Cara Mengatasi dan Mengobati Maag

Cara Mengatasi dan Mengobati Maag – Maag adalah satu penyakit yang banyak di derita orang saat ini. Gaya hidup sekarang yang serba instan dan membutuhkan aktivitas yang tinggi membuat penderita maag semakin bertambah.

Penyakit maag biasanya akan muncul bila asam lambung di produksi secara berlebihan oleh lambung. Dalam kondisi normal asam lambung di perlukan untuk membantu pecernaan dalam mengolah makanan. Namun jika berlebihan, maka akan membuat nyeri pada lambung yang biasa kita sebut sebagai penyakit maag. Bagaimana cara mengatasi dan mengobati maag ?

Sebelum di jelaskna bagaimana cara mengobati maag, anda perlu tahu juga apa itu maag. Maag sendiri merupakan kosa kata Belanda yang berarti lambung yang kemudian diindonesiakan menjadi mag. Jadi, sakit mag sebenarnya adalah sakit lambung.

Umumnya, penyakit yang sering terjadi pada orang bergolongan darah O ini berupa radang selaput lendir (mukosa), lambung (gastritis), atau luka mukosa lambung (gastric ulcer) yang dikenal dengan istilah tukak lambung (ulcus pepticum).

Berikut kondisi penderita sakit maag:

-         Kalau sering muntah agak asam
-         Suhu badan naik
-         Muka pucat
-         Nafsu makan kurang
-         Kalau sedang kosong perut terasa sakit dan perih
-         Sesak pada bagian atas ulu hati sakit hingga kadang-kadang membuat kita terbangun di tengah malam
-         Buang hajat tidak teratur, terkadang sembelit atau mencret

Penyebab sakit maag:
Penyebab utama sakit maag antara lain
-         Zat yang dapat menginhibisi sekresi asam lambung. Misalnya, histamin dan anti-inflamasi non-steroid.
-         Kerja berat, pikiran tegang, tidak tenang, atau kurang tidur
-     Sering terlambat makan, kebiasaan minum obat yang bersifat asam saat perut kosong, Minum minuman beralkohol, dan mengisap rokok berlebihan
-         Infeksi bakteri Helicobacter pylory yang dapat menyerbu lapisan submukosa lambung.



Cara Mencegah Maag
Pencegahan utama dari sakit maag adalah dengan menjaga keseimbangan zat yang ada dalam lambung misalnya dengan mengatur pola makan yang teratur dan tidak mengkonsumsi obat-obatan dalam jangka waktu lama, alkohol, atau zat kimia lain yang dapat merusak dinding lambung. Sebaiknya dihindari makanan dengan rasa asam dan pedas.

Berikut cara mencegah maag secara lengkapnya::
1.      Makan yang teratur dengan gizi yang seimbang.
2.      Konsumsi makanan yang lunak dan lembut
3.      Hindari stress
4.      Istirahat dan olahraga yang teratur
5.      Hindari makanan dan minuman berikut ini:
a.   Makanan dan minuman yang banyak mengandung gas dan terlalu banyak serat, antara lain sayuran tertentu (sawi, kol), buah-buahan tertentu (nangka, pisang ambon), makanan berserat tertentu (kedondong, buah yang dikeringkan), minuman yang mengandung gas (seperti minuman bersoda).
b.   Minuman yang merangsang pengeluaran asam lambung antara lain : kopi, minuman beralkohol 5-20%, anggur putih, sari buah sitrus, susu.
c.     Makanan yang sulit dicerna yang dapat memperlambat pengosongan lambung. Karena hal ini dapat   menyebabkan peningkatan peregangan di lambung yang akhirnya dapat meningkatkan asam lambung antara lain makanan berlemak, kue tart, coklat dan keju.
d.   Makanan yang secara langsung merusak dinding lambung yaitu makanan yang mengandung cuka dan pedas, merica dan bumbu yang merangsang.
e.  Makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah sehingga menyebabkan cairan lambung dapat naik ke kerongkongan antara lain alkohol, coklat, makanan tinggi lemak, gorengan.

Cara Mengobati Maag
Ada beberapa cara mengatasi maag, ada yang menggunakan bahan alami ada juga yang menggunakan bahan kimia. Di artikel ini hanya akan di berikan cara mengobati mag dengan bahan alami.

Berikut jenis tanaman yang baik untuk mengatasi sakit maag:

Kunyit (Curcuma longa atau C. domestica)
Seibu jari rimpang kunyit setelah dicuci, diparut. Parutannya kemudian diberi sedikit air dan diperas. Minum 2x sehari, pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur.

Lidah buaya (Aloe vera)
Ambil gel segar dari setengah lembar daun lidah buaya. Gel sebanyak ini diminum untuk sekali minum. Minumlah 2x sehari. Bisa diberi madu secukupnya. Untuk ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi ramuan ini.

Kamomila (Matricaria recutita)
Seduh 1 sendok teh bunga kamomila dengan 150 ml air panas, diamkan selama 5 - 10 menit, lalu minum. Ulangi seduhan ini 3 - 4 kali sehari.

