Situasi Papua Sudah Darurat ?

Situasi Papua Sudah Darurat ? – Alasan Boaz meninggalkan timnas karena faktor keamanan keluarga  sepertinya di pahami (Baca: Daftar Pemian Timnas Yang Pergi ke Timur Tengah), karena situasi di daerah Papua sekarang ini memang dalam kondisi darurat.

Hal tersebut berdasarkan apa yang di sampaikan oleh aktivis hak asasi manusia yang juga mantan Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) Usman Hamid. Menurut dia, tingkat keamanan di Papua saat ini sudah semakin mencekam dan darurat, oleh karena itu dia mendesak pemerintah segera mengusut pelaku-pelaku kekerasan baik terhadap warga sipil, polisi, maupun TNI di Papua.

"Harus diungkap dari sekarang sebelum pelakunya sulit dideteksi. Kemarin, kami baru dapat laporan terbaru, di sana situasinya semakin mencekam dan darurat. Warga semakin khawatir dengan semua kejadian penembakan selama dua bulan terakhir, Juli dan Agustus," ujar Usman

Usman juga meminta Presiden dapat segera menandatangani Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat (UP4B) sebagai bentuk keseriusan pemerintah membenahi sistem di Papua.

Seperti kita tahu, Papua merupakan daerah yang kaya akan alamnya namun perhatian yang sangat kurang dari pemerintah membuat warganya tidak bisa menikmati kekayaan di daerahnya sendiri.



Kapolda: Kondisi Papua Kondusif

Pendapat Usman di atas sangat berbeda dengan Kapolda Papua Irjen B.L Tobing yang mengatakan kondisi keamanan di Papua secara umum kondusif. Berbagai kekerasan yang terjadi akhir-akhir ini menurutnya persoalan kriminal biasa yang merupakan bagian dari siklus kehidupan.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala Polres Kota Jayapura AKBP Imam Setiawan. Meski pada hari yang sama di Kota Jayapura terjadi beberapa kasus kekerasan dan penganiayaan yang menyebabkan beberapa korban jatuh, Imam Setiawan menegaskan bahwa kasus-kasus itu murni krinimal.

Mana yang benar ?

Itu semua tergantung anda, cuma secara logika yang namanya ketidakadilan tidak akan membawa ketenangan.