Bersiap, Rupiah Bisa Tembus RP 10 Ribu

Bersiap, Rupiah Bisa Tembus Rp 10 Ribu – Kondisi keuangan global yang saat ini memburuk, membuat nilai tukar rupiah semakin menurun. Jika kondisi ini terus berlanjut, di perkirakan rupiah bisa tembus Rp 10 Ribu.

"Imbas dari laporan IMF kemarin, memang pasti membawa dampak ke nilai tukar mata uang seperti rupiah, yen, saham dan juga emas. Kemarin (nilai tukar rupiah terhadap dolar) sudah mencapai Rp9 ribu ke Rp10 ribu pasti ada saja ke arah sana," ungkap pengamat ekonomi M Doddy Ariefianto.

Memang IMF sudah memperingatkan jauh jauh hari kalau krisis keuangan yang terjadi di tahun 2011 ini yang di akibatkan masalah utang di negara negara Eropa lebih rentan di bandingan tahun 2008 lalu.

"Risiko meningkat, sementara waktu untuk mengatasi kerentanan yang mengancam sistem keuangan global dan pemulihan ekonomi yang berlangsung semakin sempit," ungkap IMF, seperti dikutip dari Associated Press.


Namun begitu, pengamat ekonomi M Doddy Ariefianto juga menambahkan kalau kejadian ini tidak perlu di khawatirkan lebih lanjut, asalkan fundamental perekonomian di dalam negeri kuat.

"BI akan mulai intervensi kalau rupiah sekira Rp9.300-Rp9.500 per USD, cadangan devisa kita cukup banyak, sampai USD120 miliar. Jadi, saya pikir BI tidak usah terburu-buru, sayang juga kan devisa kita kalau dihambur-hamburkan," tandas dia.