Tips Aman Naik Angkot Untuk Perempuan

Tips Aman Naik Angkot Untuk Perempuan – Walaupun sudah dilakukan razia kaca hitam dan memberlakukan aturan baju khusus supir angkot, namun tindakan asusila di angkot tetap saja terjadi. Sebagai penumpang, khususnya perempuan perlu waspada jika sering menggunakan transportasi tersebut.

Jika dilihat dengan sudut pandang yang luas, memang kejahatan di angkutan kota yang marak belakangan ini tidak lepas dari beberapa faktor baik dari sisi ekonomi hingga sosial dan itu semua tanggung jawab pemerintah.

Namun ada baiknya jika penumpang jika ikut andil dalam mengurangi tindakan kejahatan di dalam angkutan kota.


Berikut Tips Aman Naik Angkot Untuk Perempuan

§       Hindari memakai dan memperlihatkan barang berharga di depan umum, seperti perhiasan dan handphone.
§       Pakailah baju yang sopan dan tertutup.
§      Selektif dalam memilih angkutan kota (angkot), pilihlah angkot dengan kaca bening, sopir berseragam, ada ID Card, dan ada lampu penerangan di dalamnya.
§       Pastikan Anda mengetahui nomor trayek dan tujuannya.
§    Hindari tidur di dalam angkot, hindari menerima makanan atau minuman dari orang lain yang baru Anda kenal, dan tetap waspada terhadap penumpang lain apabila ada tanda-tanda mencurigakan, lebih baik Anda segera turun di tempat yang aman.
§   Selalu ingat, bila perlu disimpan dalam kotak handphone atau dicatat nomor-nomor penting yang bisa dihubungi pada saat darurat.
§       Lebih baik ada seorang teman yang mendampingi Anda saat naik angkot, khususnya pada malam hari..
§    Jika sudah merasa tidak beres dengan supir angkot nya, sebaiknya anda langsung minta turun atau teriak minta tolong, jika si supir tidak mau berhenti.
§       Jika penumpang mendapati kejadian/tindakan kejahatan (melanggar hukum/melakukan tindak pidana), segera melaporkan kepada kepolisian terdekat atau menghubungi TMC Polda Metro Jaya di nomor 021 5276001 dan SMS 1717.