Tips Agar Modem Awet

Tips Agar Modem Awet – Saat ini tersedia berbagai jenis merk modem, namun secara garis besar modem di masyarakat terbagi 2 jenis yaitu modem GSM dan modem CDMA, untuk mengetahui lebih detail tentabg keduanya bisa baca di Perbandingan Modem CDMA dan GSM. Balik lagi ke topik semula, bagaimana cara atau tips agar modem awet.


Berikut Tips Agar Modem Awet

1.    Pakailah modem apabila anda perlu,  berilah waktu istirahat buat modem anda karena pemakaian secara terus menerus akan menyebabkan sedikit demi sedikit komponennya aus.
2.  Jika memang anda harus online lebih dari 8 jam menggunakan modem, sebaiknya jangan langsung menghubungkan modem tersebut dengan laptop anda. Gunakan kabel data/penghubung, lalu gunakan pendingin di modem tersebut.


3.    Pastikan modem anda terpasang secara kuat pada komputer, karena kalau kendor akan mudah terlepas dari komputer anda.
4.      Jauhkan modem anda dari jangkauan anak kecil.
5.      Hindarkan modem dari benturan keras karena jatuh atau terbentur benda-benda yang keras.
6.      Berilah gantungan modem agar mudah untuk dibawa dan dipegang.
7.    Tutup modem sangatlah penting, jangan sampai kehilangan tutup modem. Jika perlu belilah modem dengan tutup yang tersegel dengan modemnya oleh tali.
8.    Jangan menyimpan modem anda disembarang tempat ( didekat air atau tempat yang lembap) simpanlah ditempat tertutup (seperti lemari).
9.   Untuk menghindari tamu yang tak diundang (maling/pencuri/rampok), jangan disimpan ditempat terbuka dan gampang terlihat dari jendela.
10.  Ini yang paling penting jangan sekali-kali anda mencabut modem dari komputer tanpa melakukan safety remove hardware, apalagi anda sedang melakukan download (“mengambil” data dari internet) maupun upload (“memasukkan” data ke internet).

Baca juga: Perbandingan Tarif Internet GSM dan CDMA