untuk mengatasi rambut rontok, bisa mencoba “MINYAK PENUMBUH RAMBUT ALAMI”, minyak ini mempunyai khasiat antara lan:

- Dapat menumbuhkan dan menyuburkan rambut
- Menghitamkan rambut secara alami
- Mencegah rambut dari kerontokan
- Menghilangkan ketombe

- Membasmi kutu-kutu yang ada dikepala sehingga rambut menjadi sehat.


Cara pemakainnya cukup mudah:

1. Rambut cuci hingga bersih, bisa pakai shampoo biasa (ingat penjelasan di atas) atau bisa menggunakan Shampoo Humaira, shampoo herbal
2. Lalu keringkan dengan alami
3. Pakai “Minyak Penumbuh Rambut Alami” dan pijat pelan pada kulit kepala.
4. Gunakan 1x/sehari dan pada malam hari. Perlu di perhatikan karena terbuat dari herbal, aroma “Minyak Penumbuh Rambut Alami”  sedikit tidak enak, oleh karena itu di pakainya malam hari dan pada pagi hari bisa di bilas dengan Shampoo Humaira atau shampoo favorit anda lainnya.