Tips Membeli Tablet PC

Tips Membeli Tablet PC - Tablet PC kini tengah menjadi “trend” di seluruh dunia. Selain kepraktisnnya dibanding dengan netbook, beberapa netbook juga memiliki multifungsi sebagai telepon. Ratusan vendor berlomba-lomba membuat Tablet PC versinya. Tak ayal bagi kita sebagai konsumen di buat bingung dengan kualitas dan harga. Nah, bagi anda yang berminat membeli Tablet PC, sepertinya anda harus lebih teliti sebelum membeli.

Antara Tablet PC, Smartphone dan Laptop

Apa tablet bisa melakukan apa yang tak bisa dilakukan laptop atau smartphone? Banyak hal bisa dilakukan laptop daripada smartphone, seperti mengolah kata, software dan pengembangan web, banyak multitasking dan semua yang butuh banyak daya proses, keyboard fisik, atau layar besar.

Begitu pula smartphone, perangkat ini menawarkan fungsionalitas yang tak bisa ditawarkan laptop. Yakni, global positioning system (GPS), hiburan saat di kendaraan, dan kemampuan menerima email di suatu tempat yang tak memiliki Wi-Fi. Sedangkan tablet merupakan cerita lain.

Tablet tak memiliki banyak fungsi dasar yang bisa ditawarkan smartphone atau laptop. Tablet bisa memberi peta GPS saat bepergian, fitur web browser lengkap, dan jika Anda terbiasa dengan layar sentuh, tablet juga bisa menangani olah kata atau edit foto.

Sayangnya, perangkat seharga US$500-1.000 (Rp4,5-9 juta) yang hanya memiliki daya tahan baterai kuat dan kemampuan berselancar web di layar besar, mungkin tak cukup menjadi alasan Anda membelinya. Selain kemampuan itu, tak ada hal baru pada tablet

Berikut kelebihan dan kekurangan tablet PC

Kelebihan Tablet PC
§       Layar Lebar, Tidak sebesar layer televisi sih… tapi cukup lebar untuk menampilkan halaman web penuh dengan tampilan landscape maupun portrait. Setidaknya masih cukup besar ketimbang layar HP.
§    WiFi, kita tidak lagi membutuhkan kabel LAN untuk menghubungkannya dengan internet. Atau, setidaknya kita tidak lagi membutuhkannya untuk berbagi dengan perangkat lain.
§     3G HSDPA, beberapa Tablet sudah dilengkapi dengan teknologi seluler, baik untuk mengakses data maupun melakukan kegiata klasik ber-HP: telefon dan sms.
§       Ukuran bisa dibilang sangat portable bila dibandingkan dengan perangkat komputer lipat alias laptop, Tablet dipercaya lebih ringkas. Tenang saja, dari ukurannya saja sudah kelihatan, namun dengan demikian tetap dilengkapi fitur khas sebuah Komputer dan HP sekaligus.
§    Kamera. Beberapa Tablet terutama yang berukuran 7 inchi (layarnya) memiliki kamera dengan kemampuan lebih dari cukup. Baik untuk fotografi mobile, maupun sebagai sarana chat video.
§   Sebuah e-book reader yang mumpuni. Layar lebar, ukuran Portable dan bisa dibawa kemana-mana mampu menyulap perangkat ini menjadi buku digital. Setidaknya ukurannya sama dengan ukuran buku konvensional. Plus dukungan Software yang ciamik untuk keperluan ini, kadang membaca buku elektronik di sebuah tablet akan terlihat keren, hilanglah kesan ‘Kutu Buku’.
§     Perangkat Gaming 3D portable dengan nilai plus. OS yang dibawa masing-masing tablet rupanya sudah memungkinkan untuk permainan bergrafis 3D. tanpa tombol kontroler fisik, layar sentuh tetap dapat memunculkan kontroler visual yang menyediakan kenyamanan setara. Layar lebih besar dari layar Sony PSP dan NDS XL sekalipun. Plus kontrol yang interaktif dengan moda sentuhan.

Kekurangan Tablet PC

§    Teks Input hanya berupa virtual keyboard dilayar sentuh. Kalau menambah keyboard wireless sebagai salah satu aksesoris tambahan, apa bedanya dengan membawa laptop? Lebih dari itu, sepertinya akan lucu jika ternyata keyboard wirelessnya berukuran lebih besar dari layar Tablet.
§       Kartu Gafis terbatas. Kita memang bisa memainkan Game di sebuah mobile Tablet juga mengutak-atik hasil foto, tapi semua hal itu sangat dibatasi. Dukungan kartu grafis yang tidak se-peworful milik PC atau laptop menjadi alasan utama.
§      Ukuran. Selain menjadi kelebihan, ukuran Tablet juga bisa menjadi titik lemah. Meskipun sudah dilengkapi dengan teknologi jaringan selular dan fitur-fitur HP, Tablet tidak bisa serta merta menjadi pengganti HP. Terbayangkah membawa perangkat berlayar 9 inchi atau 7 inchi kedalam saku celana dan kemeja?
§    Suplai Daya. Menjadi keharusan bagi sebuah Tablet untuk menyediakan perangkat penyuplai daya yang munpuni. Karena menjadi portable, maka baterai adalah salah satu tumpuan terakhir. Tablet akan cenderung hidup selalu baik dibutuhkan atau tidak. Tidak seperti Laptop yang akan kita matikan ketika tidak sedang digunakan. Waktu standby akam menyedot daya yang tidak sedikit.
§   Dukungan Software dan Kompatibilitas. Tidak ada standar yang jelas mengenai kompatibilitas dan dukungan Software para Tablet. Hal ini karena penggunaan OS yang tidak seragam dan juga kemungkinan sebuah vendor untuk memasukkan unsur-unsur ‘tardisi’-nya ke dalam Tablet.
§       Ruang Penyimpanan Terbatas. Kalaupun ada slot tambahan hanya untuk kartu memory MicroSD yang besarnya maksimum di angka 32GB saja. Lalu bagaimana dengan Tablet yang tidak memiliki slot?



