Pilih Canon atau Nikon

Pilih Canon atau Nikon – Bagi anda yang berkecimpung di dunia fotografi pasti sudah tidak ragu lagi akan eksistansi dari kedua perusahaan kamera digital ini, yaitu Canon dan Nikon. Keduanya sering dijadikan referensi untuk orang orang yang ingin membeli kamera digital baru baik DSL, DSLR atau kamera saku. Lalu, na yang lebih baik Canon atau Nikon.

Berdasarkan survey yang di gelar PC World pada 63 ribu pembacanya di dapat kalau masing masing mempunyai kelebihannya. Canon menciptakan kamera yang awet dan kualitas layar LCD yang mumpuni.

Di sisi lain, pemilik Nikon juga mengatakan bahwa mereka menyukai layar LCD miliknya. Pun dengan shutter speed dan kualitas gambar dihasilkan Nikon, mereka mengaku puas. Namun tak lantas kamera ini tidak memiliki kekurangan. Satu kelemahan yang diakui pemilik Nikon ialah bahwa kameranya diakui agak sulit dipakai.

Berikut hasil lengkap dari survey PC World mengenai Canon dan Nikon

-    Canon mengalahkan para pesaingnya dalam hal laporan kerusakan yang dialami pemilik kamera dalam kurun waktu lebih dari 3 tahun. Hanya 5,4% pemilik Canon yang melaporkan adanya masalah pada piranti mereka.

-     Kemenangan lain Canon ialah mengenai kepuasan konsumen. Sebanyak 89.5% pemilik kamera Canon mendeskripsikan diri mereka 'benar-benar puas' atau 'sangat puas' dengan kualitas gambar yang dilahirkan.

-    Bila ditilik dari parameter kemudahan penggunaan, para partisipan menilai Pentax dan Kodak sebagai kamera yang paling mudah dipakai. Sementara Fujifilm, Nikon, dan Olympus terseok dalam parameter ini.

-        Terhitung sejak tahun 2007, presentase mengenai kemudahan pemakaian kamera mengalami kemerosotan, dari 64% menjadi 58,6% di tahun 2011.

Seperti disebutkan sebelumnya, untuk urusan ketahanan piranti, Canon menjadi jawaranya, mengalahkan semua produk kamera lain. GE dan Panasonic turut membubuhkan hasil yang bagus dalam parameter ini. Hanya Fujifilm dan Kodak saja yang 'melempem'.

Kemudian Nikon menjadi pemenang dalam hal kepuasan konsumen soal fitur. Para pemilik kamera Nikon merasa antusias dengan penawaran yang diberikan produsen kamera Asal Jepang ini.

Soal fitur, meski Canon dan Panasonic mencetak rating yang bagus, mereka masih kalah dibanding Nikon.