Manfaat dan Khasiat Madu Propolis

Manfaat dan Khasiat Madu Propolis – 3 tahun belakangan ini Propolis semakin dikenal masyarakat kita.  Apalagi kalau bukan karena manfaat dan khasiatnya yang besar untuk kesehatan tubuh, baik itu dari anak-anak hingga dewasa.

Apa itu propolis ?

Propolis berasal dari bahasa Yunani yaitu PRO = Sebelum, POLIS = Kota = Sistem Pertahana Kota.

Propolis atau lem lebah adalah suatu zat yang di hasilkan oleh lebah madu dan memiliki khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Dikumpulkan oleh lebah dari tumbuh-tumbuhan atau pucuk muda dan kulit pohon terutama pohon poplar lalu dicampurkan dengan air liurnya, yang digunakan untuk menambal lubang dalam sarang lebah yang sekaligus juga melindungi sarang lebah dan isinya seperti ratu lebah, telur, bayi lebah dan madu dari serangan virus, bakteri, jamur.

Propolis bersifat disinfektan (anti bakteri) yang membunuh semua kuman yang masuk ke sarang lebah..

Sifat disinfektan alami yang terkandung dalam propolis sangat ampuh dalam membunuh kuman, terbukti dengan ditemukannya seekor tikus dalam sarang lebah yang telah mati selama kurang lebih 5 tahun dalam keadaan tidak membusuk.

Subhanallah….Hal di atas sebenarnya sudah tercantum pada Al-Quran Surat An-Nahl ayat 68 & 69.

“……..Keluarlah dari perutnya syaraabun (cairan) beraneka warna, dan padanya syifa (penyembuhan) bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu menjadi tanda bagi kaum yang memikirkan.”

Kandungan Yang Ada di Propolis

Propolis mengandung beberapa zat yang berguna untuk tubuh manusia seperti:

·        Semua vitamin kecuali vitamin K.
·        Semua mineral yang dibutuhkan tubuh kecuali Sulfur.
·        16 rantai Asam Amino Essensial yang dibutuhkan untuk regenerasi sel.
·     Bioflavonoid, yaitu zat anti oksidan sebagai suplemen sel. Menurut penelitian, kandungan Bioflavonoid pada satu tetes propolis setara dengan bioflavonoid yang dihasilkan dari 500 buah jeruk.



Khasiat dan Manfaat Propolis

Propolis sebagai pengobatan alami; mengandung zat aktif yang berfungsi sebagai obat untuk berbagai macam penyakit. Fungsi pengobatan meliputi hal-hal sebagai berikut :

1.      Propolis sebagai antibiotic alami, antiviral dan sekaligus antifungal alami.

2. Propolis mengobati penyakit yang berhubungan dengan bakteri, misalnya :thypus, diare/muntaber dan sebagainya. Dapat juga untuk bau ketiak yang sangat mengganggu, karena di dalam lipatan ketiak terdapat bakteri atau jamur yang menyebabkan bau.

3.      Propolis mengobati penyakit yang berhubungan dengan virus, misalnya : demam berdarah, flu, TBC dan sebagainya.

4.   Propolis mengobati penyakit yang berhubungan dengan jamur, misalnya : eksim, panu, keputihan, kerombe dan sebagainya.

5.   Propolis sebagai Anti peradangan (infeksi dan luka), misalnya :maag, luka luar, radang tenggorokan, sakit gigi, radang ginjal, luka baker dan sebagainya.

6.      Propolis sebagai anti kanker dan mutagenesis sel, misalnya : kanker tumor, mium, kista dan sebagainya.

7.      Propolis berfungsi untuk membersihkan pembulu darah dan detoksifikasi

8.    Propolis berfungsi sebagai pembuangan racun, misalnya : asam urat, kolesterol, trigliserin, darah tinggi, jantung, stroke, diabetes mellitus dan sebagainya.

9.    Propolis juga mengobati penyakit seperti Tumor, jantung dan pembuluh darah, diabetes mellitus, ateriosklerosis atau pengapuran pembuluh darah oleh lemak, infeksi, gangguan pencernaan, gangguan pernafasan, penyakit syaraf, arthritis dan rematik.

10.  Propolis sebagai penetral racun dalam tubuh dan sekaligus anti oksidan kuat

11.  Propolis meningkatkan system kekebalan tubuh

Berikut beberapa pendapat ahli mengenai Propolis

·        John Diamond MD; Propolis mampu mengaktifkan kelenjar thymus yang berfungsi sebagai sistem imunitas tubuh.
·        Ray Kupinsel; Propolis sebagai anti biotik alami yang mampu melawan berbagai macam penyakit tanpa efek samping
·       Profesor Arnold Becket; Propolis mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri dan jamur.
·      Russia Research Team (Tim Riset Rusia); Dalam propolis terdapat zat anti biotik alami dan anti viral, vitamin, asam amino, mineral yang sangat mujarab untuk penyakit mulut, tenggorokan.
·     Dr. Fang Chu (dokter di Lien Yu Kang Hospita Tiongkok); propolis berguna untuk penyakit kandungan lemak tinggi dalam darah dan untuk penyakit jantung.
·     Lembaga Riset Kanker Columbia, 1991; dalam propolis terdapat zat CAPE yang berfungsi mematikan sel kanker. Dengan pemakaian zat CAPE secara teratur selama 6 bulan dapat mereduksi kanker sebanyak 50%.
·        Majalah anti biotik VP Kivalkina; propolis sangat efektif untuk infeksi tanpa batas kadaluarsa.

Efek samping dan Reaksi Dari Setelah Konsumsi

Seperti keterangan di atas, Propolis mempunyai fungsi detoksifikasi sehingga setelah mengkonsumsinya akan terjadi sedikit “gangguan”. Hal ini di akibatkan proses pengeluaran racun yang berlangsung di tubuh kita.

Reaksi tersebut bersifat sementara waktu dalam rangka proses pengobatan suatu penyakit dan setiap rekasi berbeda beda tergantung penyakit dan tingkat keparahannya.

Untuk jelasnya, anda bisa download REAKSI DARI PROPOLIS

Jenis Propolis Yang Tersedia

Propolis kini tersedia dalam beberapa kemasan, antara lai:

Propolis ini berupa tablet, bisa di konsumsi untuk anak anak maupun orang dewasa. Bee Propolis baik digunakan untuk menjaga kesehatan atau untuk pengobatan.

Nigella propolis adalah perpaduan antara ekstrak biji habbatussauda dengan propolis.

PROPOLIS MELIA NATURE berupa cairan bisa untuk obat dalam (diminum) maupun penobatan luar seperti luka.