Virus dan Malware di Android Meningkat

Virus dan Malware di Android MeningkatLaporan Reuter yang menyebutkan Andorid sebagai mobile OS yang paling sering di serang virus sepertinya benar, pasalnya 2 bulan belakangan ini pergerakan malware dan virus menunjukkan aktifitas yang sangat tinggi. Data ini didapat dari Juniper Global Threat Center berdasarkan riset yang mereka lakukan sejak Juli 2011.

Hal ini mungkin tidak lepas dari kepopuleran dan “keterbukaan” OS Android di dunia mobile. Kejadian yang sama juga pernah di alami Symbian, Symbian yang merupakan mobile OS utama untuk Nokia merupakan perpaduan yang paling banyak diminati konsumen sehingga malware pun ramai-ramai menyerang Nokia/Symbian.

Di bulan Oktober peningkatan malware di Andorid mencapai 110% dibanding penyebaran Android pada bulan-bulan sebelumnya. Angka itu merupakan peningkatan yang mencapai 171% dibanding bulan Juli.

Juniper bukan firma serupa yang mengatakan bahwa Android adalah ‘sumber malware’. Sebelumnya McAfee yang merupakan perusahaan pembuat sistem keamanan software ternama juga pernah menyebut bahwa mobile OS buatan Google itu telah menjadi target serangan malware dengan peningkatan mencapai 76%.

Nah untuk menghindari hal tersebut, pengguna disarankan untuk tidak sembarangan menginstal aplikasi. Ada baiknya diteliti terlebih dahulu dari mana program itu berasal dan akses apa saja yang diminta. Tapi jika ingin lebih mudah pengguna juga bisa menggunakan aplikasi keamanan dari pihak ketiga.

Berikut data Virus dan Malware di Android