Fergie Puas Penampilan “Setan Muda”

Fergie Puas Penampilan “Setan Muda” - Manchester United berhasil meraup poin maksimal di laga kandang pertamanya musim ini. Menjamu Tottenham Hotspur, MU menang telak 3-0.

Lebih hebatnya lagi MU menurunkan sebagian besar pemain mudanya sebagai starter. Fergie menurunkan tujuh pemain yang memiliki usia 23 tahun ke bawah sebagai starter saat menjamu Spurs.

Dimulai dari belakang ada David De Gea (20 tahun), Phil Jones (19), Chris Smalling (21), Jonny Evans (23). Di lini tengah ada Tom Cleverley (22) dan Anderson (23), sedangkan di lini depan ada Danny Welbeck (20).

Kedua tim tampil dengan permainan cepat semenjak menit-menit awal. "Setan Merah" lebih dulu melepaskan ancaman lewat tembakan keras Tom Cleverley yang dilepaskan dari luar kotak penalti. Sayang tembakan Cleverley masih bisa diantisipasi oleh Brad Friedel.

"Spurs" membalasnya pada menit ke-20. Gareth Bale berhasil melakukan tusukan ke dalam kotak penalti dan melepaskan tembakan keras. Namun tembakan Bale dengan mudahnya diantisipasi oleh David de Gea.

Tak ingin memberi kesempatan lawannya memgembangkan permainan, MU kembali menekan. Pada menit ke-27, Ashley Young nyaris menjebol gawang "Spurs" dengan memanfaatkan umpan Rooney. Sial bagi MU, tandukan Young masih melebar.

Tidak peduli dengan kegagalan itu, Wayne Rooney dan kawan-kawan masih terlihat konsisten dalam melepaskan ancaman. Beberapa kali, Friedel harus jatuh bangun mengamankan gawangnya.

Sementara "Spurs" sesekali melepaskan ancaman yang cukup mematikan. Pada menit ke-42, misalnya, kerjasama yang baik antara Bale dan Van der Vaart nyaris membuahkan hasil. Namun, tembakan Van der Vaart masih bisa diamankan oleh De Gea.


Tiga menit memasuki babak kedua, MU langsung mengancam. Usai mencari celah di pertahanan Spurs, bola kemudian dikuasai Young yang bisa melepaskan tendangan ke arah gawang, hanya untuk melihatnya diselamatkan Friedel.

Spurs membalas semenit kemudian. Dimulai dari tendangan bebas, Defoe lantas mendapat ruang untuk melakukan tendangan jarak jauh kendati De Gea sigap menangkap. Serangan balik Spurs sejenak kemudian juga masih belum tepat sasaran.

Friedel unjuk gigi dua kali di menit ke-53. Pertama dari tendangan keras Anderson yang dihalaunya, kemudian dari sepakan rebound Rooney yang kali ini ditangkapnya.

Lima menit kemudian, Wellbeck yang sedang membelakangi gawang menanduk bola ke kanan pertahanan Spurs. Tanpa mengontrol, Young menyepak bola keras-keras meski arahnya belum jitu.

MU unggul pada menit 61. Dari umpan silang Cleverley ke muka gawang, Welbeck sukses menyambut dengan tandukan.

MU menggandakan keunggulan pada menit 76. Dari serangan balik yang lahir dari kerjasama tim, bola dioper ke depan dengan Welbeck masuk ke kotak penalti dan dijatuhkan lawan. Tapi bola bergulir ke belakangnya dengan Anderson langsung menyambutnya dengan sepakan.

Defoe nyaris saja menipiskan ketinggalan Spurs pada menit 78. Tapi sepakannya hanya menghantam tiang gawang MU.

MU memimpin 3-0 pada menit 87. Giggs melayangkan umpan silang matang ke muka gawang dan ditanduk dengan jitu oleh Rooney.

Susunan Pemain:

Manchester United: De Gea; Smalling, Jones, Evans, Evra; Nani, Anderson, Cleverley (Giggs '81), Young (Park '81); Welbeck (Hernandez '81), Rooney.

Tottenham: Friedel; Walker (Corluka '45), Dawson, Kaboul, Assou-Ekotto; Lennon, Kranjcar (Pavlyuchenko '74), Livermore (Huddlestone '74), Bale; Van der Vaart; Defoe.