Cara Membersihkan Telinga yang Benar



Cara Membersihkan Telinga yang Benar – Banyak orang yang sering melupakan kebersihan telinga, padahal telinga yang kotor tidak hanya mengurangi daya pendengaran kita tapi juga akan membuat orang lain enggan untuk mendekati kita.



Berikut Cara Menjaga Kebersihan Telinga

1.   Gunakan kain lembab dan lap bagian luar telinga Anda. Hal ini lebih mudah untuk membersihkan telinga setelah mandi.

2.      Gunakan cotton bud hanya untuk daun telinga atau bagian luar lubang.

3.      Saat membersihkan, gunakan gerakan keluar, bukan ke dalam

4.  Jangan Dikorek. Kebiasaan mengorek bagian dalam telinga menggunakan cutton bud, alat pembersih dengan bahan keras, sama sekali tidak disarankan.

5.  Tak Perlu Terlalu Bersih. Tak selamanya bersih itu baik, apalagi untuk telinga Anda, seperti misalnya lapisan minyak atau serumen yang terdapat di sekitarnya. Walau lengket, serumen sebenarnya berfungsi untuk mengikat debu, bahkan serangga kecil yang mencoba masuk ke dalam telinga Anda.

6.      Hindari membersihkan telinga terlalu sering. Sebab, jika telinga terlalu sering dirangsang, kelenjar minyak pencegah masuknya kotoran dari luar, yang terletak di sepertiga bagian luar telinga yang berbulu, malah akan mengeluarkan minyak berlebihan.

7.   Perawatan Rutin. Cukup bersihkan telinga sekali seminggu. Jika merasa kotoran telinga terlalu banyak, sebaiknya minta bantuan dokter THT.

8.   Bijak Menggunakan Earphone dan Headphone. Dalam penelitian yang dilakukan oleh ahli akustik, Profesor Huggonet menemukan penemuan baru, bahwa terlalu sering menggunakan alat pendengar seperti earphone dan headphone dengan suara kencang berpotensi menyebabkan kesehatan telinga dan pendengaran terganggu.

9.    Kunyah Makanan Dengan Baik. Selain baik untuk kesehatan lambung dan sangat dianjurkan untuk Anda yang sedang berdiet, kegiatan mengunyah makanan hingga halus ternyata memberi dampak positif bagi kebersihan telinga. Saat mulut bergerak, secara otomatis telinga akan mendorong kotorannya keluar

Herbal untuk Kesehatan Telinga
Bagi anda yang mengalami gangguan pendengaran, anda bisa mencoba produk herbal berikut ini:

THM (Obat Luar)
THM mengandung berbagai unsur mineral alami yang - Insya Allah - amat mujarab untuk mengatasi bermacam-macam gangguan telinga, hidung dan mata.

Vigo Premium (Obat dalam)
Vigo Premium adalah paduan minyak vco dan minyak bawang putih yang berfungsi sebagai herbal anti kanker dan mencegah obesitas. Kandungan senyawa alisin dalam bawang putih berfungsisebagai antibiotik alami dan senyawa asam laurat berfungsi sebagai pembunuh virus, bakteri jamur dan kuman.