Cara Menghilangkan Ketombe Alami

Cara Menghilangkan Ketombe Alami – Bagi orang Indonesia, ketombe merupakan salah satu masalah kepala yang sering terjadi. Indonesia dengan iklim tropis, suhu tinggi dan udara lembab memang menjadi kondisi ideal untuk munculnya ketombe. Bagaimana Cara Menghilangkan Ketombe Alami ?

Sebelum dijelaskan lebih lanjut mengenai cara menghilangkan ketombe, anda perlu tahu gejala dan penyebab ketombe bisa muncul di kepala anda.



Ø      Gejala dan Tanda Ketome
  • Kulit mati berbentuk serpihan yang tampak putih dan berminyak yang mengotori rambut dan bahu.
  • Kulit kepala yang bersisik.
  • Rasa gatal pada kulit kepala.
 Ø    Penyebab Ketombe
  • Kulit terlalu kering. Keringnya kulit kepala dapat menyebabkan kulit mengelupas dan membentuk serpihan-serpihan kulit.
  • Kulit terlalu berminyak.
  • Minyak yang berlebihan pada rambut dapat menjadi sumber makanan jamur yang berkembang di kulit kepala, di mana jamur akan merangsang pengelupasan kulit kepala berlebihan dan menyebabkan ketombe.
  • Iklim dan cuaca yang merangsang kegiatan kelenjar minyak kulit
  • Terlalu sering atau terlalu jarang keramas.
  • Stres
  • Higiene (kesehatan/kebersihan) kulit buruk
  • Umur tertentu yang menyebabkan kelenjar minyak berproduksi maksimal
  • Penggunaan kosmetik rambut yang berlebihan atau tidak cocok.
  • Konsumsi makanan berlemak secara berlebihan.
  • Malassezia (jamur yang dapat menyebabkan seborrheic dermatitis yaitu radang pada kulit).
  • Psoriasis (akumulasi sel kulit mati yang membentu sisik perak yang tebal).
  • Craddle cap (seborrheic dermatitis pada kulit kepala bayi).
  • Dermatitis (radang kulit) akibat sensitivitas terhadap produk perawatan rambut tertentu atau pewarna rambut.

Berikut Cara Menghilangkan Ketombe Alami

1.   Cari tahu penyebab ketombe: apakah anda sedang stress, atau mungkin tidak cocok dengan shampo/ kosmetik rambut? Juga minum alkohol, rokok, kopi dapat memicu timbulnya ketombe. Beristirahatlah dan mulailah kebiasaan hidup sehat. Selain itu apakah anda sedang menjalani pengobatan ? Jika ya, mungkin itulah pencetus ketombe.

2.    Keramas secara teratur 2-3 kali seminggu. Jika rambut cenderung berminyak, keramas dapat dilakukan setiap hari dan lebih aman jika menggunakan sampo yang terbuat dari bahan herbal.

3.   Hentikan pemakaian produk penata rambut yang tidak cocok bagi rambut dan dapat memicu ketombe misalnya hair spray, styling gels dll.

4.      Makan makanan yang sehat. Makanan dapat menyediakan cukup zinc (seng), vitamin B, dan asam lemak esensial yang dapat membantu mencegah ketombe. Kurangi makanan yang berlemak. Konsumsi banyak sayuran hijau, telur, dan protein karena dapat memperkuat rambut dan juga mencegah ketombe muncul kembali

5.   Sedikit berjemur di bawah sinar matahari maksimal  30 menit. Sinar matahari dapat membantu proses pencegahan dan penyembuhan ketombe. Jangan terlalu lama, sinar matahari juga dapat merusak kulit kepala dan rambut.

6.      Jaga barang-barang pribadi agar senantiasa dalam keadaan bersih, seperti sisir, handuk dan sarung bantal dan hindari meminjamkan sisir pada orang lain dan begitu pula sebaliknya.