Kencur (Kaempferia galanga)
Untuk mengatasi sakit mag: 1 jari rimpang kencur dicuci bersih, dikupas, dan dikunyah dengan garam seperlunya. Sesudah halus, telan kunyahan kencur tadi disusul dengan minum air hangat. Lakukan ini 3x sehari.

Cincau (Cylea barbata)
Ambil segenggam daun cincau (± 80 g berat basah). Daun dicuci bersih lalu digiling sampai halus. Hasilnya diremas dengan air minum seperlunya dan saring. Agar lekas mengental, beri kapur sirih seperlunya. Setelah menggumpal, makan dengan air gula atau sirup. Lakukan ini 3x sehari, masing-masing sebanyak _ gelas minum (kapasitas gelas kira-kira 200 ml).

Meniran (Phyllanthus niruni)
Cuci dan rebus _ genggam daun meniran dengan 3 gelas air dan biarkan sampai tinggal _ nya. Sesudah dingin disaring, lalu diminum dengan madu seperlunya. Lakukan cara ini 3x sehari.

Biji Alpukat
-         Cuci biji alpukat dengan air matang.
-         Parut biji alpukat.
-         Biji alpukat yang sudah diparut tadi dicampur dengan 100 CC air matang
-         Saring parutan biji alpukat lalu buang, cukup ambil sarinya saja untuk diminum.

Maag yang tidak parah cukup minum 1 kali sehari, untuk maag yang parah dianjurkan minum 2 kali sehari sampai srmbuh.

Obat herbal untuk mengatasi Maag
Anda bisa juga menggunakan Jelly Gamat Gold. jelly gamat merupakan makanan kesehatan yang berasal dari bahan alami berupa gamat atau teripang berasal dari hewan laut, dengan teknologi dan penelitian yang moderen hewan laut tersebut sangat bermanfaat untuk mengatasi dan menyembuhkan berbagai keluhan penyakit seperti darah tinggi, diabetes, koleterol dan penyakit maag baik yang masih biasa maupun yang sudah kronis.

§       Gold-G mempunyai Kemampuan dalam regenerasi sel sehingga jadi alasan utama teripang laut ini dipakai  untuk menyembuhkan berbagai penyakit,” kata dr Pieter A. W. Pattinama, RS PGI Cikini, Jakarta.
§   Dokter Hariadi mengkonsumsi ekstrak teripang untuk mengatasi gastritis. Pada saat bersamaan ia juga memberikan kepada penderita gastritis. Dosisnya 2 sendok makan 3 kali sehari. Dua bulan berselang tampak kemajuan seperti mual dan kembung hilang. Menurut alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro itu teripang mengandung kolagen yang mempercepat penyembuhan.
§       Pria kelahiran Semarang 28 Februari 1963 itu juga meresepkan ekstrak teripang untuk pasien nyeri sendi dan beragam luka. Proses penyembuhan relatif cepat lantaran teripang mampu meregenerasi sel dalam waktu singkat. Sampai saat ini belum diketahui adanya efek samping. Karena teripang merupakan suplemen organik sehingga penyerapan dalam tubuh berlangsung baik, ujarnya
§       Selain mampu meregenerasi sel, teripang kaya akan nutrisi. “Senyawa aktif terbanyak berupa antioksidan, baik untuk perbaikan sel tubuh manusia,” ujar dokter alumnus Universitas Indonesia itu.
§   Itulah salah satu alasan kenapa Gold-G sangat manjur untuk regenerasi sel bagi penderita maag. Bagi penderita maag akut, terkadang sulit untuk menelan makanan. Sehingga kebutuhan nutrisi bagi tubuh penderita maag sangat kurang. Gold-G yang kaya akan kandungan Protein akan membantu penderita maag untuk memperoleh asupan gizi.

Selain hal tersebut keampuhan jelly gamat dalam mengobati penyakit maag lantaran dia mempunyai sifat meregenerasi sel dengan cepat yang akan bermanfaat untuk mengatasi permasalahan penyakit maag atau lambung yang luka yang diakibatkan oleh penyakit maag.

FAKTA BERBICARA :
GAMAT memiliki keistimewaan meregenerasi sel . Tubuh gamat jika dipotong-potong akan segera pulih hanya dalam waktu 2 jam. Apabila dipotong-potong masing-masing potongan gamat akan menjadi binatang utuh terpisah.
Tubuh gamat jika dibiarkan di udara akan meleleh lama kelamaan menjadi lendir, bila dimasukkan kembali ke air asin maka tubuhnya akan kembali seperti semula. Prof. Ridzwan Hashim dari Malaysia menemukan CELL GROWTH FACTOR dalam gamat, yaitu faktor pertumbuhan/ peregenerasi sel sangat tinggi.

Untuk lebih lanjut, anda bisa melihat di
-         GOLD-G Sea Cucumbar Jelly
-         Gamat NatureNature
-         Jelly Gamat Honey