Ciri Komputer Yang Terkena Malware Dorkbot.Bx

Ciri Komputer Yang Terkena Malware Dorkbot.Bx – Baru baru ini sebuah varian malware baru terdeteksi. Malware tersebut bernama DorkBot.Bx. Vaksincom memberikan penjelasan mengenai cirri ciri komputer yang terinfeksi Malware Dorkbot.Bx.



Berikut Ciri Komputer Yang Terkena Malware Dorkbot.Bx

1.      CPU 100%
Sama seperti pendahulunya (BitCoinMiner), DorkBot.Bx juga akan membuat CPU menjadi lamban. Penggunaan CPU menunjukkan persentase 100%. Ini karena aktivitas dari trojan yang berusaha menembus kriptografi blok BitCoin dan mencoba aktif terus untuk melakukan pengiriman data.

2.      Boros bandwith
Dengan seringnya melakukan aktivitas kriptografi yang menggunakan sumber daya dari komputer, tentunya akan membuat penggunaan CPU menjadi lambat (100%). Tetapi di balik itu perlu diperhatikan dari aktivitas penggunaan bandwith internet, karena akibat dari trojan DorkBot.Bx justru membuat bandwith anda menjadi boros.

3.      Menyembunyikan folder pada drive USB atau removable disk
Sama seperti trojan BitCoinMiner, trojan DorkBot.Bx pun juga melakukan hal yang sama yaitu dengan menyembunyikan folder-folder pada USB atau removable disk dan membuat shortcut palsu yang mirip nama folder tersebut. Sepertinya tren shortcut juga menginspirasi trojan DorkBot.Bx

4.      Melakukan koneksi ke Server BitCoin
Trojan DorkBot.Bx berusaha melakukan koneksi ke Server BitCoin untuk melakukan pengiriman kriptografi blok-blok BitCoin menggunakan akun pembuat malware pada BitCoin. Dengan cara tersebut, pembuat malware diuntungkan karena dapat dengan cepat dan mudah melakukan kriptografi blok-blok BitCoin melalui bantuan komputer-komputer yang sudah terinfeksi.

5.      Melakukan koneksi ke IRC/Remote Server
Trojan DorkBot.Bx juga berusaha melakukan koneksi ke IRC/Remote Server untuk melakukan pengiriman informasi BitCoin pengguna komputer yang dibutuhkan oleh pembuat malware.

6.      Mendownload file malware
Agar mempermudah aksinya, trojan DorkBot.Bx juga melakukan download beberapa file malware tertentu dari IRC/Remote Server agar tetap terupdate dan tidak mudah dikenali oleh antivirus. File malware yang berbeda-beda inilah yang kadang membuat antivirus sulit mendeteksi keberadaan trojan DorkBot.Bx.

7.      Mendownload file Certificate Authority (CA)
Pada dasarnya, Certificate Authority (CA) digunakan pada transaksi pembayaran online seperti bank, PayPal, dan ribuan situs lain yang menggunakan protokol SSL. Dengan mendownload file CA, pembuat malware ingin memastikan bahwa komputer korban yang terinfeksi sudah memiliki CA yang terupdate sehingga dapat melakukan transaksi BitCoin dengan aman.

8.      Melakukan transfer data yang telah didapatkan
Tujuan utama dari trojan DorkBot.Bx adalah mendapatkan informasi dari pengguna komputer yang sudah terinfeksi.

9.      Membuka berbagai port
Trojan DorkBot.Bx juga membuka berbagai port pada komputer korban agar dapat dengan mudah terkoneksi oleh IRC/Remote Server, serta melakukan berbagai aksi dengan leluasa.

10.  Mengadopsi Facebook Chat
Metode ini yang mungkin paling sering ditemukan pengguna. DorkBot.Bx memberikan link URL yang telah diubah menjadi singkat, sehingga pengguna akan mudah tertipu. Jika link tersebut dibuka, maka pengguna akan mengunduh file yang menggunakan nama file dan icon yang cukup 'sexy'.

Ciri lainnya adalah memodifikasi registry dan membuat beberapa file agar menginfeksi komputer. Agar dapat langsung aktif saat pengguna menghubungkan USB atau removable drive, trojan DorkBot.Bx memanfaatkan celah keamanan Windows yaitu Windows Icon handler yang membuat file shortcut dari trojan akan aktif begitu mengakses drive tersebut.