7.      Gunakan bahan alami seperti:
-    Lidah buaya
Caranya, kupas daun lidah buaya sampai sisa bagian dalamnya yang berwarna transparan, lalu oleskan pada kepala sampai rata, Diamkan hingga 10 menit kemudian bersihkan dengan sampo lembut, manfaat lidah buaya tidak hanya untuk ketombe tapi juga bisa menyuburkan rambut dan membuat rambut sehat.

-    Minyak almon
Pijat kulit kepala dengan minyak almon, kemudian bungkus rambut menggunakan handuk yang sudah dicelupkan ke dalam air hangat. Lakukan hal ini minimal 2 kali per minggu.

-    Jeruk lemon
Karena lemon dikenal mampu menjaga keseimbangan PH atau kadar asam di kulit kepala. Cara penggunaan lemon terhadap masalah ketombe, campurkan saja satu buah lemon dengan 15 ml minyak kelapa, lalu oleskan sambil memijat kulit kepala dan diamkan selama 8 jam pada malam hari.

-    Jeruk Nipis
Cara penggunaannya tidak sulit. Sebelum keramas, usapkan irisan jeruk nipis atau perasan jeruk nipis pada kulit kepala, terutama di daerah berketombe. Diamkan sekitar 15 menit sebelum membasuh dan berkeramas

-    Baking soda
Campurkan baking soda pada shampo yang akan Anda gunakan, kemudian usapkan pada rambut. Diamkan selama 2 menit, kemudian bilas hingga bersih. Sebaiknya lakukan hal ini minimal 2 kali seminggu hingga ketombe tidak ada lagi.

-    Minyak zaitun
Untuk mengatasi masalah ketombe dengan minyak zaitun, caranya campurkan saja dua sendok makan minyak zaitun dengan satu sendok makan minyak almond. Oleskan dikulit kepala sambil dipijat, kemudian diamkan selam 15 menit, lalu keramas sampai minyak di rambut anda bersih.

-    Thyme
Ramuan dapur ini memiliki sifat antiseptik ringan yang dapat membantu mengurangi ketombe. Buat sampo dengan merebus 4 sdm thyme kering dengan 2 cangkir air selama 10 menit. Saring cairan ini lalu biarkan hingga dingin. Gunakan setengah ramuan untuk dioleskan pada kulit kepala. Pijat lembut, jangan bilas, dan simpan sisanya untuk hari lain.

8.      Sisir Secara Teratur. Sisir rambut Anda secara teratur. Ini cara yang luar biasa untuk mengusir ketombe dan sel mati dari kulit kepala Anda. Menyisir rambut juga mampu mengusir ketombe pada batas tertentu.

9.      Aplikasi Eksternal. Oleskan campuran beberapa tetes lemon dan minyak mustard pada kulit kepala, pijit perlahan dan biarkan selama satu jam. Kemudian cuci dengan air bersih. Ini merupakan obat yang mujarab untuk mengontrol ketombe.

10.  Cuci rambut dengan air hangat, bukan air panas. Pada bilasan terakhir, Anda dapat menggunakan air dingin untuk mengurangi aktivitas kelenjar sebasea yang memproduksi minyak.

11.  Jangan mengenakan topi yang terlalu ketat di kepala agar kulit kepala bisa bernapas. Jika Anda naik motor, cuci busa bagian dalam helm.


Herbal untuk Menghilangkan Ketome

Jika anda ingin mencoba herbal, anda bisa mencoba beberapa produk herbal untuk menghilangkan ketombe berikut ini:

Shampoo Zaitun bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok, ketombe serta menyehatkan rambut dan kulit kepala. Bahan aktif: ekstrak buah lerak-minyak zaitun

Keduanya merupakan bahan tambahan untuk menghilangkan ketombe di rambut. Anda bisa memakainya sebelum  atau setelah keramas.

Herbal ini untuk pengobatan dalam. Selain mempunyai manfaat untuk menghilangkan ketome, Neo Propolis juga bermanfaat kesehatan tubuh anda secara keseluruhan.