Ini Dia “Jenderal Muda” Kim Jong Eun Pengganti Kim Jong-il

Ini Dia “Jenderal Muda” Kim Jong Eun Pengganti Kim Jong-il – Pemimpin Korea Utara Kim Jong-il dikabarkan meninggal dunia pada 17 Desember di dalam sebuah kereta, kabar ini disampaikan melalui TV lokal Korut.

Menurut presenter TV Korut terseubt, Kim Jong-il meninggal dunia karena kondisi fisik dan kelelahan karena kerja. Sosok yang telah berkuasa selama 17 tahun ini meninggal pada usia 69 tahun.

Siapa pengganti Kim Jong-il ?.....

Dialah Kim Jong Eun, putra paling bungsu Jong-il dengan istri ketiganya, Ko Young-hee. Kim Jong Eun saat ini baru berusia 30-an, walaupun begitu dia sudah menjadi jenderal bintang empat.

Jong Eun pertama kali tampil ke publik pada September 2010. Pada 27 September, sehari menjelang Konferensi Partai Buruh Korea di Pyongyang, Jong Eun diangkat menjadi 'Daejang' atau setara jenderal bintang empat, kendati Jong Eun tak memiliki pengalaman militer. Kemudian sehari setelahnya, Jong Eun diangkat menjadi Wakil Ketua Komisi Militer Pusat, dan Pengurus Pusat Partai Buruh.


Jong Eun kemudian terlihat berjalan berdampingan dengan ayahnya, Kim Jong-il saat menghadiri perayaan ke-65 Partai Buruh. Hal ini diyakini publik bahwa Jong Eun-lah yang menjadi penerus Jong-il.

Pada bulan Mei 2011, Jong Eun juga dilaporkan melakukan kunjungan diplomatik ke negara tetangga sekutunya, China.

Kim Jong Eun yang lahir sekitar 1983-1984, dalam karakter China diterjemahkan sebagai 'awan yang adil' sementara media menyebutnya 'jenderal muda'. Jong Eun menjalani pendidikan di Sekolah Internasional Bern, Swiss sampai 1998. Tak heran Jong Eun menguasai bahasa Inggris dan Jerman.

Saat bersekolah di Swis, Jong Eun memakai nama samaran Pak Chol, yang mengaku anak dari seorang sopir dari Korut. Jong Eun dinilai sangat mirip dengan kakeknya, pendiri Korut, Kim Il-sung.