Cara Sehat Menggemukan Anak Yang Kurus

Cara Sehat Menggemukan Anak Yang Kurus – Anak yang kurus atau memiliki berat badan di bawah normal bisa menjadi indikasi adanya masalah gizi, kesehatan sampai komplikasi emosional.

Orang tua sebenarnya bisa mengukurnya melalui Indeks Massa Tubuh (IMT) melalui perbandingan tinggi dan berat badan. Lalu bagaimana cara yang sehat untuk menggemukkan anak kurus?


Berikut Cara Sehat Menggemukan Anak Yang Kurus

a.      Mengonsumsi lemak jantung yang sehat
Menambahkan lemak jantung yang sehat dalam pola makan anak bisa menambahkan sejumlah kecil kalori yang dibutuhkan untuk menaikkan berat badan. Ganti mentega, margarin dan lemak lainnya dengan yang lebih sehat seperti lemak dalam alpukat, kacang-kacangan dan minyak goreng (zaitun, canola dan safflower). Misalnya dengan menambahkan sepotong alpukat dalam sandwich.

b.      Membuat rencana pola makan
Ajaklah anak untuk berpartisipasi dalam merencanakan pola makan agar lebih menyenangkan dan bisa mempromosikan makanan sehat. Mengajarkan anak untuk mempersiapkan makan bisa menambah gairan saat waktu makan serta membuat suasana yang santai.

Usahakan agar anak makan tidak terburu-buru atau rileks sehingga bisa menyebabkan ia makan dalam jumlah sedikit. Beberapa makanan yang memiliki kalori tinggi dam bergizi seperti susu, keju utuh, yogurt, telur, selai kacang, sup kacang, roti, makaroni, pasta, kentak tumbuk dan sereal.

c.       Memberikan anak shake dan smoothies
Minuman shake dan smoothies bisa memberikan kalori tinggi dan kaya akan gizi. Campurkan berbagai buah seperti stroberi, blueberry, pisang dan buah lain serta bisa juga dengan menambahkan yogurt sehingga anak bisa lebih menikmatinya.

Selain itu sayuran juga bisa ditambahkan ke dalam smoothie dengan menambahkan madu sebagai pemanis alaminya. Berikan sekitar 2 jam sebelum waktu makan untuk memastikan anak tidak melewati waktu makannya.

d.      Jangan memberikan anak makanan cepat saji
Makanan cepat saji mengandung kadar garam, gula dan lemak jenuh yang tinggi. Jika ingin anaknya gemuk dan sehat harus mengonsumsi makanan yang sehat, dan junk food cenderung memiliki kalori kosong. Jadi kalaupun berat badannya bertambah, tapi tubuhnya tidak sehat dan cenderung berat badannya berlebih.


Herbal Untuk Menaikkan Berat Badan
Anda juga bisa menoba herbal khusus untuk menggemukan badan, yaitu Jamu Gemuk Badan Akar Sari. Herbal ini berupa bubuk dan bisa bisa di konsumsi anak anak maupun orang dewasa, tentu degan takaran yang berbeda.

Herbal tersebut mempunyai khasiat:
a.       Menambah nafsu makan,
b.      Memperlancar peredaran darah,
c.       Menjaga kesehatan,
d.      Menghilangkan rasa malas dan lesu
e.       Enak tidur.