Cara Mandi Yang Sehat

Cara Mandi Yang Sehat – Kita semua tentu tahu mandi merupakan sebuah rutinitas yang dilakukan dalam rangka menjaga kebersihan tubuh. Namun jika anda tidak memperhatikan gaya mandi anda, bisa bisa kulit anda menjadi korban.

Kebanyakan orang mandi di pagi hari, setelah olahraga, sore hari, atau bahkan sebelum tidur. Jika selama ini menghabiskan 12 menit di kamar mandi, hal tersebut terlalu lama untuk mandi. Kurangi waktu di kamar mandi hingga 5 menit demi kesehatan kulit.

Terlalu sering mandi dapat menyebabkan keluarnya minyak dari kulit yang banyak, lalu kulit akan terasa gatal-gatal dan teriritasi, terutama pada saat udara dingin. Jika menggunakan shower tanpa filter air maka akan menyebabkan kulit terpapar klor dengan jumlah yang berlebihan.


Berikut Cara Mandi Yang Sehat

1.      Hindari menggunakan kain untuk mengusap pada area kulit yang halus, terutama pada selaput mukosa.

2.    Jangan menggunakan spons yang kasar untuk memijat atau mengusap kulit. Gunakan sabun gliserin dan spons yang digerakkan dalam satu arah menuju jantung.

3.      Gunakan air hangat untuk mandi.

4.  Jika memiliki kulit normal dan kering gunakan sabun dengan bahan dasar untuk kulit sensitif. Jangan menggunakan terlalu banyak sabun dengan bahan keras, karena akan membuat kulit terlalu kering.

5.   Jika cenderung memiliki kulit berminyak gunakanlah sabun gylcerine karena kulit berminyak akan lebih cocok mengguanakan sabun gylcerine. Dengan menggunakan jenis sabun tersebut, seseorang dengan kulit berminyak dapat menghilangkan minyak yang berlebihan tanpa menyebabkan kulit kering.

6.   Hindari terlalu sering mandi. Hal tersebut mungkin tampak seperti anjuran yang kurang positif, karena begitu banyak orang yang menikmati saat-saat mandi mereka.

Anjuran untuk jangan terlalu sering mandi bertujuan agar kulit dapat menghasilkan dan mempertahankan minyak alami. Jika anjuran untuk jangan terlalu sering mandi sulit untuk dilakukan, setidaknya dapat dengan memperpendek waktu mandi.

7.      Pastikan menggunakan shampo dan sabun yang sebagian besar mengandung bahan alami. Banyak produk komersial mengandung bahan kimia sintetis, petrokimia, dan berbagai pewarna buatan. Semua bahan kimia tersebut dapat sangat buruk bagi kesehatan kulit, rambut, dan kulit kepala.

Untuk shampoo alami, anda bisa menggunakan Shampo Zaitun, sedangkan unutk sabun anda bisa mencoba Goat Milk Jelly Soap.