Windows XP Tamat, Saatnya Ganti OS Lain

Windows XP Tamat, Saatnya Ganti OS Lain – Bagi para pengguna Windows XP mungkin sekarang saatnya anda mulai berpikir untuk mengganti Operating System (OS) lain untuk PC anda pasalnya meski sempat mengklaim akan memperpanjang ‘nyawa’ Windows XP hingga 2020, Microsoft kini semakin gencar mengimbau para penggunanya untuk beralih ke Windows 7. Pasalnya, versi OS ini akan benar-benar ‘tutup usia’ pada April 2014 mendatang.

"Dengan sisa 1.000 hari ke depan, bukankah Anda harus mulai memikirkan untuk mempensiunkan Windows XP?" tukas Stepehen Rose, Community Manager untuk Windows Microsoft dalam blog Windows.


Stephen Rose mengatakan banyak penyedia software pihak ketiga yang enggan memperpanjang dukungan untuk aplikasi mereka di Windows XP. Artinya, risiko dan kompleksitas yang dihadapi pengguna XP semakin besar. Perusahaan yang masih menggunakan OS ini juga harus merogoh kocek lebih dalam untuk biaya manajemen.

Selain menghilangkan semua update keamanan untuk XP, Microsoft juga berupaya mengarahkan penggunanya meninggalkan XP melalui browser anyar Internet Explorer 9 yang tidak mendukung OS tersebut. IE9 bisa berjalan di versi Vista maupun Windows 7.

Rencana Microsoft ini tentu tidak mudah soalnya menurut Net Applications, Windows XP masih menjadi OS yang paling digunakan saat ini. Tak tanggung-tanggung, proporsinya bisa sampai 51%. Sementara di kalangan enterprise, pangsa pasar XP diprediksi bisa sampai 60%.

Windows 7 sendiri saat ini yang sudah diadopsi oleh beberapa perusahaan besar termasuk Boeing, Dell, Samsung dan BMW dilaporkan telah terjual 400 juta lisensi ke seluruh dunia. Jumlah tersebut dicapai sejak rilis Windows 7 di Oktober 2009. Sedangkan penerusnya Windows 8 rencananya akan mulai di rilis tahun depan.

OS apa yang akan gunakan sebagai pengganti Windows XP ?