Jelang Pertandingan Indonesia vs Malaysia di SEA Games 2011

Jelang Pertandingan Indonesia vs Malaysia di SEA Games 2011 – Pertandingan nanti malam antara Indonesia vs Malaysia dalam ajang SEA Games 2011 merupakan sebuah dilema bagi timnas Indonesia sendiri.

Satu sisi timnas U-23 di tuntut menang karena Malaysia adalah musuh bebuyutan, sementara di sisi yang lain timnas Indonesia juga harus memikirkan pertandingan semifinal yang jadwalnya hanya 2 hari dari pertandingan Indonesia vs Malaysia. Seperti kita tahu, timnas Indonesia sudah pasti lolos ke babak semifinal.

Walaupun begitu Rahmad Darmawan (RD) selaku pelatih timnas Indonesia U-23 mengisyaratkan timnya tetap mengincar kemenangan, terlepas dari bobot pertandingan yang akan dihadapi.

“Sama pentingnya buat kita karena menilai penting atau tidaknya sebuah pertandingan akan berpengaruh tidak baik untuk mental pemain, juga seluruh tim. Untuk itu kita menyamaratakan. Saya inginkan pemain untuk menang, itu dulu. Soal hasil belum kita pikirkan. Itu artinya, pemain harus berusaha sekuat tenaga untuk meraih kemenangan,” jelasnya.

Dalam menghadapi Malaysia nanti, RD akan merotasi 5 pemainnya. Hal ini di lakukan untuk menjaga kebugaran tim dalam menjalani pertandingan semifinal nanti dan juga mencegah beberapa pemain dari kartu kuning kedua .

Soal siapa saja yang dirotasi, RD enggan untuk memberi bocorannya, namun kemungkinan Okto dan Wanggai akan di simpan oleh RD, pasalnya keduanya sudah mengantongi satu kartu kuning.

Yang harus jadi perhatian khusus tim tuan rumah adalah kuatnya pertahanan Malaysia. Kuarter Mahali Jasuli, Mohd Fadhli Mohd Shas, Mohd Asraruddin Putra Omra, dan Mohd Fandi Othman sangat sulit ditembus oleh tim lawan, dan ditunjang postur yang baik.

Kekuatan anak asuh Ong Kim Swee yang lain adalah mulai padunya lini tengah dan depan. Sang kapten Baddrol Bakhtiar tetap jadi motor serangan. Ini akan jadi ujian untuk pertahanan Indonesia yang berkembang cukup lambat, ketika harus keteteran pada babak kedua.

Selalu Down to Earth
Prestasi timnas U-23 di SEA Games 2011 di bilang sangat impresif, tidak heran jika masyarakat sangat memuji penampilan para pemain muda tersebut. Namun RD selalu mengingatkan para pemain untuk tidak puas dan terbuai sanjunga dan pujian dari supporter.

“Saya selalu mengingatkan pemain untuk tetap down to earth, jangan pernah merasa kita sudah di atas, jangan sombong. Itu akan terus kita ingatkan kepada pemain.”

”Bahkan ketika beberapa media ingin wawancara dengan mereka tentu akan kita berikan tapi dengan batasan-batasan waktu. Karena saya sangat paham dengan kondisi ini,” tutup pelatih kelahiran Lampung tersebut.


History Indonesia vs Malaysia di SEA Games

1991: Indonesia 2-0 Malaysia
1995: Indonesia 3-0 Malaysia
1997: Indonesia 4-0 Malaysia
1999: Malaysia 0-6 Indonesia
2001: Malaysia 2-1 Indonesia

Prediksi Formasi dan Susunan Pemain Timnas U-23
Formasi: 4-4-2 (bisa di kreasikan menjadi 4-3-3)
Susunan Pemain:
Ø      Kiper: Kurnia Mega
Ø      Bek: Abdul Rahman, Diego Michiels, Hendro Siswanto, Hasim Kipuw
Ø      Gelandang: Egi Melgiansyah, Ferdinand, Mahardiga Lasut, Ramdani Lestaluhu
Ø      Penyerang: Titus Bonai, Yongki Ariwibowo

Prediksi Skor Indonesia vs Malaysia
Prediksi skor akhir Indonesia vs Malaysia yaitu 2-1

Beberapa Catatan Hasil Pertandingan Indonesia vs Malaysia
-         Indonesia akan menjadi juara grup jika tidak kalah dari Malaysia.
-         Malaysia akan menjuarai grup jika mengalahkan Indonesia.
-         Malaysia akan melangkah ke semifinal jika mereka imbang dengan Indonesia.
-      Singapura akan melaju ke semifinal jika bisa menang atas Thailand dan Indonesia mengalahkan Malaysia lebih dari 2-0.

Siaran langsung Indonesia vs Malaysia 17 November 2011 akan di siarkan langsung oleh RCTI pukul 19.00.