Cara Agar Mata Tidak Cepat Lelah

Cara Agar Mata Tidak Cepat Lelah – Di era sekarang ini di mana teknologi informasi sangat maju dengan pesat membuat komputer, notebook, netbook, tablet dan lainnya menjadi sarana yang paling banyak di gunakan di berbagai aktifitas, hal ini tentu saja membutuhkan performa mata yang cukup bagus.

Jika hal ini tidak di perhatikan dengan baik, kelelahan mata bisa terjadi dengan cepat, bahkan bisa menimbulkan gangguan pada mata seperti mata minus, silinder dll.


Berikut Cara Agar Mata Tidak Cepat Lelah

1.      Penerangan yang Cukup
Gunakan penerangan di dalam ruangan secara tepat dimana penerangan tersebut tidak terlalu gelap dan tidak terlalu terang. Hindari cahaya berlebih yang masuk dari luar ruangan dengan cara menutup tirai.

2.      Jaga jarak mata dari monitor
Jangan terlalu dekat dengan monitor komputer, karena sedikit membahayakan mata Anda. Jarak yang disarankan adalah kurang lebih 0,5 sampai 1 meter.

3.      Atur Brightness-Contrass
Aturlah pencahayaan monitor Anda agar lebih sejuk di mata. Jangan mengatur monitor Anda terlalu terang karena efek silaunya dapat mempercepat kelelahan mata Anda.

4.      Pakai Filter Anti Radiasi untuk CRT
Filter radiasi dapat mengurangi efek buruk yang ditimbulkan oleh radiasi monitor tabung (CRT). Sebaiknya Anda gunakan monitor filter ini, harganya terjangkau, tersedia untuk CRT 15 inch maupun yang 17 inch.

5.      Ganti Monitor CRT dengan LCD
Untuk monitor LCD memang sudah cukup aman, meski bukan berarti tanpa radiasi sedikitpun. Anda tetap disarankan untuk menjaga jarak pandang terhadap monitor.

6.      Buat Diri Anda Senyaman Mungkin
Sebelum anda memulai aktifitas anda di depan komputer, sebaiknya atur posisi anda senyaman mungkin, sehingga tubuh dan mata anda bisa bekerja optimal.

7.      Berkedip Lebih Sering
Langkah ini berguna untuk mencegah mata kering dan iritasi. Saat bekerja di depan komputer, Anda akan lebih jarang berkedip dari biasanya. Selain itu, air mata akan menguap lebih cepat terutama pada ruangan ber-AC dan tertutup. Anda juga dapat menggunakan tetes mata khusus sebagai pengganti air mata atau istirahatkan mata setiap 20 menit dengan cara berkedip cepat selama 10 kali kemudian tutup mata Anda selama 2 menit untuk mengembalikan kelembabannya.

8.      Istirahatkan Mata Anda
Sempatkan untuk melakukan istirahat pada mata anda paling tidak selama 5 menit setiap 1 jam. Anda bisa melakukan aktifitas lain seperti minum, memejamkan mata sejenak atau sekedar menjauh dari monitor.

9.      Gunakan Kacamata Khusus Bagi Pengguna Komputer
Untuk kenyamanan yang maksimal, pertimbangkan kembali untuk menggunakan kacamata khusus bagi penggguna komputer yang dirancang untuk menangkal radiasi penyebab kerusakan mata. Berbeda dengan lensa kacamata biasa, kacamata ini berfungsi untuk memberikan jarak pandang yang optimal ke layar monitor. Lensa kontak sebaiknya tidak digunakan dahulu saat berkomputer karena akan membuat mata semakin kering.

10.  Lihatlah Keluar Jendela
Agar mata Anda tidak terlalu tegang menatap lama-lama komputer atau laptop, ada baiknya sesekali Anda melihat keluar jendela. Hal ini akan membantu mata Anda menyesuaikan kembali jarak pandang Anda. Sebab, terlalu berlama-lama melihat dalam jarak dekat dapat menyebabkan kemampuan penglihatan jarak jauh Anda berkurang.

11.  Pijat Mata
Agar lebih fresh untuk melanjutkan aktifitas, anda juga bisa melakukan pijat mata. Untuk lengkapnya bisa baca di Mata Segar Dengan Pijat Mata.

12.  Obat Tetes Mata
Jika anda di tuntut harus di depan komputer selama lebih dari 7 jam, ada baiknya anda menggunakan obat tetes mata yang dapat menyegarkan mata anda. Gunakanlah obat mata herbal, sehingga aman untuk mata anda.


Berikut Posisi Yang Benar Ketika Di depan Komputer