Cara Menurunkan Berat Badan

Cara Menurunkan Berat Badan – Setiap orang pasti ingin memiliki berat badan ideal, namun gaya hidup sekarang yang sibuk dan kebanyakan instan membuat banyak orang sulit untuk mendapatkan berat badan yang ideal, yang terjadi malah kegemukan alias obesitas.Sehingga tidak heran banyak orang yang mencari cara menurunkan berat badan di berbagai media termasuk di internet.

Kegemukan apalagi obesitas bagi sebagian kita merupakan mimpi buruk terutama bagi kita yang peduli masalah penampilan dan kesehatan.  Kegemukan selain berkaitan dengan penampilan juga sedikit banyak pasti ikut mempengaruhi rasa percaya diri . Namun sebenarnya ada tips atau cara menurunkan berat badan yang dapat anda coba.

Namun sebelum itu, anda perlu tahu berat ideal anda. Dari situ anda bisa tahu keadaan anda sekarang, dalam batas normal atau kegemukan. Berikut cara menghitung berat ideal.

1.      Perhitungan Berat Ideal Konvensional
Perhitungan berat ideal dengan sistem ini cukup simple, yaitu anda hanya menggunakan rumus berikut ini

Berat Badan Ideal = (Tinggi badan – 100) x 90%

Dari nilai diatas, Anda dapat membandingkan hasilnya dengan acuan dibawah ini:

  • Kelebihan Berat Badan / Overweight = Hasilnya 10% s/d 20% lebih besar
  • Kegemukan / Obesitas / Obesity = Hasilnya lebih dari 20% dari yang seharusnya
  • Kurus = Hasilnya 10% kurang dari yang seharusnya

2.      Menggunakan Rumus BMI
BMI atau Body Mass Index adalah suatu rumus kesehatan, di mana berat badan (BB) seseorang (kg) dibagi dengan tinggi badan (TB) pangkat dua (m2).

BMI = (BB) / (TB) * (TB)

Misalnya: BB = 45 kg dan TB = 165 cm, maka BMI = (45) / (1.65) * (1.65) = 16.5

Apakah Anda termasuk kurus, normal, atau overwight? Lihat patokan di bawah ini:

  • BMI < 18.5 = berat badan kurang (underweight)
  • BMI 18.5 - 24 = normal
  • BMI 25 - 29 = kelebihan berat badan (overweight)
  • BMI >30 = obesitas
Ini tabel BMI-nya
 

Ok balik ke topik utama yaitu Cara Menurunkan Berat Badan, perlu 3 hal yang perlu anda ketahui tentang menurunkan berat badan alias mendapatkan berat badan yang ideal yaitu motivasi, pola makan dan olahraga.

Banyak alat atau obat yang menjanjikan bisa menurunkan berat badan dengan cepat, namun percayalah semua cara tersebut tidak akan berhasil jika anda tidak memperhatikan duatiga hal di atas.

Berikut tips menurunkan berat badan

1.      Hindari lemak dan kurangin karhobidrat
Asupan karbohidrat tetap diperlukan meskipun sedang program menurunkan berat badan, jadi jangan Anda hilangkan asupan karbohidrat ini. Makanlah dengan jumlah karbodihrat yang dikurangin, terutama pada pagi hari dan malam hari.

2.      Tetap perhatikan asupan protein dan lemak
Tetap memperhatikan kebutuhan protein tubuh. Tubuh kita setiap harinya memerlukan 30 kg protein yang bisa dihasilkan dengan mengkonsumsi daging, susu atau sumber makanan dari polong-polongan, padi-padian dan kacang-kacangan. Begitu halnya dengan lemak, Jangan   menghindari semua jenis lemak karena bagaimanapun juga tubuh tetap membutuhkan lemak sekitar 50 gram setiap harinya tetapi konsumsilah lemak pilihan yang bisa didapatkan dari gandum,  kacang-kacangan dan minyak zaitun atau makanan yang mengndung lemak tak jenuh

3.      Kurangin gula dalam minuman anda.
Kurangi minuman bersoda atau softdrink dang anti dengan air putih. Jika anda mempunyai kebiasaan minum teh, maka kurangi atau ganti gulanya dengan pemanis yang low fat. Anda juga bisa menggantinya dengan the hijau yang bisa membakar sekitar 70 kalori lebih dalam sehari.

4.      Minum air putih
Perbanyak minum air putih sedikitnya 8 gelas setiap hari

5.      Makanlah minimal 3x sehari untuk diet menurunkan berat badan yang efektif.
Tetaplah untuk makan 3x sehari. Jangan mengurangi frekuensi makan anda menjadi 2x sehari karena justru akan memperlambat metabolisme, bisa bisa justru Anda terkena maag. Tetaplah makan minimal 3x sehari, dengan tentu saja porsi yang sedikit. Melewatkan makan utama merupakan kesalahan dalam diet.

6.      Makanlah hanya di saat lapar
Makanlah hanya disaat lapar dan hindari makan sampai kekenyangan.

7.      Makan secara perlahan
Hal ini menyebabkan perut akan lebih cepal terasa kenyang yang pada akhirnya turut membantu menekan selera dan porsi makan. Bagi Anda yang belum terbiasa, coba trik ini: letakkan sendok atau garpu saat Anda sedang mengunyah, minum air mineral setiap selesai mengunyah, dan kunyah makanan beberapa kali sebelum menelannya.

8.      Gunakan piring yang lebih kecil
Gunakan piring yang berukuran lebih kecil. Anda akan merasa kenyang dengan makan lebih sedikit.

