Cara Menghilangkan Bau Mulut


Cara Menghilangkan Bau Mulut – Apakah anda sedang mempunyai masalah bau mulut ?  Bau mulut memang masalah yang meyebalkan, apalagi jika orang lain sampai mengomentarinya, pasti anda akan minder, tidak pede lagi atau kehilangan muka. Bagaimana sebeanrnya cara menghilangkan bau mulut yang efektif?.

Nah disini akan dijelaskan secara lengkap mengenai bau mulut dari penyebabnya sampai cara mengatasinya. Nanti ada beberapa cara mengatasi bau mulut yang bisa anda gunakan atau praktekkan.

Ø      Cara Mengetahui Bau Mulut
Salah jika anda bernpas ke tangan anda untuk mengetahui bau mulut anda. Ketika bernapas, Anda tidak menggunakan tenggorokan Anda dengan cara yang sama saat Anda berbicara. Ketika berbicara, Anda cenderung membawa keluar bau dari bagian belakang mulut (di mana bau mulut berasal), yang tidak bisa diketahui hanya dengan bernapas.

Cara yang tepat untuk mengetahui bau mulut anda yaitu tekan jari yang bersih ke dalam mulut lalu usap air liur di belakang lidah. Diamkan beberapa saat lalu cium jari Anda

Ø      Penyebab bau mulut
Bau mulut bisa terjadi karena beberapa hal seperti:

·   Biasanya bau mulut diakibatkan karena kita kurang menjaga kebersihan gigi dan mulut kita.
·   Ada infeksi di rongga mulut, sariawan, gigi keropos atau berlubang, gusi bengkak, karang gigi atau calculus.
·   Tonsil/ amandel. lubang kecil di amandel kita yang disebut crypts, ternyata bisa menimbulakan bau mulut. Di lubang inilah sisa makanan dan kuman terselip yang akhirnya menimbulkan bau yang cukup menyengat.
·   Lidah meradang, bisa karena kurang vitamin, lidah tergigit, atau tumbuh kanker di sana.
·   Ada infeksi gusi, gusi gampang berdarah, demam, mulut banyak mengeluarkan liur dan badan lemah.
·   Kebiasaan buruk, seperti merokok atau minum kopi
·   Makanan dan minuman. Makanan dan minuman, tanpa kita sadari adalah menjadi faktor penentu bau mulut yang terjadi pada diri kita.
·   Gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan bisa mengakibatkan bau mulut. Gas yang timbul akibat dari proses pencernaan yang kurang baik di perut dan saluran pencernaan kita akan menimbulkan bau mulut yang kurang.
·   Penyebab lain seperti infeksi saluran napas, infeksi sinus kronis, diabetes, gangguan ginjal, lever, dan asam refluks kronis.
·   Kurang minum air dan mulut yang kering juga merupakan kontributor penyebab masalah bau mulut. Karena itulah, ketika bangun tidur di pagi hari bau mulut kita kurang sedap. Bau ini biasanya hilang setelah kita sikat gigi dan minum air.

Ø      Berikut Cara Menghilangkan Bau Mulut
· Menyikat Gigi. Bersikat gigilah dengan baik dan benar sedikitnya dua kali sehari selama 2-3 menitan, terutama setelah 30 menit sesudah makan dan tidur. Pastikan tidak ada sisa makan menyangkut di bagian gigi Anda. Jangan lupa mengganti sikat gigi setidaknya 3-4 bulan sekali.
·   Bersihkan lidah anda dengan sikat khusus lidah dan bersihkan juga bagian bawah lidah anda. Ingat bahwa lidah dan bagian bawah lidah adalah penyumbang terbesar masalah bau mulut,. Untuk mengoptimalkan pembersihan mulut, anda bisa memakai bahan tambahan seperti obat kumur.
·   Bersihkan juga langit-langit mulut anda, karena ternyata langit2 mulut anda merupakan salah tempat dimana bakteri penyebab bau mulut bersarang.
·   Kurangi makan-makanan yang menyengat seperti durian, petai, jengkol, bawang putih dan sebagainya.
·   Tambal gigi anda yang berlubang. Gigi yang berlubang adalah penyebab bau mulut yang akut, karena di gigi yang berlubang itulah sisa makanan bersarang yang tentunya akan dikerubuni oleh kuman-kuman yang menyebarkan bau mulut.
·   Proses pencernaan yang kurang sempurna akan mengakibatkan bau mulut. Makanlah yang secukupnya, kunyah yang lama dan jangan terlalu kenyang. Lancarkan buang air besar anda agar perut tidak penuh dan pencernaan menjadi lancar.
·   Rokok dan kopi bisa mengakibatkan bau mulut, kurangilah mengkonsumsi kedua benda tersebut, kalo perlu berhenti.
·   Anda bisa menghilangkan bau mulut dengan cara Gurah saluran pernafasan anda. Saluran pernafasan yang kotor ternyata bisa mengakibatkan bau mulut yang tidak sedap.
·   Perbanyak minum air putih. Air putih dipercaya mampu melarutkan zat-zat negatif dalam tubuh, termasuk menghilangkan zat yang mengakibatkan bau mulut.
·   Mengunyah permen karet bebas gula bisa membantu merangsang produksi saliva (air liur), terutama bagi mereka yang memiliki saliva yang kental.
·   Kurangi konsumsi makanan berlemak dan daging. Makanan berlemak akan membuat lambung anda cenderung aktif mengeluarkan zat asam yang akan menimbulkan bau gas yang jika keluar lewat mulut mengakibatkan bau naga yang dasyat.
·       Berkumur dengan campuran satu bagian hidrogen peroksida ke tiga bagian air hangat.
·     Minum teh hijau sesering mungkin. Teh hijau merupakan antioksidan yang dapat membersihkan rongga mulut dan membebaskannya dari bakteri.
·       Berkumur dengan campuran peppermint atau minyak esensial mint dengan 8 ons air hangat.



Ø      Bahan untuk mengatasi bau mulut
Lemon
Berkumur dengan secangkir kecil perasan lemon bisa menghilangkan bau mulut anda.
Yogurt tawar
Setelah berkumur dengan perasan lemon, anda bisa makan yogurt tawar yang mengandung bakteri lactobacillus. Selain menghilangkan bau mulut, bakteri jenis ini juga memiliki manfaat tambahan, yaitu dapat memelihara kesehatan saluran pencernaan dan mencegah sembelit.
Cengkeh
Taruh beberapa butir cengkeh dalam gelas kosong. Campur dengan ½ gelas air panas. Diamkan sebentar agar larut dalam air panas tersebut. Larutan air cengkeh inilah yang kemudian dibuat kumur dan mengatasi bau mulut. Kumur setiap anda selesai makan



Obat Herbal untuk Menghilangkan Bau Mulut
Jika anda ingin mencoba obat herbal, anda bisa mencoba
-         Chloromint untuk pria
-         Sedangkan wanita bisa mencoba Harum Sari An-Nahl atau Sirihan.

Keduanya mempunyai khasiat untuk menghilangkan masalah bau mulut anda. Mengapa perlu di bedakan ? Untuk Chloromint sebenarnya bisa digunakan pria dan wanita, namun jika bagi wanita yang ingin merasakan khasiat lain selain menghilangkan bau mulut, bisa mencoba produk herbal di atas.

Untuk lebih detail mengenai cara pemakaian dan khasiatnya, bisa lihat di masing masing produk.



Anda baru saja membaca postingan yang berkategori Kesehatan
Judul : Cara Menghilangkan Bau Mulut
Bookmark : http://www.berita-ane.com/2012/01/cara-menghilangkan-bau-mulut.html.