Abraham Samad, Ketua KPK Yang Baru

Abraham Samad, Ketua KPK Yang Baru – Hari ini komisi III DPR melalui voting telah memilih pimpinan KPK yang baru untuk periode 2011-2015. Pimpinan korupsi tersebut antara lain Bambang Widjojanto, Abraham Samad, Adnan Pandu Praja, dan Zulkarnain.

Empat pimpinan baru itu akan menggantikan empat pimpinan saat ini, yakni Bibit S Riyanto, Chandra M Hamzah, M Jasin, dan Haryono Umar. Masa jabatan keempat pimpinan ini akan habis pada pertengahan Desember 2011.


Berdasarkan voting oleh 56 orang dari unsur pimpinan dan anggota komisi, Abraham  Samad mendapatkan mayoritas suara yaitu 43 suara, sedangkan yang lainnya Bambang Widjojanto (4 suara), Busyro Muqoddas (5 suara), Adnan Pandu Praja (1 suara), dan Zulkarnain (3 suara).

Dengan hasil ini secara otomatis Abraham Samad akan menggeser posisi Busyro Muqoddas selaku ketua KPK sebelumnya.

Terpilihnya Abraham Samad sebagai Ketua KPK memang di bilang sebagai sebuah sejarah, pasalnya di antara pemimpin KPK lainnya, Abraham Samad tergolong masih muda. Saat ini, ia berusia 45 tahun dan satu satnya calon yang berasal dari daerah. Dia lahir, besar, dan bekerja di Makassar, Sulawesi Selatan.


Berikut Profil Dr. Abraham Samad

Tempat dan Tanggal Lahir: Makassar, Sulsel 27 November 1966
Pendidikan :
-         S1 Hukum Univ Hasanuddin
-         S3 hukum Univ Hasanuddin
Aktivitas:
-         Tahun 2006 – sekarang: Advokat
-         Penggagas & koordinator ACC (Anti Corruption Comitte) di Sulsel