Pilih Mana, Teh atau Kopi


Pilih Mana, Teh atau Kopi  - Teh dan kopi merupakan jenis minuman yang paling banyak di konsumsi termasuk juga masyarakat Indonesia. Mungkin ada yang bertanya, sebenarnya lebih sehat  mana, kopi atau teh ?.

Selama berabad-abad, kopi telah dipuji karena memiliki sifat yang menyegarkan dan menyehatkan. Kopi merangsang aliran darah di otak dan mengurangi kelelahan mental. Inilah sebabnya kopi mempunyai kemampuan untuk membangkitkan semangat di pagi hari.

Sedangkan teh umumnya mengandung zat antioksidan yang disebut dengan flavonoid, zat ini telah terbukti bisa membantu memperlambat atau menghambat reaksi kimia yang disebabkan oleh radikal bebas di dalam tubuh.

Ketika anda ingin membandingkan mana yang lebih sehat antara kopi dan teh, maka jawabannya tergantung jenis kopi atau teh yang diminum dan bagaimana Anda mengolahnya, seperti dilansir Foxnews.

Namun sebelum itu, berikut kelebihan dan kekurangan dari kedua jenis minuman tersebut secara umum.

Manfaat Kopi
·       Menambah kecepatan berfikir dan inspirasi
·       Mengurangi rasa ngantuk dan kelelahan
·       Meningkatkan sensor stimuli dari reaksi motorik, misalnya seorang yang mengetik akan dapat bekerja lebih cepat dan dengan tingkat kesalahan lebih kecil.
-- Berdasarkan "The Phamacological Basic of Therapeutics" oleh Dr. J. Murdoch Ritchie --
·       Dapat mengurangi rasa sakit kepala (menurut peneliian di Chicago,USA)
·    Meningkatkan daya ingat (Penelitian ilmiah di John Hopkins School of Medicine di Baltimore dan Harvard).
·       Mengatasi reaksi alergi
·       Terhindar dari Alzheimer dan Parkinson
·     Mencegah diabetes. Asam klorogenik yang terkandung di kopi dapat membantu mencegah resistensi insulin, yang merupakan pertanda adanya penyakit diabetes.

Kekurangan Kopi
·    “Mabuk” kafein. Jika terlalu banyak kandungan kopi yang masuk dalam tubuh dan melebihi ambang normal, bisa menyebabkan intoksikasi kafeina, semacam ‘mabuk’ kafein. Gejala yang terlihat adalah timbulnya rasa resah, risau, suasana hati tidak menentu, mudah marah, cemas, merasa depresi, sulit konsentrasi, sulit tidur, dan sering buang air kecil.
·       Beresiko osteoporosis
·       Denyut jantung dan tekanan darah meningkat.
·       Dapat membuat para pria mandul karena zat yang terkandung di kopi.
·       Kopi dapat menyebabkan gangguan percernaan kerena terlalu banyak mengkonsumsi.
·    Kopi dapat menggangu pertumbuhan/kesuburan bagi para wanita yang memkonsumsi kopi lebih dari 2 cangkir sehari.


Manfaat Teh
·       Teh bisa membantu untuk melawan kanker
Polyphenols dalam teh dapat membantu untuk mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh. Senyawa ini dapat berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkap radikal bebas dalam tubuh.
·       Teh juga bisa mengurangi penyakit jantung
Polyphenols dalam teh sangat efektif untuk mencegah kolesterol. Teh hijau memperlihatkan mampu memperbaiki sel dalam lapisan pembuluh darah.
·       Teh juga sangat baik untuk kesehatan gigi
Teh dapat membantu mengurangi kerusakan gigi dan melindungi kesehatan gigi. Teh mengandung fluoride yang diperlukan untuk menjaga gigi tetap kuat dan sehat.
·       Teh bisa membantu melindungi kulit
Teh juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan melindungi kulit dari sengatan matahari. Dan faktanya banyak perusahaan kosmetik sekarang ini yang menggunakan teh hijau dalam produk perawatan kecantikan yang mereka produksi.
·       Teh bisa mengurangi tingkat stres
·       Mengurangi penyakit Alzheimer

Manfaat Teh Hijau
1.      Dapat mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi
2.      Mencegah timbulnya kadar gula darah yang tinggi
3.      Menurunkan kadar kolesterol
4.      Menurunkan resiko terkena berbagai penyakit hati
5.      Menurunkan resiko terkena stroke
6.      Membantu tubuh dalam melawan virus (seperti virus influenza)
7.      Dapat menghambat penurunan fungsi syaraf
8.      Memperbaiki fungsi kognitif
9.      Bermanfaat bagi kesehatan gusi
10.  Mencegah sesak nafas
11.  Mengurangi stress
12.  Menghilangkan kelelahan dan keletihan
13.  Mampu mencegah timbulnya penyakit kanker
14.  Mampu mengendalikan pertumbuhan tumor
15.  Membantu penyembuhan penyakit kanker
16.  Membantu menurunkan berat badan
17.  Mengurangi resiko timbulnya radang sendi dan reumatik
18.  Berfungsi sebagai anti radang tenggorokan
19.  Mencegah osteoforosis
20.  Mencegah timbulnya alergi
21.  Melindungi lever
22.  Mencegah hepatitis
23.  Membantu menghalangi penyebaran virus HIV
24.  Mengurangi bahaya merokok
25.  Memperlambat penuaan
26.  Baik dikonsumsi untuk penderita diabetes
27.  Mampu mencegah keracunan makanan

Kekurangan Teh
1.      Ginjal terganggu
Pasien yang fungsi ginjalnya tidak baik dan tak dapat menahan kencing atau inkontinensia karena teh berfungsi melancarkan pembuangan air kemih. Banyak minum teh mengganggu fungsi ginjal, sehingga akan semakin memberatkan penyakit pasien tersebut.

