Awas, Ada Bola Beton di Atas Kereta

Awas, Ada Bola Beton di Atas Kereta  - Setelah penyemprot dan palang “penampar”, kini PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) kembali mengeluarkan kebijakan baru untuk menertibkan para penumpang kereta yang ada di atap kereta, yaitu bola beton.

"Kami sedang memasang gawang (ada bola dari beton) yang digantung dengan rantai, dipasang di atas rel, sehingga kalau ada penumpang di atap akan terkena bola beton itu," kata Senior Manajer Sekurity Daops I PT KAI Akhmad Sujadi.

Kebijakan pemasangan bola beton ini rencananya akan di realisasikan di jalur non Kereta api Rel Listrik (KRL) Tambun-Cikampek. Untuk laju KRL masih belum bisa dilakukan pemasangan ini. Pasalnya, perlu persiapan khusus untuk lajur ini.

Saat ini pemasangan gawang dengan bola beton ini, masih dalam tahap pembentukkan dan ditarget dapat dioperasikan tiga hari mendatang.



Apakah akan berguna ?........

Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta, Tigor Nainggolan berpendapat, PT KAI semestinya tidak perlu melakukan tindakan tersebut. Alasannya, penumpang menaiki atap kereta karena desakan.

"Orang itu terpaksa naik ke atap,karena kondisi di dalam kereta itu padat. Mereka tidak akan naik apabila memang keadaan dalam kereta longgar," ucapnya.

Kata Tigor, penyelesaian masalah penumpang nekad ini harus dilakukan dengan mengevaluasi infrastruktur dan layanan yang diberikan PT KAI.

"Masalah kereta api itu adalah kenyamanan, ada beberapa yang harus diselesaikan pertama tidak ada kepastian jadwal pemberangkatan kereta api. Kedua, jumlah keretanya kurang. PT KAI seharusnya memperbaiki yang membuat penumpang nyaman," tutupnya