Menjelang Pertandingan Pra Piala Dunia Iran vs Indonesia

Menjelang Pertandingan Pra Piala Dunia Iran vs Indonesia – Setelah menerima kekalahan dari pertandingan melawan Yordaia, kini Timnas Indonesia harus siap menghadapi pertandingan yang sesungguhnya yaitu pertandingan pra piala dunia Iran vs Indonesia

Dari segi peringkat FIFA, Iran memang berada di atas Indonesia (Baca: Peringkat Indonesia Naik 6 Tingkat), namun begitu bukan tidak mungkin Indonesia bisa meraih point penuh di Azadi Stadium, Teheran 2 September 2011 nanti, minimal mendapatkan hasil seri.

Jika di lihat dari pertandingan persahabatan sebelumnya baik itu melawan Palestina dan Yordania, timnas Indonesia terlihat masih belum bagus dalam pengorganisasian permainan. Pelatin Timnas Indonesia menyuruh para pemainnya untuk bisa mengambil pelajaran dari pertandingan tersebut.

Target Indonesia mencuri poin di Azadi boleh diawali tiga kata: Jangan takut melawan! Tapi awas kartu merah. Berjuanglah laksana sepasukan singa dari Gurun Pasir menyerbu Teluk Persia. Satu langkah pasti di Teheran akan menentukan jalannya lima pertandingan selanjutnya.


Sementara itu mantan asisten pelatih MU sekaligus pelatih tim nasional Iran Carlos Queiroz mengajak 100 ribu fans Iran untuk datang ke stadion demi mendukung laga pembuka babak ketiga PPD 2014 di Teheran menghadapi Indonesia.

Menurutnya dukungan warga Iran sangat di perlukan untuk meningkatkan motivasi para pemain Iran untuk mengkalahkan Indonesia.

"Kami ingin 100 ribu fans Iran datang ke stadion di pertandingan melawan Indonesia untuk menciptakan atmosfer yang positif," kata Carlos Queiroz /2011).

"Lebih dari 80 ribu penggemar Indonesia akan datang ke stadion (di Jakarta) untuk mendukung tim mereka saat melawan Iran, itu sudah pasti," tambahnya dalam mengomentari antusias masyarakat Indonesia dalam mendukung tim nasionalnya.

Dari skuad tim, timnas Iran kini dihuni sejumlah pemain yang berlaga di kompetisi elit Eropa. Sebut saja Javad Nekounam dan Masoud Shojaei yang bermain di Osasuna (Liga Spanyol), serta Ashkan Dejagah (VfL Wolfsburg Jerman).

Namun begitu eekor Iran sejak dibesut Carlos Queiroz (mantan asisten Sir Alex Ferguson di MU) juga tak bagus-bagus amat. Mereka hanya menang tipis 1-0 atas Madagaskar, dan mengalahkan tim lemah Maladewa 4-0 (home) dan 1-0.


Dari segi pemain, mayoritas pemain timnas Indonesia dalam keadaan sehat, Cuma Ferry Rotinsulu yang kondisinya ternyata masih harus menjalani pemulihan lutut karena salah landing.

Sedangkan status keabsahan bek kiri Muhammad Nasuha masih menunggu hasil komunikasi antara PSSI, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), dan FIFA.

Suhu Dingin dan Lapangan

Suhu di Teheran merupakan salah satu ancaman untuk performa timnas Indonesia. Saat ini temperatur udara di Iran berkisar 15-16 derajat celsius. Udara semakin dingin pada malam hari dan bisa menembus di bawah 10 derajat celsius.

”Karena itu, manajemen tim nasional menyediakan sarung tangan untuk jaga-jaga jika suhu udara di bawah 10 derajat celsius saat pertandingan di Stadion Azadi,” ujar Media Officer Tim Indonesia Dessy Cristina dari Teheran, Iran, Rabu (31/8).

Pertandingan antara Iran dan Indonesia akan berlangsung mulai pukul 20.00 waktu Teheran. Kondisi cuaca yang tidak bersahabat dengan tim dari daerah tropis itu mencemaskan karena bakal menyulitkan pemain Indonesia mengembangkan pola permainan.

Selain temperatur udara, lapangan latihan juga menjadi masalah bagi timnas Indonesia. Sempat terjadi adu mulut antara pelatih Indonesia, Wim Rijsbergen dengan panitia lokal menyangkut masalah kondisi lapangan latihan.

Pada lapangan latihan timnas Indonesia tidak memiliki garis batas dan juga terdapat banyak kerikil. Hal ini yang membuat Wim berang dan langsung protes ke panitia lokal. Wim sebelumnya sudah meminta lapangan yang lain namun tidak di kabulkan.

Masalah ini selesai setelah seluruh penggawa Timnas Indonesia tetap memaksa masuk ke lokasi tempat Timnas Iran berlatih dan mereka pun akhirnya memberi lapangan yang bagus untuk berlatih.

Berikut Head to Head Iran vs Indonesia

Indonesia vs Iran, 1966: Asian Games: Indonesia 0:1 Iran
Indonesia vs Iran, 1970: Asian Games: Indonesia 2:2 Iran
Indonesia vs Iran, 1984: Pra Piala Asia: Indonesia 0:1 Iran
Indonesia vs Iran, 2009: Friendly Match: Indonesia U23 0:5 Iran
Indonesia vs Iran, 2009: Friendly Match: Indonesia U23 1:2


Jadwal pertandingan Iran vs Indonesia: Pertandingan pra piala dunia antara Iran vs Indonesia akan di diarkan langsung di SCTV pukul 22.00.