9.      Lakukan aktivitas kecil setelah makan
Sudah menjadi kebiasaan kalau sehabis makan tidur tiduran atau ngobrol sampai waktu istirahat selesai. Lakukanlah aktivitas kecil setelah makan, seperti jalan.

10.  Ganti cemilan dengan buah buahan
Gantilah cemilan-cemilan yang banyak mengandung lemak dan glukosa dengan mengkonsumsi buah-buahan, jika bosan bisa di buat dalam bentuk jus.

11.  Makanlah paling akhir 3 jam sebelum tidur.
Makan mendekati jam tidur Anda akan menyebabkan makanan yang anda makan tidak sempat diubah menjadi energi untuk aktifitas Anda, akibatnya penumpukan lemak Anda akan bertambah. Jika Lapar, lebih baik Anda mengkonsumsi susu non fat ataupun makanan nutrisi yang rendah kalori.

12.  Kurangin makanan gorengan, gantilah dengan makanan rebus.
Jangan melupakan bahwa ikan bakar dan ayam bakar kadang kadang diolesin minyak, jadi tetap hindarin juga makanan ini.

13.  Istirahatlah secukupnya.
Waktu istirahat yang baik adalah 6 – 8 jam sehari. Jangan lebih dari 8 jam per hari, pernah ada penelitian yang menyebutkan bahwa tidur berlebih meningkatkan resiko kematian.

Olahraga

1.      Latihan kardio di pagi hari
Berlatih kardio seperti lari, renang, threadmill, aerobic pada pagi hari akan lebih efektif, karena perut anda sudah kosong dan tentunya pembakaran yang utama akan mengambil dari lemak anda.

2.      Selalu memilih jalan kaki daripada escalator
Pilihlah berjalan kaki jika jaraknya tidak terlalu jauh. jika di kantor selalu pilihlah untuk menggunakan tangga jika Anda hanya ingin turun 1 atau 2 lantai saja. Olahraga kecil ini akan bermanfaat untuk menurunkan berat badan anda jika anda lakukan tiap hari.

Jenis sarapan untuk bantu menurunkan berat badan

1.      Buah-buahan
Buah adalah makanan bermanfaat untuk dimakan setiap saat sepanjang hari, tetapi akan sangat efektif bila disantap di pagi hari. Memulai hari dengan buah-buahan dapat membuat Anda makan makanan yang sehat di jam-jam setelahnya, yang pada akhirnya membantu menurunkan berat badan, menurut MayoClinic.

Buah adalah karbohidrat sederhana yang dapat dipecah menjadi energi, yang menjadi bahan bakar pada latihan pagi Anda. Selain itu, buah-buahan mengandung banyak air, yang dapat bertindak sebagai penekan nafsu makan dan menjaga untuk tidak ngemil makanan tambahan sepanjang hari.

2.      Gandum utuh dan serat
Menurut American Heart Association, makanan yang tinggi serat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, juga memiliki jumlah kalori yang rendah. Ini membantu Anda mengendalikan berat badan di pagi hari dan membatasi ngemil sepanjang hari.

Roti gandum dan sereal, serta oatmeal adalah makanan tinggi serat untuk sarapan di pagi hari yang merupakan makanan tepat untuk penurunan berat badan.

3.      Yogurt
Yogurt yang dicampuran dengan baik oleh buah dan granola, membuat yogurt rendah lemak dan baik untuk makanan pagi Anda.

Yogurt juga tinggi kalsium, yang membantu untuk melawan lemak dan menurunkan berat badan, menurut University of Knoxville. Yogurt mudah dikonsumsi dan dapat dimakan dengan menghemat waktu di pagi hari.

4.      Air
Segelas air dingin di pagi hari dapat membantu menekan nafsu makan dan membuat Anda merasa kenyang, yang dapat membantu membatasi makanan dan menurunkan berat badan.

Minum setidaknya delapan gelas air setiap hari. Mulailah hari dengan minum air putih, juga minum segelas air putih sekitar satu jam sebelum Anda makan untuk mendapatkan efek yang sama.

Motivasi

1.      Taruh kata kata atau kalimat sebagai pengingat anda untuk menurunkan badan di tempat yang mudah terlihat dan tempat biasa anda mengambil makanan.

2.      Tidak ada yang tidak senang jika suami atau istri kita tampil proposional. Gunakan foto orang yang anda sayangi sebagai motivasi anda.

3.      Gunakan foto anda yang sudah di edit. Rubah foto anda dengan tampilan yang sempurna badan yang ideal lalu pajang foto anda tersebut lalu jadikan foto tersebut sebagai motivasi anda.

Obat Herbal Untuk Menurunkan Berat Badan

Jika anda merasa kesulitan untuk melakukan cara cara di atas, anda bisa menambahkannya dengan mengkonsumsi obat herbal sebagai cara melangsingkan tubuh, yaitu Ratu Langsing.


Khasiat Ratu Langsing antara lain:

·       Melancarkan buang air besar
·       Mengecilkan perut buncit
·       Mengurangi gelambir perut pada wanita sehabis melahirkan
·       Mengurangi lemak pada paha & pinggul
·       100% herbal alami, aman bagi jantung
·       Efek positif: menurunkan kolesterol dan asam urat.

Cara kerja Ratu Langsing adalah membuang lemak melalui buang air besar dan air kencing. Untuk lengkapnya bisa lihat produknya di Obat Herbal Untuk Menurunkan Berat badan.