Bagaimana, jika anda sudah tahu kelebihan dan kekurangan Tablet PC, dan tetap ingin membeli tablet PC, berikut hal yang harus di perhatikan dalam membeli tablet PC:

1.      Pilih ukuran layar yang tepat
Perangkat terkecil dari kategori tablet adalah Dell Streak dengan 5 inci. Selain itu, Anda bisa memilih layar 7 inci; 8,9 inci; 9,7 inci; sampai 10,1 inci. Kompromi antara portabilitas dan ukuran layar merupakan pilihan individu.

  • Tablet 5 inci: Dell Streak.
  • Tablet 7 inci: Samsung Galaxy Tab, HTC Flyer, Dell Streak 7 Asus Eee Pad Memo, dan BlackBerry Playbook.
  • Tablet 8,9 inci: Samsung Galaxy Tab 8,9 dan LG Optimus Pad.
  • Tablet 9,7 inci: iPad, iPad2, dan HP Touch Pad.
  • Tablet 10,1 inci: Samsung Galaxy 10,1, Asus Eee Pad Transformer, Acer Iconia Tab A500. Asus Eee Pad Slider, Motorola Xoom, dan Toshiba AS 100

2.      Tahu kelebihan dan kekurangan platform
Mencocokkan sistem operasi yang tepat bagi pengguna ibarat mencari jodoh. Setiap orang memiliki ide berbeda tentang apa yang elegan dan indah. Untuk mengetahui lebih lanjut, anda perlu memperlajari setiap platform. Namun ingatlah, tidak seperti laptop Windows yang memungkinkan Anda mengganti versi-versinya, dalam tablet OS, Anda hanya memiliki satu pilihan perangkat.

3.      Pilih desain dan fitur yang tepat
Sejak Android menjadi open-source, produsen memiliki beberapa peluang untuk menciptakan desain dan fitur yang berbeda untuk membedakan tablet mereka. Beberapa fitur di antaranya memiliki slot microSD, port USB full-sized, dan output cro-HDMI. Sejauh ini, hanya Asus yang bekerja ekstra memasukkan layar kacamata 3D gratis di Eee Pad Memo dan menawarkan kibor dengan Eee Pad Transformer dan Eee Pad Slider.
4.      Ketahanan Baterai
Memperhatikan kualitas dan kuantitas baterai sangatlah penting karena tablet merupakan handset yang menggunakan banyak daya, pada umumnya ketahanan baterai tablet berkisar dari sekitar dua jam sampai 10 jam, akan tetapi ingatlah bahwa ketahanan baterai didasarkan pada faktor atau pemakaian yang berbeda-beda.

5.      Tampilan layar
Sebaiknya Anda memilih tablet yang memiliki tampilan book reading yang memenuhi karakter untuk kenyamanan Anda membaca. Mulai dari fitur, font dan size tulisan yang pas di mata Anda. Meski masyarakat kita bukan masyarakat pembaca, tapi sebaiknya Anda meyakinkan diri bahwa salah satu fungsi tablet adalah untuk mencerdaskan bangsa, maka memperhatikan book reading dalam tablet sangat penting.

6.      Konektivitas
Ada beberapa pilihan konektivitas untuk tingkat perangkat: Wi-Fi, 3G WAN, dan 3G WAN ditambah ponsel. Semuanya menjadi perangkat yang tersambung, dan jelas 3G merupakan konektivitas yang terbaik. Tapi ingat, perangkat yang memiliki kemampuan 3G akan menuntut anggaran rencana biaya yang lebih tiap bulannya. Meski begitu biaya ini masih sepadan dengan biaya pemakaian internet pada umumnya, tapi kita berharap saja biayanya bisa menurun tajam ketika 4G sudah tersebar luas nantinya. Untuk sementara itu pemakaian Wi-Fi akan jauh lebih baik dan efisien.

7.      Harga
iPad yang dibanderol mulai dai US$ 499 (Wi-Fi saja, ruang penyimpanan 16 GB) sampai US$ 829 (3G, ruang penyimpanan 64 GB), jauh lebih mahal dari netbook yang paling murah. Samsung Galaxy Tab diumumkan dengan banderol harga US$ 600 (3G, ruang penyimpanan 64 GB). Sementara itu, tablet CTL dengan Windows 7 Home Premium dibanderol dengan harga US$ 549. Untuk Windows 7 Professional, kamu akan dikenakan biaya tambahan US$ 55. Untuk jelasya bisa baca di Daftar Tablet PC Yang Laris Di Indonesia.