7 Penyebab Utama Susah Tidur

7 Penyebab Utama Susah Tidur – Gangguan susah tidur atau yang lebih dikenal dengan insomnia bisa terjadi pada siapa saja. Masalah ini biasanya menyerang satu dari tiga orang dewasa sesekali dalam hidupnya. Apa penyebabnya ?

Menurut Dr. Mirriam Stoppard dalam bukunya yang berjudul “Panduan Kesehatan Keluarga” menyebutkan kalau setidaknya ada 7 penyebab utama susah tidur. Apa saja itu ?.



Berikut 7 Penyebab Utama Susah Tidur

1.      Stres
Jika kita mengalami stres, produksi adrenalin meningkat, memperkuat kewaspadaan, dan membuat tidur sulit.

2.      Depresi
Merasa muram bisa memengaruhi kadar hormon, dan siklus tidur Non-Rapid Eye Movement (NREM) dan Rapid Eye Movement (REM) seringkali tidak seimbang.

3.      Benci
Merasa dengki atau merencanakan suatu balas dendam dapat membuat Anda tidak bisa tidur. Rumuskan jawaban untuk bos tukang kritik esok pagi saja.

4.      Kafein
Kopi memiliki efek akumulatif dalam sistem dan ada kafein tersembunyi dalam minuman bersoda dan cokelat.

5.      Kebiasaan Buruk
Merokok dan minum alkohol berlebihan menimbulkan insomnia dan mengurangi kualitas tidur. Perokok akan tidur kurang lelap dibandingkan orang yang tidak merokok. Rokok meningkatkan frekuensi denyut jantung, tekanan darah, dan kadar adrenalin, sehingga mengganggu tidur. Alkohol merusak hormon pengatur tidur.

6.      Kelainan medis
Apnea tidur menyebabkan seseorang memiliki otot longgar di belakang tenggorokan, yang menimbulkan dengkur dan sumbatan saluran napas saat udara disedot ke dalam. Orang dengan kondisi seperti ini tampak tersedak dan walaupun mereka tidak terbangun sepenuhnya, pola tidurnya terganggu.

7.      Kelenjar tiroid yang terlalu aktif
Hal tersebut akan menghasilkan hormon (tiroksin) yang terlalu banyak, gejala kelainan ini mungkin insomnia. Makanan yang membantu mengatur aktifitas tiroid antara lain kembang kol dan brokoli.