Cara Meringankan Beban Cicilan Rumah

Cara Meringankan Beban Cicilan Rumah – Walaupun krisis di negara Eropa belum banyak mempengaruhi Indonesia, namun bagi anda yang sedang mencicil rumah harus benar benar bisa mengakalinya, agar keuangan anda tidak terkuras hanya untuk membayar cicilan rumah.

Salah satu cara meringankan beban cicilan rumah adalah dengan memaksimalkan potensi rumah anda tersebut. Bagaimana caranya ?


Berikut Cara Meringankan Beban Cicilan Rumah

1.      Sewakan sebagian rumah anda
Jika anda punya ekstra kamar atau sebagian rumah yang tidak digunakan, sebaiknya disewakan saja. Dengan begitu, anda bisa mendapatkan uang lebih untuk membayar cicilan. Sebelumnya, anda harus yakin dulu sudah siap untuk menjadi induk semang sekaligus tetangga serumah.

Pastikan juga kalau rencana anda tidak melanggar hukum, karena ada beberapa lokasi yang tidak memperbolehkan penyewaan rumah ataupun properti lainnya. Pertimbangkan juga adanya gangguan kecil dari si penyewa, seperti suara-suara atau pun orang yang hilir mudik.

Akan lebih baik jika si penyewa adalah orang yang anda kenal dengan baik, atau mungkin saja masih kerabat sehingga ada sedikit rasa nyaman. Memang ini bukan pilihan yang terbaik tapi setidaknya bisa membantu pemasukan tambahan.

2.      Sewakan gudang atau lahan kosong
Jika anda tidak punya ruangan lebih di dalam rumah yang bisa disewakan, anda bisa menyewakan gudang kecil atau bahkan lahan kosong di halaman rumah. Banyak sekali orang yang tidak punya garasi bersedia membayar lahan parkir untuk menyimpan mobilnya.

Jika anda punya lahan, garasi atau gudang yang kosong, anda bisa menyulapnya menjadi tempat penyimpanan mobil. Tinggal sediakan gembok yang aman, maka uang akan mulai mengalir ke dompet anda.

Supaya lebih aman, anda bisa mengajukan asuransi untuk untuk rencana ini. Sehingga, jika terjadi sesuatu terhadap barang titipan tersebut, anda tidak akan tekor membayar ganti rugi.

3.      Hidupkan dapur anda
Salah satu cara yang lazim dilakukan adalah mencari tambahan lewat dapur. Jika anda terbiasa memasak atau membuat kue, anda bisa menawarkan kreasi makanan anda untuk penghasilan tambahan. Tidak perlu terlalu serius, tahap awal anda bisa menerima order katering kecil-kecilan saja untuk dua atau tiga menu.

Tak perlu khawatir jika tidak punya orang atau waktu untuk mengirim makanan tersebut. Anda bisa meminta si pembeli untuk mengambil makanan tersebut di rumah anda. Cara lain adalah membuka warung makan kecil di depan rumah. Tinggal menyiapkan beberapa meja dan tempat duduk, anda sudah siap melayani pelanggan.

4.      Bercocok tanam
Punya lahan kosong yang menganggur bisa menyedot biaya cukup tinggi. Kenapa tidak anda mencoba untuk bercocok tanam di lahan tersebut. Tanam apa saja yang tidak butuh waktu lama untuk panen. Sehingga setiap beberapa bulan sekali anda bisa menjual hasil panen ke pasar terdekat.

Alangkah bagusnya jika anda bisa menanam sesuatu yang tidak dijual oleh pasar terdekat. Sehingga, anda sudah punya calon pembeli yang potensial. Ada baiknya lakukan survey terlebih dahulu mengenai jenis tanaman yang cocok dengan lingkungan anda.

5.      Sewakan lahan untuk dicocok tanam
Jika anda tidak gemar bercocok tanam tetapi masih ingin memanfaatkan lahan kosong tersebut, anda bisa mempertimbangkan untuk menyewakan lahan tersebut kepada orang lain yang lebih ahli. Sistem pembayarannya berbeda-beda, tergantung kesepakatan antara anda dan pihak penyewa.

Salah satu yang paling sering dilakukan adalah sistem bagi hasil dari penjualan panen, dengan porsi pembagian sesuai kesepakatan. Tapi, jika anda ingin pemasukan yang rutin, bisa saja anda menentukan pembayaran yang tetap per bulan kepada si penyewa.

Jika cara diatas tidak mampu meringankan beban cicilan rumah anda, maka anda harus mencarai jalan lain. Bagi anda yang ingin membeli rumah ada baiknya melihat video Cara Mendapatkan Rumah Murah