Sosok Sondang, Pria yang Bakar Diri di Depan Istana

Sosok Sondang, Pria yang Bakar Diri di Depan Istana – Masih ingat dengan sesosok pria yang membakar dirinya di depan istana, dia itu adalah Sondang Hutagulung, seorang mahasiswa Universitas Bung Karno Jakarta. Sondang sering terlibat berbagai aksi damai.

Berikut profil Sondang:
-         Anak bungsu dari empat bersaudara
-         Mahasiswa Universitas Bung Karno Jakarta angkatan 2007 Fakultas Hukum
-         Mendapatkan beasiswa dan memiliki prestasi akademis, IPK nya di atas 3
-         Ketua Himpunan Aksi Mahasiswa Marhaenisme untuk Rakyat Indonesia (Hammurabi)
-         Pimpinan organisasi ‘Sahabat Munir’
-         Bertugas membuat konsep aksi teatrika sebuah demo, kadang kadang ikut bermain dalam aksi tersebut.


Staf divisi advokasi KontraS, Chrisbiantoro menjelaskan kalau timnya langsung meluncur ke RS setelah kejadian. Setelah melihat gigi, kaki dan sepatu yang masih menempel, KontraS yakin jika pria yang membakar dirinya itu adalah Sondang.

Chris juga mengatakan kalau sebelum kejadian, Sondang memang menitipkan handphone, dompet serta seluruh identitas ke kerabat sahabatnya. Ini yang menyebabkan polisi tidak menemukan satu pun kartu identitas Sondang.

Motif Sondamg Melakukan Aksi Bakar Diri

Sampai saat ini kepolisian belum menetahui motif Sondang dalam melakukan aksinya. "Secara kedokteran kehakiman kita belum berani mengatakan siapa dia, siapa sih dia, tujuannya apa ini masih ada proses kepastian dia apa motifnya belum tahu,"ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Untung Suharsono Rajab.

Hal yang sama juga di sampaikan Chris, ia mengaku tidak mengetahui alasan Sondang melakukan aksi tersebut.

Saat ini memang muncul beragam asumsi menyangkut motif dibalik aksi Sondang, dari kondisi masyarakat Indonesia yang “sakit” mengingat Sondang adalah aktifis, masalah sosial Sondang sendiri sampai keinginan Sondang menjadi aktifis yang di kenal.