Cara Menambah Berat Badan yang Sehat

Cara Menambah Berat Badan yang Sehat – Memiliki badan yang proporsional merupakan idaman semua orang. Bagi anda yang mempunyai berat badan kurang dan ingin gemukin badan dengan cara yang sehat, tips ini mungkin bermanfaat untuk anda.


Berikut Cara Gemukin Badan yang Sehat

Pilihan makanan
Makan lebih banyak produk susu, telur, ikan, dan daging. Tidak ketinggalan juga makanan berprotein tinggi seperti kacang-kacangan dan makanan yang kaya pati seperti kentang, nasi, dan ubi kayu.

Jangan lupa juga dengan sayuran. Mineral yang ada di sayuran akan membantu tubuh dalam proses penyerapan protein. Sehingga meningkatkan PER (protein efficiency ratio). Bila keduanya dikombinasikan dalam menu makanan akan membantu tubuh memiliki cukup banyak protein untuk membangun sel-sel tubuh.

Ngemil lebih sering
Pilih makanan tinggi kalori tapi bukan junk food, seperti stik keju, milk shakes, muffin, buah-buahan kering, yoghurt, dan camilan batangan.

Tingkat Porsi Makan
Jangan lupa untuk meningkatkan jumlah porsi dan makan setidaknya lima kali dalam sehari. Anda memerlukan 500 kalori ekstra per hari, agar berat badan bisa naik sekitar setengah kilogram seminggu.

Jika anda termasuk orang yang sulit makan, anda bisa gunakan Sari Kurma untuk meningkatkan nafsu makan anda.

Minuman bernutrisi
Jumlah cairan juga berpengaruh pada proses penggemukan badan. Namun hindari terlalu banyak konsumsi minuman energi karena biasanya mengandung banyak garam serta gula. Minumlah air putih, susu atau jus buah segar. Jika anda ingin tahu lebih dalam mengenai manfaat jus bisa lihat di Buku Jus Untuk Kesehatan.

Atau anda bisa konsumsi jenis minuman berikut ini:

1.      Minuman berprotein (Protein Shake)
Meskipun minuman berprotein bukan yang paling direkomendasikan untuk penambahan berat badan, tetapi bisa berguna sebagai tambahan makanan padat untuk mewujudkan tujuan tersebut. Caranya adalah dengan menambahkan susu skim yang kaya akan protein ke minuman Anda dengan mengikuti petunjuk pada label.

2.      Minuman berkarbohidrat
Minuman tinggi karbohidrat dianggap ideal untuk meningkatkan berat badan dan massa otot. Anda perlu berkonsultasi kepada ahli gizi terlebih dahulu sebelum mengambil minuman berkarbohidrat karena beberapa diketahui dapat membahayakan kesehatan.

Keuntungan dari minuman ini adalah karena memberikan energi dosis tinggi yang mendukung aktivitas fisik yang tinggi untuk membangun otot. Tambahkan pisang dan susu ke dalam minuman berkarbohidrat dan nikmatilah sebagai susu kocok. Anda dapat menambahkan buah-buahan lainnya seperti jeruk.

3.      Jus Sayuran
Jus bukan hanya dapat dinikmati sebagai minuman diet penurunan berat badan saja, tetapi juga dapat membantu meningkatkan berat badan. Jus murni dari buah atau sayuran dapat Anda nikmati ketika sedang beristirahat untuk memenuhi asupan vitamin yang juga baik untuk upaya peningkatan berat badan.

Olahraga
Pilih olahraga yang mampu meningkatkan massa otot secara efektif. Fokus pada latihan angkat beban (tidak menggunakan mesin). Jika Anda memiliki sistem metabolisme cukup tinggi – yang berarti Anda membakar lebih banyak energi, maka Anda hanya perlu olahraga sebentar saja.

Berikut jenis olahraga untuk menambah berat badan

1.      Angkat beban
Salah satu cara untuk menaikkan berat badan adalah dengan melakukan olahraga angka beban seperti barbel dan angkat besi. Olahraga ini bisa membantu Anda membangun massa otot. Anda bisa mencoba posisi squats, bench press, chin ups dan bent over.

2.      Push up
Push up dapat membantu Anda untuk fokus pada otot bagian atas yang lebih besar. Metode ini dapat diadopsi untuk menaikkan berat badan didukung dengan pola makan yang sehat.

3.      Latihan anaerobik
Untuk menaikkan berat badan dengan sehat, latihan anaerobik adalah yang terbaik untuk tubuh Anda. Dalam latihan aerobik, Anda berjalan, jogging dan bersepeda untuk menurunkan berat badan. Tapi sebaliknya, pada anaerobik Anda justru dapat menaikkan berat badan.

Untuk detailnya anda bisa download Tips Meningkatkan Massa Otot.

Istirahat Cukup
Agar nutrisi bisa masuk ke tubuh anda secara maksimal, istirahatlah yang cukup.

Hindari Stress
Hindari pikiran anda dari stress atau beban yang menguras banyak energi dari tubuh anda.

Jangan Terlalu Memaksa Diri
Walaupun mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalori merupakan anjuran banyak ahli, tapi anda tidak boleh terlalu memaksa diri untuk memakannya. Orang yang ingin menambah berat badan dianjurkan untuk mengkonsumsi sedikitnya 300 sampai 500 kalori setiap hari. Jika anda termasuk orang yang tidak hobi makan, anda bisa memasukan makanan tinggi kalori pada menu harian anda. Intinya, anda sendiri yang mengatur diet sesuai dengan kehendak dan kesukaan anda. Hal ini terutama untuk membuat anda lebih disiplin dalam menjalankan diet.

Konsisten
Awalnya mungkin sulit mengubah kebiasaan seperti poin-poin di atas, tapi dalam beberapa bulan usaha ini dapat membuahkan hasil.

Herbal Untuk Gemukin Badan
Anda juga bisa mengkonsumsi Herbal Penggemuk Badan untuk membantu menaikkan berat badan anda. Herbal Penggemuk Badan bisa digunakan untuk lelaki maupun wanita. Untuk jelasnya anda bisa melihat langsung Herbal Penggemuk Badan.