Semua Hal Tentang Google+

Semua Hal Tentang Google+ - Menyusul antusiasme tinggi para pengguna internet terhadap Google+, banyak pengamat memprediksi situs jejaring sosial milik perusahaan asal Mountain View itu bakal menyentuh angka 20 juta akhir pekan nanti.

Hal tersebut di sampaikan oleh pendiri Ancestry.com Paul Allen. Namun dia menambahkan kalau keadaan tersebut akan terjadi jika Google+ tetap menyediakan Tombol Undang.

Allen mencari nama terakhir di Google+ dan membandingkannya dengan data Biro Sensus AS terkait popularitas nama keluarga untuk menghitung pengguna Google+.

Popularitas yang melesat pesat membuat Google+ sukses merengkuh begitu banyak pengguna meski baru diluncurkan awal Juli lalu. Tidak heran, jejaring sosial ini diklaim sebagai ancaman serius bagi Facebook.



Berhubung google plus masih membatasi penggunanya disebabkan masih dalam Tahap Percobaan, terkadang terdapat error untuk mendaftar di sana. Namun sebelum itu anda bisa bisa menyiapkannya dengan hal hal yang berkaitan dengan Google+ berikut ini.

§       Google+ saat ini tersedia atas dasar undangan saja (tidak semua orang bisa mencobanya dalam rangka uji coba proyek ini).
§       Google+ saat ini tersedia untuk di-download sebagai sebuah aplikasi di Android Market.
§    Pengguna dapat mengirim update status, dan ini muncul di Profil Google di bawah tab yang disebut "Posts". +1 dan tab Buzz tetap terpisah.
§       Google+ Circle adalah salah satu fitur saat ini. Ini memungkinkan Anda berbagi hal-hal dengan orang yang berbeda (sejenis Facebook Groups) tetapi dengan antarmuka pengguna yang sangat berbeda.


§       Google+ Sparks. Sparks ‘mencerna’ minat Anda dan menawarkan cerita, video dan foto yang mungkin Anda sukai.


§    Google+ Hangouts adalah fitur lainnya. Video chat ini bisa dilakukan dengan satu atau banyak orang sekaligus. Google+ Huddle Huddle memungkinkan pengguna memulai chat grup melalui pesan teks yang cepat dan mudah.
§    Google+ Stream. Google+ memiliki Stream yang pada dasarnya setara dengan Facebook news feed yang mana anda bisa langsung kirim postingan blog atau website anda ke Google+. Google+ Stream juga membuat Anda dengan mudah memperbarui status, foto, video, atau tautan atau untuk berinteraksi dengan konten dari beragam Circles atau Sparks.
§    Google+ Bar. Bar ini muncul di bagian atas dari berbagai produk Google sebagai koneksi Anda ke jaringan sosial. Anda juga bisa masuk ke dua account Google yang berbeda dan beralih di antara mereka menggunakan Google+ bar.
§      Instant uploads adalah fitur spesifik mobile. Upload foto diri mereka seperti Anda mengambil mereka, dan disimpan di sebuah area pribadi di atas awan.
§       Huddle adalah fitur group percakapan lainnya untuk ponsel. Pada dasarnya, itu adalah group chat.

Cara Daftar Google+
1.      Anda harus punya email dari google yakni Gmail.
2.      Masuk ke Google Plus Menggunakan Gmail tadi, silahkan menuju Google+ disini http://plus.google.com.


3.      Klik “Keep Me Posted” lalu silahkan masukkan nama lengkap anda dan lainnya.

Catatan: Anda harus di “Invite” oleh seseorang yang sudah mendapat akun di sana. Namun berhubung Google+ sedang kelebihan kapasitas pengguna, setelah anda mengklik “Keep Me Posted” biasanya akan error. Kemungkinan bulan depan masalah tersebut sudah selesai.  

Cara Memindahkan Teman Facebook ke Google+

Bagi anda yang sudah mempunyai akaun di Google+, anda bisa memindahkan teman di Facebook anda ke Google+. Aplikasi ini bernama Facebook Friend Exporter, yang dikembangkan oleh Mohammed Mansour, software engineer yang bekerja di Research In Motion (RIM) agar pengguna Google+ lainnya bisa dengan mudah memindahkan teman Facebook mereka ke Google+ Circle.


Sebenarnya aplikasi ini tidak dirancang untuk Google+. Versi pertama aplikasi ini telah dirilis sejak November tahun silam. Namun kemudian, banyak yang mencarinya setelah Google memperkenalkan Google+. Hit-nya membludak beberapa hari ini seiring sejumlah pengguna Google+ beta mencari cara untuk memindahkan 'dunia Facebook' mereka ke Google+.

Mansour mengingatkan, proses mengekstraksi semua data teman ini akan memakan banyak waktu, bergantung pada kecepatan internet atau seberapa banyak teman di yang Anda punya di Facebook.

Caranya, pasang aplikasi melalui browser Chrome dan pastikan bahasa facebook kamuanda adalah bahasa Inggris. Pilih teman facebook yang ingin kamu pindahkan ke Google+ dengan mengunjungi halaman profil mereka, kemudian klik"Export friend!", kamu akan dibawa ke tab baru lalu centang "I have read the Terms of Service" dan klik "Let's get started!", pemindahan teman dari facebook ke Google+ selesai.

Perlu diingat juga, aplikasi ini tidak langsung memindahkan teman Facebook ke Google, melainkan hanya membuatnya tersedia di dalam daftar kontak akun Google. Dengan demikian, penggguna bisa memindahkannya ke Circles yang ada di Google+.


Sebagai catatan tambahan, extension Chrome ini kemungkinan dianggap ilegal dan melanggar aturan Facebook. Dan Mansour sepertinya terbuka soal ini, terlihat dari deskripsinya di halaman unduh aplikasinya tersebut.