Vietnam Kalah, Indonesia Tanding Ulang Dengan Malaysia di Final

Vietnam Kalah, Indonesia Tanding Ulang Dengan Malaysia di Final – Luar biasa, mungkin itu yang bisa menggambarkan pertandingan semifinal SEA Games 2011 Indonesia vs Vietnam, main saling ngotot dan saling tempur mewarnai tiap detik pertandingan.

Namun begitu Indonesia akhirnya bisa memenangkan pertandingan tersebut dengan skor 2-0. Gol Indonesia di ciptakan oleh duo papua yaitu Wanggai pada menit ke -69 dan Tibo pada menit ke-75.

Kemenangan ini membawa Indonesia melaju ke babak Final SEA Games 2011 di mana akan kembali meladeni permainan Malaysia. Final SEA Games akan di selenggarakan pada tanggal 21 November 2011.



Jalannya pertandingan semifinal SEA Games 2011 Indonesia vs Vietnam

Babak 1
Sejak peluit babak pertama dibunyikan, Indonesia tampil dominan dengan menguasai jalannya pertandingan. Dua sayap Indonesia Okto  Maniani dan Andik Vermansyah tampil impresif untuk merepotkan barisan pertahanan Vietnam. Permainan keras sendiri diterapkan Vietnam untuk membendung derasnya serangan Indonesia.

Peluang emas tercipta beberapa kali lewat aksi dan pergerakan duet maut Indonesia  Titus Bonai dan Patrich Wanggai. Peluang emas datang di menit ke-18. Umpan silang Hasim Kipuw menemui Okto Maniani di tiang jauh. Pemain mungil itu mampu melepaskan tendangan ke gawang Vietnam. Namun, kiper Vietnam mampu menepis bola dengan kakinya.

Satu menit berselang, giliran tendangan bebas Egi yang masih mampu diamankan kiper Vietnam meski bola sempat membentur salah satu pemain mereka. Menit ke-24, kembali kiper Vietnam menunjukkan aksinya. Tembakan keras Titus Bonai dari sisi sebelah kiri masih mampu ditepis.

Babak 2
Permainan cepat konsisten diperagakan anak-anak asuhan Rahmad Darmawan selepas jeda. Tiga menit babak kedua bergulir peluang emas menghampiri Titus Bonai setelah mencuri bola dari kaki pemain belakang lawan. Sayang sepakan penyerang Persipura itu melebar meski sudah berhadapan dengan penjaga gawang Vietnam.

Vietnam mulai menekan pertahanan Indonesia, namun pada menit ke-61 kebuntuan serangan tim Merah Putih berhasil dipecahkan. Tembakan bebas kaki kiri yang mendatar dari Patrich Wanggai gagal diantisipasi Tran Bu Ngoc. Gol  kelima Patrich Wanggai di SEA Games itu mambawa Indonesia memimpin 1-0.

Keadaan berbalik. Vietnam lebih intensif melancarkan serangan ke kubu pertahanan Indonesia. Akan tetapi, pada menit ke-75, Titus Bonai bisa mengancam melalui tendangan voli. Peluang tersebut digagalkan kiper, tapi satu menit sebelum waktu normal berakhir Tibo memastikan Indonesia melaju ke partai final setelah sepakannya yang membentur kaki bek lawan mengecoh Bu Ngoc.

Susunan pemain:

Indonesia: Kurnia Meiga, Gunawan Dwi Cahyo, Mahardiga Lasut, Egi Melgiansyah (Hendro Siswanto 80), Octovianus Maniani, Hasim Kipuw, Andik Vermansyah, Diego Michels, Titus Bonai, Patrich Wanggai (kk), Abdul Rahman.

Vietnam: Tran Bu Ngoc (kk); Au Van Hoan (Duong Than Hao , Ngo Hoang Thinh (kk) (Le Hoang Thien 69), Hoang Dinh Tung, Nguyen Trong Hoang, Le Van Thang, Nguyen Van Quyet, Chu Ngoc Anh, Truong Huynh Phu (kk), Pham Than Luong, Lam Anh Quang (kk).