Kalah Dari Malaysia, Indonesia Pulang Membawa Perak

Kalah Dari Malaysia, Indonesia Pulang Membawa Perak – Harapan seluruh masyarakat Indonesia untuk dapat meilhat timnas sepakbolanya meraih emas di SEA Games 2011 pupus sudah, setelah Indonesia kalah dari Malaysia pada babak drama adu pinalti dengan skor 3-4.

Pertandingan Final SEA Games 2011 Indonesia vs Malaysia sempat menjalani perpanjangan waktu 2x45, namun karena tidak mendapatkan pemenang, pertandingan di lanjutkan dengan adu pinalti.

Dalam babak adu pinalti 2 pemain timnas kita yaitu Ferdinand Sinaga dan Gunawan gagal menjalankan tugasnya, sedangkan dari timnas Malaysia hanya satu yang gagal.

Sebenarnya Indonesia unggul terlebih dahulu pada babak pertama melalui sundulan Gunawan Dwi Cahyo pada menit ke-4, namun pada menit ke-35 Malaysia mampu menyamakan kedudukan. Gol Malaysia dibuat oleh Asraruddin melalui sundulan kepala.

Kedudukan 1-1 masih terus berlangsung sampai babak pertama selesai.


Di awal babak kedua, Malaysia lebih menguasai jalannya pertandingan. Menit ke-53, Malaysia nyaris mencetak gol kedua. Kembali melalui skema serangan balik membuat Fakri berdiri bebas di kotak penalti. Skor tidak berubah karena sepakannya masih mampu diamankan oleh Kurnia Meiga.

Koordinasi pertahanan yang buruk antara Abdulrahman dan Gunawan nyaris berakibat fatal. Bola berhasil ditendang oleh Irfan namun masih terlalu lemah.

Menit ke-60, giliran Indonesia yang menekan. Umpan silang mendatar dari Titus Bonai dari sayap kanan berhasil dikontrol dengan dada oleh Patrich Wanggai. Namun, kontrol wanggai kurang sempurna dan bola dihalau oleh Fakhmi.

Malaysia mendapat tendangan bebas di luar kotak penalti di menit ke-83. Tendangan keras kapten Malaysia itu mampu ditepis dengan baik oleh Kurnia Meiga.

Skor 1-1 tidak berubah hingga pertandingan berakhir dan akan dilanjutkan ke babak perpanjangan wktu 2x15 menit.

Susunan pemain:

Indonesia: Kurnia Meiga - Mahardiga Lasut (Hendro Siswanto 70') - Egi Melgiansyah* - Oktovianus Maniani - Gunawan Dwi Cahyo* - Hasim Kipuw - Andik Vermansyah (*Ferdinand Sinaga 65') - Diego Michels - Titus Bonai* - Patrich Wanggai - Abdul Rahman*

* 5 penendang pertama pada babak adu pinalti

 Malaysia: Khairul Fahmi - Jasuli Mahali - Mohd Zubir - Mohamad Fadhli - Asraruddin - Mohd Irfan - Thamil Arasu (Yong Kuong Yong 80') - Bakhtiar Baddrol - Kandasamy Gurusamy (Faiz Mansor 77') - Ahmad Fakri - Mohamad Muslim