Chrome Akhirnya Mengalahkan Mozilla Firefox

Chrome Akhirnya Mengalahkan Mozilla Firefox – Browser besutan Google, Chrome akhirnya bisa mengalahkan Mozilla Firefox. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh StatCounter, Chrome berhasil menduduki posisi ke-2 setelah Internet Explorer.

Upaya Firefox yang giat mengupdate browsernya belakangan ini sepertinya tidak cukup untuk menghadang pergerakan Google Chrome. Berikut data StatCounter.


Seperti yang kita lihat dari grafuk tersebut, Chrome sanggup meraih 25,69 persen pangsa pasar browser dunia, naik drastis dari hanya 4,66 persen pada November 2009 lalu. Firefox yang terdepak ke posisi tiga angka, yang sebenarnya raihannya hanya terpaut sedikit dari Chrome, yaitu sebesar 25,23 persen. Sedangkan, sang jawara Internet Explorer masih perkasa dengan raihan pangsa pasar sebesar 40,63 persen.

StatCounter menyebutkan metode riset web browser yang mereka lakukan adalah dengan memantau kuantitas penggunaan browser yang digunakan untuk mengakses web, bukan dari jumlah download-nya. Yang berarti, Chrome tak hanya lebih banyak di-download oleh pengguna tetapi juga lebih sering digunakan untuk mengakses web, dibanding Firefox.

Mendekatnya Chrome ke Internet Explorer mensahihkan persaingan antara Google dan Microsoft di industri teknologi informasi dunia. Selain bersaing di ranah mesin pencari, mereka berdua juga bersaing di segala bidang, misalnya di ranah sistem operasi di mobile.