Indonesia Kalah, Vietnam Jadi Lawan Selanjutnya

Indonesia Kalah, Vietnam Jadi Lawan Selanjutnya – Pertandingan terakhir timnas Indonesia di Group A SEA Games 2011 berakhir dengan kekalahan. Timnas U-23 Indonesia yang turun dengan mayoritas lapis kedua harus tamenakui kehebatan Malaysia dengan skor 0-1.

Gol Malaysia di ciptakan oleh Ibrahim Syahrul Azwari pada menit ke-17. Kekalahan ini membuat Indonesia berada pada urutan ke -2 di Group alias runner-up dan akan melawan Vietnam pada pertandingan Semifinal nanti yang akan berlangsung  2 hari lagi.


Berikut jalannya pertandingan.

Babal 1 Indonesia vs Malaysia

Diawal pertandingan, pertahanan Indonesia yang diisi oleh sebagian besar pemain baru sempat beberapa kali keteteran. Di lima menit pertama dua kali pressing ketat dan kecepatan bermain tim tamu membuat kotak penalti tuan rumah berantakan.

Menit ketiga Malaysia sempat mengancam gawang Andritani lewat sepakan sang kapten kesebelasan Badrrol. Beruntung arahnya masih tepat dipelukan kiper Indonesia. Dua menit berselang kembali bola liar menghampiri kotak penalti setelah kesalahan pada lini pertahanan 'Merah-Putih', namun penyelesaian akhir Ramlam Izzaq Faris masih belum menemui sasaran.

Indonesia dikejutkan lewat sebuah gol cepat pada menit-17. Hilangnya konsentrasi lini pertahanan 'Garuda Muda' membuat Stadion Utama Gelora Bung Karno terhenyak.

Berawal dari umpan panjang dari lini belakang, Wan Zakaria Wan Zaharul sukses mencuri ruang di sisi kanan Indonesia dan melepaskan tendangan akurat untuk menaklukan kiper Andritany.

Meski sering memegang kendali bola, Indonesia selalu kehilangan bola dengan mudah, baik itu dari salah passing atau salah komunikasi.

Setelah dua puluh lima menit penyerangan Indonesia berjalan lebih baik, Ferdinand Sinaga dan Titus Bonai mulai membuka pertahanan Malaysia meski belum ada tembakan ke gawang yang menyulitkan Khairul Fahmi.

Babak ke-2 Indonesia vs Malaysia

Respon positif dari tim Garuda Muda seusai masa istirahat. Tekanan yang dimainkan Indonesia lebih menggigit. Di menit ke-51, Ferdinan Sinaga membahayakan gawang Malaysia. Sayang peluang itu terbuang ketika menerima umpan silang Titus Bonai tanpa kawalan di dalam kotak penalti lawan.

Satu lagi peluang dimiliki Indonesia memasuki menit ke-54. Namun umpan terukur Ramdani Lestaluhu gagal dimaksimalkan Titus Bonai yang sepakannya melebar. Selang semenit kemudian, sundulan Lucas Mandowen memaksa Khairul Fahmi beraksi. Melihat momentum ini pelatih Rahmad Darmawan memasukkan Egi Melgiansyah guna lebih mempersolid lini tengah.

Pada menit ke-69, wasit Fahad Alkassar mengusir pelatih Malaysia Ong Kim Swee akibat protes keras terhadap aparat pertandingan. Tempo permainan sedikit mengendur memasuki seperempat jam terakhir dan coach RD memasukkan Octovianus Maniani menggantikan Lucas Mandowen. Octo yang baru masuk nyaris menyamakan kedudukan ketika sundulannya tak jauh di atas sasaran.

Indonesia terus menekan memasuki menit-menit akhir, tapi pada menit ke-83 serangan balik Malaysia cukup berbahaya. Beruntung Christiantoko Yericho mampu membuang bola dari hadapan Izzaq Faris. Pertahanan Malaysia tangguh dan hanya tendangan kaki kanan Ferdinan yang lemah yang mampu memberikan ancaman buat gawang tim Negeri Jiran.

Dengan hasil ini Indonesia di babak semifinal akan menghadapi Vietnam selaku juara Grup B. Sementara itu, Malaysia akan menghadapi Myanmar.(DIM)

Susunan pemain Indonesia vs Malaysia

Indonesia: Andritany Ardhiyasa; Seftia Hadi (Diego Michiels 50 (kk)), Christiantoko Yericho, Mahadirga Lasut (Egi Melgiansyah 62), Yongky Aribowo, Ramdani Lestaluhu (kk), Gunawan Dwi Cahyo, Lucas Mandowen (Octovianus Maniani 75), Ferdinan Sinaga (kk), Titus Bonai, Hendro Siswanto.

Malaysia: Khairul Fahmi; Jasuli Mahali, Mohd Shas Mohamad Fadhli, Omar Mohd Asraruddin, Fazail Mohd Irfan (G Kandasamy Gurusamy 59), Bahktiar Baddrol (kk), Ramlan Izzaq Faris (kk), Othman Mohamad Fandi, Wan Zakaria Wan Zaharul (Ibrahim Syahrul Azwari 13), Mansor Muhd Nazmi Faiz (Saarani Ahmad Fakri 78), Ahmad Mohamad Muslim.