2.      Wanita hamil
Wanita yang sedang hamil membutuhkan berbagi macam gizi untuk menyuplai kebutuhan metabolisme tubuhnya dan juga janin dalam kandungannya. Kalau ia terlalu banyak minum teh, maka zat tanin atau samak dalam teh dapat bersenyawa dengan zat besi dalam makanan yang dikonsumsinya menjadi semacam kompon yang tidak diserap oleh tubuh.

Ini selain dapat mengakibatkan anemia dan kekurangan zat besi pada wanita hamil, juga dapat mengakibatkan janin dalam kandungan menjadi kekurangan zat besi bawaan. Sehingga setelah lahir bayi juga akan menderita anemia dan kekurangan zat besi.

3.      Ibu menyusui
Wanita yang sedang menyusui sebaiknya tidak minum teh kental. Hal ini karena salah satu dari racun dalam teh (kafein) bisa mempengaruhi pengeluaran air susu, sehingga ASI menjadi berkurang, selain itu kafein juga bisa masuk kedalam tubuh bayi melalui air susu yang dapat mengakibatkan usus bayi menjadi kejang, sehingga bayi akan menangis tak henti2nya.

4.      Demam
Untuk orang yang sedang menderita demam, minum teh bukannya dapat menurunkan suhu badannya tetapi justru akan meningkatkan suhu panas tubuhnya. Hal ini dikarenakan theophyline yang terkandung dalam teh dapat meninggikan suhu badan, bahkan membuat fungsi obat penurun suhu badan menjadi hilang atau berkurang.

5.      Lemah saraf dan insomnia
Para penderita penyakit ini sebaiknya tidak minum teh karena hanya akan semakin memperparah penyakitnya. Hal ini disebabkan kandungan kafein dalam teh dapat mengakibatkan bergairahnya sistem saraf dan menaikkan metabolisme dasar, sehingga akan membuat semakin sulit tidur dan merasa gelisah.

6.      Penderita kurang darah
Zat besi dalam makanan memasuki saluran pencernaan dalam bentuk feros hidrosida koloid. Zat besi dalam bentuk koloid ini tidak dapat diserap tubuh secara langsung. Ia harus melalui peran getah lambung barulah dapat diserap melalui tubuh. Asam tanat dalam teh sangat mudah bersenyawa dengan zat besi dan membentuk asam tanat feros larut yang merintangi penyerapan zat besi. Bila tubuh orang yang kurang darah kekurangan zat besi. Bila tubuh orang yang kurang darah kekurangan zat besi, hemoglobin sintetis dalam tubuh bisa berkurang, dan penyakitnya bisa bertambah parah.

7.      Sembelit
Mereka pantang minum teh kental karena asam tanat dalam teh mempunyai peran astringen, yaitu melemahkan penggeliangan saluran usus. Bila mereka nekat minum teh kental maka penyakitnya akan semakin bertambah parah.

8.      Anak-anak
Minum teh tidak terlalu baik untuk anak-anak, hal ini dikarenakan setelah minum teh anak-anak akan mudah terangsang semangatnya, nafsu makannya menurun, selaput lendir saluran pencernaan menyusut sehingga mempengaruhi pencernaan makanan dan penyerapannya.
Asam tanat dalam teh juga dapat mempengaruhi penyerapan vitamin B dan zat besi dalam makanan sehingga mengakibatkan menurunnya hemoglobin dan menyusutnya volume eritrosit, yang akan berakibat mudah terserang anemia atau kurang darah.

9.  Orang yang mempunyai tekanan darah tinggi dan mengidap jantung teh memang dapat membantu melindungi jantung tapi bagi yang telah terlanjur menderita penyakit jantung merek harus menghindari minum teh kental, karena kadar kafein dalam teh bisa merangsang orang dan menaikkan tekanan darahnya. Bila mereka tetap minum teh maka jantungnya akan berdetak cepat, merasa sangat gelisah bahkan mengalami arrhythmia atau tidak adanya irama jantung.

Bagaimana pilih mana kopi atau teh………Intinya, jika Anda membandingkan kopi dan teh hitam, maka kopi adalah pilihan yang lebih sehat. Dan jika Anda membandingkan dengan teh hijau, maka teh hijau adalah pilihan yang lebih sehat dibandingkan kopi.

Kopi dan The Herbal

Jika anda bosan dengan kopi dan teh yang ada sekarang, mungkin bisa coba TEH HERBAL atau KOPI HERBAL.

Untuk teh herbal, anda bisa mencoba SUGAR LEAF GREEN TEA. The herbal ini terbuat dari The Hijau (Green tea) dan daun Stevia, daun yang memiliki rasa manis 15-30 kali gula biasa. Aman untuk penderita diabetes karna sangat rendah kalori. Anda tidak perlu gula lagi dalam penyajiannya.

Sedangkan untuk kopi, anda bisa mencoba KOPI REMPAH. Kopi herbal ini merupakan minuman kombinasi dari beberapa rempah bumi Indonesia yang bermanfaat bagi kebugaran pria dan wanita.



Anda baru saja membaca postingan yang berkategori Kesehatan
Judul : Pilih Mana, Teh atau Kopi
Bookmark : http://www.berita-ane.com/2011/10/pilih-mana-teh-atau-kopi.html.