Cara Mengobati Keputihan Pada Wanita

Cara Mengobati Keputihan Pada Wanita – Banyak wanita yang membicarakan masalah keputihan. Hal ini wajar karena menurut data penelitian tentang kesehatan reproduksi wanita, 75% wanita di dunia pasti terkena masalah keputihan dan 45% diantaranya mengalami sebanyak dua kali atau lebih.

Keputihan yang dianggap normal atau fisiologis adalah keputihan dimana cairan yg keluar berwarna jernih, berlendir, tidak bau, dan tidak gatal. Cairan ini berfungsi sebagai sistem perlindungan alami, mengurangi gesekan di dinding vagina saat berjalan dan saat melakukan hubungan seksual.

Namun jika cairan tersebut keluar secara berlebihan dan menimbulkan gatal, berarti itu keputihan yang tidak normal atau keputihan patologis. Keputihan seperti ini biasanya di sebabkan oleh kuman, bakteri, jamur atau infeksi campuran. Keputihan bisa juga disebabkan adanya rangsangan mekanis oleh alat-alat kontrasepsi.



Berikut Cara Mengobati Keputihan Pada Wanita

1.      Gunakan daun sirih.
Anda bisa gunakan rebusan daun sirih yang sudah didinginkan untuk air cebok. Caranya 10 lembar daun sirih yang segar tapi cukup tua warna hijau daunnya,dicampur  1 sendok makan serbuk delima putih. Campuran direbus dengan 400 cc air dalam panci terutup sampai mendidih,matikan apinya dan diamkan air rebusan sampai hangatnya cukup bisa diterima untuk mencuci vagina.,baik untuk cebok,berendam atau disemprotkan  kedalam vagina. Lakukan pagi dan sore.

Selain sebagai media pencuci, sirih juga bisa di konsumsi. Caranya daun sirih dan kunci pepet di cuci bersih lalu di rebus dengan segelas air dalam panci tertutup Setelah mendidih lalu matikan api lalu minum selagi hangat,dua kali sehari satu gelas,selama 7 hari.

2.      Kunyit
Sama seperti daun sirih, anda bisa menggunakan kunyit sebagai media pencuci dan untuk di minum. Sebagai media pencuci, iris kunyit tipis tipis dan rebus sampai mendidih. Diamkan sampai hangat. Air kunyit tadi di pakai untuk membersihkan vagina.

Kunyit sebagai obat dalam, kuniyt 20gram 9dipotong potong), 10 gram sambiloto kering, 15 gram kulit delima kering di cuci, kemudian di rebus sampai airnya tersisa 300cc. Saringlah air kunyit tersebut dan minum dua kali sehari.

3.      Obat Herbal Untuk Keputihan
Jika anda tidak mau repot dengan cara di atas anda bisa mencoba obat herbal khusus untuk keputihan, yaitu GOPUTIH. Obat herbal tersebut digunakan sebagai obat dalam, sedangkan untuk obat luar anda bisa menggunakan AIR NIRWANA.

Berikut Tips Agar Terhindar Dari Keputihan

1.    Bersihkan organ intim dengan pembersih yang tidak mengganggu kestabilan pH di sekitar vagina. Sabun antiseptik biasa umumnya bersifat keras dan dapat flora normal di vagina. Ini tidak menguntungkan bagi kesehatan vagina dalam jangka panjang.

2.      Menjaga kebersihan secara teratur dengan: bersihkan vagina dari arah depan ke belakang (dari arah vulva ke anus).

3.      Hindari pemakaian bedak pada organ kewanitaan dengan tujuan agar vagina harum dan kering sepanjang hari. Bedak memiliki partikel-partikel halus yang mudah terselip disana-sini dan akhirnya mengundang jamur dan bakteri bersarang di tempat itu.

4.      Selalu keringkan bagian vagina sebelum berpakaian.
5.    Gunakan celana dalam yang kering. Seandainya basah atau lembab, usahakan cepat mengganti dengan yang bersih dan belum dipakai. Tak ada salahnya Anda membawa cadangan celana dalam tas kecil untuk berjaga-jaga manakala perlu menggantinya.

6.   Gunakan celana dalam yang bahannya menyerap keringat, seperti katun. Celana dari bahan satin atau bahan sintetik lain membuat suasana disekitar organ intim panas dan lembab.

7.   Pakaian luar juga perlu diperhatikan. Celana jeans tidak dianjurkan karena pori-porinya sangat rapat. Pilihlah seperti rok atau celana bahan non-jeans agar sirkulasi udara di sekitar organ intim bergerak leluasa.

8.      Ketika haid, sering-seringlah berganti pembalut. Pakai pembalut yang aman dan berkualitas

9.   Gunakan panty liner disaat perlu saja. Jangan terlalu lama. Misalkan saat bepergian ke luar rumah dan lepaskan sekembalinya Anda dirumah.

10.  Jaga pola makan dan hindari konsumsi buah ketimun, bangkuang, kangkung, pepaya dan pisang karena itu bisa menyebabkan keputihan kamu akan semakin banyak.

11. Melakukan pemeriksaan sendiri daerah sekitar vagina sangat disarankan, supaya Anda segera tahu apakah ada infeksi atau tidak. Biasanya terjadi perubahan pada warna daerah sekitar vagina menjadi lebih merah, kadang disertai bau yang kurang sedap maupun rasa gatal.

12.  Pola hidup sehat dengan cara cukup tidur, berolahraga dan menurunkan tekanan emosi atau stress.