Cara Merawat Laptop Agar Awet

Cara Merawat Laptop Agar Awet – Bagi anda yang ingin membeli laptop pasti akan bertanya “Laptop mana ya yang awet ?”. Sebenarnya masing masing brand atau merk laptop memiliki kelebihan dan kelemahannya masing masing, soal awet atau tidak, itu tergantung dari cara anda dalam memperlakukan dan merawat laptop anda.


Berikut Cara Merawat Laptop Agar Awet

Berikut Tips Agar Laptop Biar Tahan Lama (yang berkenaan dengan penggunaan laptop).

1.      Jauhkan laptop anda dari medan magnet yang kuat, bahan cair dan sumber panas/dingin atau perubahan suhu yang esktrim.

2.  Menurut survey, kerusakan laptop yang paling umum terjadi pada hardisk dan LCD display/layer. Kerusakan hardisk diakibatkan benturan atau terjatuh. Kerusakan LCD biasanya karena terpapar sinar matahari dan tekanan fisik.

3.      Selain panas, getaran juga musuh laptop yang lain. Jauhkan laptop anda dari alat pengeras suara, misalnya loudspeaker,mesin/kendaraan berat, dan sumber getaran lainnya.

4.      Ketika membuka atau menutup tray drive CD-ROM/DVD-ROM untuk memasukkan atau mengeluarkan disk. Jangan menyentuh lensa pada tray CD-ROM. Anda harus memegang compact-disc pada bagian pinggir, bukan pada permukaan disk.

5.      Lakukan Defrag Secara Berkala
Drive yang bekerja dengan keras padahal perintah kerja yang diberikan sedikit akan disimpan di dalam drive dan baterai. Hal ini harus dihentikan karena akan membuat baterai menjadi cepat habis. Untuk membuat Hard drive Anda seefisien mungkin maka harus dilakukan defrag secara berkala.

6.   Gunakan software software khusus untuk meningkatkan kinerja laptop seperti Tune up, CCleaner dan Registry Mechanic

7.      Redupkan Layar
Banyak laptop yang datang dengan kemampuan untuk meredupkan layarnya sehingga baterai dapat tahan lama. Beberapa datang dengan kemampuan dapat memodifikasi CPU dan mode pendinginan. Menekan penggunaan baterai berlebihan dapat dilakukan melalui cara ini

8.      Mengurangi Perangkat Eksternal

9.    USB device seperti mouse, flash disk, wifi dan perangkat eksternal atau masukan dari luar lainnya dapat menguras cepat baterai laptop Anda. Lepas atau non aktifkan jika perangkat eksternal tersebut tidak terpakai

10.  Menambah RAM

Hal ini memungkinkan Anda untuk menjalankan proses lebih dengan memori laptop anda, bukan mengandalkan pada memori virtual. Hasil memori virtual menggunakan hard drive, dan jauh lebih sedikit daya yang efisien. Perlu dicatat bahwa dengan menambah RAM akan mengkonsumsi lebih banyak energi, jadi hal ini merupakan cara efisien jika Anda ingin menjalankan program intensif memori yang benar-benar membutuhkan penggunaan berat dari memori virtual

11.  Jalankan Hard Drive Bukan CD / DVD
Sebagai layaknya hard drive yang membutuhkan banyak daya, CD dan DVD drive lebih buruk. Bahkan memiliki satu di drive dapat mengkonsumsi daya berlebih pada baterai. CD dan DVD berputar, menjadi layaknya hard drive yang membutuhkan daya yang besar bahkan ketika mereka tidak aktif untuk digunakan. Sedapat mungkin, cobalah untuk menjalankan proses ini dengan drive virtual menggunakan program seperti alkohol 120% dan daemon tools bukan yang optik

12.  Mengurangi Program Yang Berproses Pada Background
Tunes, Desktop Search, dan lain sebagainya, semua ini dapat menambah beban CPU dan menguras cepat baterai. Menutup segala sesuatu yang tidak penting untuk membuat baterai tahan lama

13.  Gunakan Modus Hibernate, Jangan Stand By
Meskipun mengatur laptop dalam modus stand by menyimpan beberapa daya dan Anda dapat segera menggunakannya setelah Anda tinggalkan, hal ini tidak menyimpan daya sebanyak fungsi hibernate. Hibernate pada komputer akan menjaga keadaaan PC Anda dan melakukan Shut Down secara sempurna

14.  Menjaga Suhu Tetap Optimal
Agar laptop anda awet anda harus menghindari suhu laptop yang terlalu panas, suhu panas laptop bisa anda deteksi dengan menggunakan software speedfan. Jika dibutuhkan anda harus membeli cooler yang banyak dijual ditoko-toko komputer.

15.  Selalu bersihkan bagian dalam laptop secara berkala. Alat penyemprot udara sangat berguna sehingga anda tidak perlu sampai membuka chasing laptop.

16.  Hindari pemakaian laptop di wilayah berdebu, karena debunnya bisa masuk ke bagian dalam laptop.

17. Sebaiknya gunakan pelindung untuk keyboard dan layar laptop anda. Untuk bagian luar, anda bisa menggunakan skin laptop.

18.  Selalu simpan di tempat yang tertutup (tas laptop) apabila laptop tidak sedang anda gunakan

19.  Jangan Memproses Perintah Berlebihan

20.  Fungsi Autosave
Ms Word dan Excel memiliki fungsi auto save ( penyimpanan otomatis ) tetapi hal ini menyebabkan baterai terkuras lebih cepat. Pada saat baterai hampir habis non aktifkan fungsi auto save agar laptop tidak drop dan mati secara tiba-tiba yang membuat laptop cepat rusak

21.  Menurunkan Grafis
Menurunkan grafis yang digunakan. Anda dapat melakukannya dengan mengubah resolusi layar dan mematikan driver grafis yang berlebih.

22. Jika laptop anda kebetulan bermasalah, jangan mencoba untuk membongkar sendiri laptop anda. Sebaiknya serahkan ke teknisi atau service center terdekat.