5 Kebiasaan Baik di Pagi Hari

5 Kebiasaan Baik di Pagi Hari – Apa yang biasa anda lakukan saat bagun tidur di pagi hari ? Jika anda melakukan kebiasaan yang tidak sehat dan membuat mood jadi drop sebaiknya tinggalkan kebiasaan tersebut dan beralih ke 5 kebiasaan ini. Apa saja ?


Berikut 5 Kebiasaan Baik di Pagi Hari

Regangkan badan saat bangun tidur. Ketimbang memejamkan mata lagi atau melamun sambil "mengumpulkan nyawa" saat bangun tidur, lebih baik regangkan tubuh Anda. Regangkan jari-jari tangan, kaki, lalu putar pergelangan kaki Anda. Ngulet membuat peredaran darah menjadi lancar. Menguaplah sepuas-puasnya untuk menghirup sebanyak mungkin oksigen.

Minum air putih sebelum sarapan. Saat bangun tidur tubuh kita mengalami dehidrasi. Buktinya, Anda pasti merasa haus. Kondisi dehidrasi sebenarnya dapat memperlambat metabolisme. Karena itu sebelum menikmati teh manis, susu cokelat hangat, dan roti, minumlah lebih dulu segelas air putih. Menurut jurnal Obesity, sel-sel yang terpenuhi kebutuhan airnya tidak hanya bekerja lebih baik, tetapi juga membantu membuang lemak.

Sarapan yang mengandung protein. Sarapan adalah makanan paling penting dalam sehari. Dengan sarapan, Anda akan mengonsumsi lebih sedikit kalori sepanjang hari karena sebagian calorie intake disisihkan untuk pagi hari. Sarapan juga membuat Anda dapat berpikir lebih baik dan lebih mampu berkonsentrasi. Yang penting masukkan makanan yang mengandung protein ke dalam menu sarapan Anda. Sesuaikan porsinya dengan kapasitas perut Anda. Terlalu kenyang juga akan membuat Anda mengantuk, lho.

Biarkan sirkulasi darah lancar. Berangkat ke kantor dengan menempuh perjalanan selama dua jam memang membuat tubuh menjadi tidak bugar. Biasakan untuk berolahraga ringan pada pagi hari, karena metabolisme yang lancar juga akan menjauhkan stres dari diri Anda. Olahraga pagi juga menjadi cara yang baik untuk memastikan tubuh Anda siap "bertarung" dengan jadwal yang padat sepanjang hari. Tak perlu mencari tempat yang jauh atau waktu yang lama. Cukup lakukan latihan ringan selama 10 menit untuk melancarkan peredaran darah.

Secangkir kopi saja. Banyak yang mengatakan bahwa kopi dapat meningkatkan konsentrasi, atau membantu Anda bekerja lebih baik. Namun, jangan mengonsumsi kopi secara berlebihan. Secangkir kopi pada pagi hari (atau sore hari, tergantung kenyamanan Anda) sudah cukup. Kafein berlebih akan membuat Anda gelisah dan meningkatkan detak jantung Anda. Sebagai gantinya, nikmati saja secangkir teh hijau.