Sea Games 2011: Timnas U-23 Lolos ke Semifinal

Sea Games 2011: Timnas U-23 Lolos ke Semifinal – Garuda muda alias timnas U-23 akhirnya berhasil lolos ke babak semifinal setelah pada pertandingan lanjutan Sea Games 2011 melawan Thailand, Indonesia menang dengan skor 3-1.

Gol Indonesia di ciptakan oleh Titus Bonai di menit ke-34, Patrick Wangai di menit ke-61 dan Ferdinand Sinaga pada masa injury time babak kedua, sedangkan Thailand hanya mampu membalas lewat tendangan penalti Ronnachai Rangsiyo di menit 50.

Hasil ini juga otomatis menutup peluang Negeri Gajah Putih ini lolos ke semifinal, sebuah sejarah buruk bagi Thailand yang selama ini hampir selalu tampil pada babak puncak.

Babak 1 Indonesia vs Thailand

Seperti dua laga sebelumnya, Indonesia langsung tampil menyerang. Namun kali ini serangan berfokus pada umpan-umpan daerah ke sayap pertahanan, dimana sudah menunggu Andik Vermansyah dan Oktovianus Maniani. Mereka didukung bek sayap yang tak kalah cepat, seperti Hasyim Kipuw maupun Diego Michiels.

Thailand yang bermain dengan 10 orang sejak menit ke-12 karena bek kiri mereka Theeraton Bunmathan mendapat kartu kuning kedua setelah mengganjal Titus Bonai di luar kotak penalti, di awal pertandingan mampu mengimbangi permainan Garuda Muda. Unggul jumlah pemain membuat, Indonesia mampu mendominasi pertandingan di 45 menit pertama.

Indonesia mendapat peluang di menit ke-17 ketika Diego Michels mampu menyundul bola hasil tendangan sudut, sayang bola masih dapat ditepis kiper Thailand Komkrit Cumsokcheak.

Menit ke-18, Thailand mengancam gawang Indonesia. Berawal dari serangan balik, Sarach melepaskan tendangan jarak jauh ke sudut kiri atas gawang Indonesia. Kurnia Meiga dengan tangkas menepisnya.

Indonesia mampu memecah kebuntuan ketika akselerasi Hasim Kipuw yang langsung mengirim umpan silang dari sisi kanan pertahanan Thailand dan disambut dengan tandukkan Tibo di menit ke-34 yang membawa Merah Putih unggul 1-0.

Indonesia sesungguh mendapat satu lagi peluang emas di menit 39, sayang Andik Vermansyah kurang tenang setelah mendapat umpan dari Tibo sehingga bola melambung di atas mistar gawang. Hingga wasit meniup peluit panjang tanda babak pertama berakhir, belum ada lagi gol yang tercipta.


Babak ke-2 Indonesia vs Thailand

Thailand yang berada dalam posisi tertinggal mencoba mengambil inisiatif serangan sejak babak kedua dimulai. Thammroddodpon yang sering membongkar pertahanan Timnas U-23 terpaksa harus diganjal Egi Melgiansyah di menit ke-50 di kotak terlarang sehingga Thailand dihadiahkan penalti.

Kapten Ronnachai Rangsiyo yang menjadi algojo sukses menaklukkan kiper Kurnia Meiga sehingga membuat kedudukan menjadi 1-1.

Setelah gol itu, para pemain Indonesia tampak terlecut untuk kembali memimpin. Serangan terus dilancarkan para pemain Garuda Muda hingga pada menit ke-61, tendangan sudut Egi membuat kemelut di depan gawang Thailand mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Patrick Wanggai melalui sundulan kepalanya sehingga membawa Indonesia kembali unggul 2-1.

Thailand harus bermain dengan sembilan orang ketika Ekkasit Chaobut dikartu merah wasit karena menerjang secara kasar Andik di menit ke-75. Unggul dua pemain, tim asuhan Rahmad Darmawan ini mencoba mencetak gol kembali, kendati Tim Gajah Putih terus mencoba mengimbangi permainan Gunawan Dwi Cahyo cs.

Indonesia mampu memperbesar keunggulan di masa injury time saat Patrick Wanggai dengan jeli memberi umpan kepada pemain pengganti Ferdinand Sinaga yang tak terkawal. Ferdinand dengan sempurna mampu mengecoh kiper Thailand dan membuat kedudukan menjadi 3-1.

Gol dari Ferdinand menjadi gol terakhir dalam pertandingan ini, hasil ini juga memastikan Thailand tak bisa lolos ke babak semifinal karena telah mengantongi dua kekalahan.

Susunan Pemain Indonesia vs Thailand

Indonesia: Kunia Meiga, Egi Melgiansyah, Octovianus Maniani (Ferdinan Sinaga), Gunawan Dwi Cahyo (Mahardiga Lasut), Hasim Kipuw , Andik Vermansyah (Lucas Mandowen) , Diego Michiels , Titus Bonai, Hendro Siswanto, Patrich Wanggai , Abdul Rahman

Thailand: Seeket madputeh (3), Sarach Yooyen (8), Ronnachai Rangsiyo (9), Isarapong Lilakorn (11), Kroekrit Thawikan (12), Natarid Thammroddodpon (14), Theeraton Bunmathan (15), Sutjarit Jantakol (16), Pokklaw A-Nan (17), Ukrit Wongmeena (18), Komkrit Cumsokcheak (20)