Ini Dia Pesawat Mata Mata AS Yang Jatuh di Iran

Ini Dia Pesawat Mata Mata AS Yang Jatuh di Iran – Video pesawat mata mata Amerika Serikat RQ-170 Sentinal yang berhasil di jatuhkan Iran kemarin dipublikasikan oleh sebuah televisi lokal Iran, Press TV.

Dalam video berdurasi dua menit ini, pejabat militer Iran tampak sedang memeriksa pesawat RQ-170 yang diklaim tertembak jatuh di Iran. Pesawat berwarna krem itu tampak utuh dan tidak rusak. Pesawat itu juga dipamerkan di bawah bendera Iran.

Pihak Iran mengatakan, militernya berhasil membajak pesawat itu secara elektronik ketika pesawat itu terbang di atas kota Kashmar. Tim dari "unit perang elektronik" itu kemudian mengendalikannya hingga mendarat pada 4 Desember lalu.

Brigadir Jenderal Amir-Ali Hajizadeh, kepala unit antariksa Garda Revolusi Iran, mengatakan kepada media Iran bahwa pesawat itu "masuk dalam perangkap"  unit antariksa "yang kemudian berhasil mendaratkannya dengan kerusakan minimum".

Hajizadeh menyatakan, Iran "menyadari betul informasi teknologi tak ternilai" yang bisa diperoleh dari pesawat itu.


Sementara itu, juru bicara Pentagon Kapten John Kirbi mengatakan, pihak militer AS masih menyelidiki rekaman video tersebut dan menolak untuk berkomentar. Kementerian Pertahanan AS juga tidak akan mengatakan, apakah pesawat yang ada di dalam video Iran itu merupakan pesawat milik AS.

Sebelumnya, pihak Pentagon mengatakan kekhawatiran mereka soal kemungkinan mengambil informasi tentang teknologi tersebut.