Lebaran Idul Fitri 1432 H Jatuh Pada 31 Agustus 2011 ?

Lebaran Idul Fitri 1432 H Jatuh Pada 31 Agustus 2011 ? – Lebaran Idul Fitri 1432 H sudah tinggal menghitung hari, namun hingga kini belum ada kepastian megenai kapan atau tanggal jatuhnya Idul Fitri 1432 H. Ketua Majelis Ulama Indonesia KH Ma`ruf Amin mengatakan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1432 Hijriah kemungkinan Rabu, 31 Agustus 2011 dilihat pada wujud bulan (hilal) yang kurang dari dua derajat.

Di jelaskan oleh KH Ma’ruf bahwa terdapat dua cara untuk menentukan awal bulan pada kalender Hijiriah, termasuk memastikan hari pertama berpuasa dan Hari Raya Idul Fitri. Cara pertama itu adalah melalui Ijtima (konjungsi) yang terjadi sebelum matahari terbenam dan bulan terbenam setelah matahari terbenam.

Maka, lanjut dia, pada sore hari itu dinyatakan sebagai awal bulan Hijiriah tanpa melihat seberapa sudut ketinggian bulan saat matahari terbenam. Kemudian yang kedua, kata Ma`ruf, melihat bulan (rukyatul hilal), yaitu kriteria penentuan awal bulan dengan mengamati secara langsung.


Hal yang sama juga di sampaikan oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, PBNU memperkirakan kemungkinan besar perayaan Idul Fitri yang jatuh pada 1 Syawal 1423 Hijriah akan dilaksanakan pada Rabu (31/8/2011). Sampai saat ini PBNU sama sekali belum melihat adanya tanda-tanda hilal (bulan mati) pertanda masuknya hari terakhir Ramadhan.

Ketum PBNU Said Agil Siradj mengatakan bahwa saat ini posisi hilal (bulan mati) berada pada posisi kurang dari dua derajat. Atas posisi hilal itu, nihil kemungkinannya dapat terlihat untuk kemudian diambil keputusan menentukan jatuhnya 1 Syawal 1423 Hijriah.

"Perhitungan hisab kurang dari dua derajat. Siapa pun, dengan posisi itu, tidak ada yang bisa melihat," jelas Said Agil.

Meski begitu, Said Agil mengatakan, kemungkinan merayakan Lebaran secara bersamaan dengan Muhammadiyah pada Selasa (30/8/2011) mendatang tetap terbuka.


Sementara itu Peneliti Observatorium Boscha Bandung, Jawa Barat, Deva Octavian menegaskan bahwa hari lebaran 2011 atau 1 syawal 1432 Hijriah akan jatuh pada 31 Agustus 2011.

Penentuan itu merupakan hasil dari pengamatan dengan menggunakan pisau analisis ilmu astronomi yang dimilikinya. Oleh karena itu, ijtimak akhir Ramadhan 1432 Hijriah akan dilakukan pada Senin 29 Agustus pukul 10.04 WIB.

"Tinggi bulan saat matahari terbenam 29 Agustus di seluruh wilayah Indonesia kurang dari dua derajat. Dari data tersebut, hilal tidak mungkin dilihat di wilayah Indonesia. Dengan begitu, 1 Syawal 1432 Hijriah tanggal 30 Agustus setelah Maghrib. Jadi, masih ada Salat Tarawih pada 29 Agustus dan tidak ada tarawih tanggal 30 Agustus," ujarnya.

"Tidak salah kalau yang menggunakan metode hisab dan rukyatul hilal dalam penentuan awal syawal akan berbeda. Sebab, 29 Agustus, hilal belum terlihat oleh mata karena dekat dengan matahari," tambahnya.

Update: Pemerintah menetapkan Idul Fitri 1432 H pada Rabu 31 Agustus 2011.