Kerusuhan di Inggris Belum Reda

Kerusuhan di Inggris Belum Reda – Kerusuhan di London saat ini masih belum reda, malah semakin meluas ke beberapa kota seperti Manchester, Salford, Birmingham, West Bromwich dan Wolverhampton.

Awalnya kerusuhan tersebut sebagai buntut protes penembakan polisi yang menewaskan seorang warga di sebuah kota kecil di Tottenham, namun keadaan sosial yang juga memburuk di sana membuat kerusuhan semakin meluas.

Pada malam keempat berturut-turut, dan kerusuhan mencolok terjadi di kota Manchester, Inggris utara, serta kerusuhan kecil di London.

Di pusat kota Manchester, polisi terlibat bentrokan di jalan mulai menjelang sampai tengah malam dengan kerumunan orang yang dikatakan saksi mata berjumlah 2.000, sebagaimana laporan Xinhua, Rabu pagi.

Di Birmingham, gerombolan 200 pemuda sambil membawa tongkat berhadapan dengan polisi antihuru hara di tengah laporan mengenai serangan terhadap toko sementara satu mobil dibakar.

Di Wolverhampton polisi telah telah melakukan 20 penangkapan hingga tengah malam. Di West Bromwich, beberapa pemuda bertopi memasang penghalang jalan dan membakar tempat sampah tapi belakangan bubar setelah membakar dua kendaraan.

Di daerah London timur, Canning Town, beberapa pemuda dilaporkan telah membuat barikade dan melempari kendaraan yang lewat dengan batu.

Akibat kerusuhan di London, lebih dari 450 orang sudah di tahan dan ratusan petugas yang mengalami luka serius baik di kepala dan mata. Kini hampir 16 ribu polisi di turunkan untuk meredam aksi kerusuhan.

Twitter dan BBM Berperan di Kerusuhan London

Kepolisian Inggris menyatakan bahwa para perusuh mendapat ide dan menyebarkan gerakan untuk melakukan tindakan brutal dari layanan mikroblogging Twitter dan Blackberry Messenger atau BBM. Namun dari keduanya, BBM yang paling berperan dalam kerusuhan di London.

Memang warga di Inggris lebih memilih Blackberry dari pada ponsel pintar lainnya, karena layanan BBM gratis nya. Bahkan sebelum tewas dalam baku tembak dengan polisi, Sabtu lalu, Mark Duggan sempat mengirimkan pesan instan melalui BBM kepada pacarnya yang berisi, "Saya sedang diikuti FBI."

Berikut pesan BBM yang di duga berperan penting atas meluasnya kerusuhan di London.

"Jika kamu hendak mencari uang, maka kami akan meluncur ke timur London malam ini. Ya, malam ini. Saya tak peduli dari mana kamu, kami mengundangmu untuk datang. Polisi telah melakukan hal buruk terlalu lama dan saya tak tahu mengapa kita harus menunggu lama untuk mewujudkan ini. Kami butuh minimum 200 orang lapar,"

Warga yang bersimpati terhadap polisi juga memberikan dukungan melalui situs jejaring sosial Facebook dan menuangkan kemarahan mereka kepada para perusuh. Di salah satu akun Facebook berjudul "Supporting the Met Police" telah didukung lebih dari 250 ribu orang.

Berikut Kumpulan Foto Kerusuhan di London