Ini Dia 5 Jenis Konsumen Premium Menurut Perpres No 15



Ini Dia 5 Jenis Konsumen Premium Menurut Perpres No 15 – Kebijakan untuk menaikkan harga bahan bakar RON 8 atau premium sepertinya sudah tidak dapat dihindari lagi. Dalam Perpres No 15 tahun 2012 di atur tidak hanya harga jual tapi juga jenis konsumen yang berhak mendapatkan BBM tertentu seperti minyak tanah, premium dan solar.



Berikut 5 Jenis Konsumen Premium Menurut Perpres No 15

1.      Usaha Mikro
Usaha mikro yang diperbolehkan menggunakan bensin RON 88 adalah mesin-mesin perkakas yang motor penggeraknya menggunakan bensin RON 88 untuk keperluan usaha mikro. Pembelian dilakukan dengan verifikasi dan surat rekomendasi dari Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten/Kota yang membidangi usaha mikro.

2.      Usaha Perikanan
Untuk usaha perikanan, konsumen pengguna bensin RON 88 adalah nelayan kecil dengan motor tempel dan pembudi daya ikan skala kecil (kincir) dengan verifikasi dan surat rekomendasi dari Kepala SKPD Kabupaten/Kota yang membidangi perikanan.

3.      Usaha Pertanian
Untuk usaha pertanian, konsumen penggunanya adalah petani/kelompok tani/Usaha Pelayanan Jasa Alat (UPJA) Mesin Pertanian yang melakukan usaha tani tanaman pangan, holtikultura, perkebunan dengan luas maksimal dua hektare dan peternakan dengan menggunakan mesin pertanian dengan verifikasi dan rekomendasi dari Lurah/Kepala Desa/Kepala SKPD Kabupaten/Kota yang membidangi pertanian.

4.      Transportasi
Transportasi pengguna bensin RON 88 adalah kendaraan bermotor milk pemerintah/swasta, kendaraan bermotor pribadi roda 4, sepeda motor, tranportasi darat untuk kendaraan bermotor umum roda tiga atau lebih dan menggunakan pelat kuning. Selain itu, semua jenis ambulans, mobil jenazah dan mobil pemadam kebakaran serta transportasi air yang menggunakan motor tempel dan diusahakan oleh WNI atau Badan Hukum Indonesia yang digunakan untuk angkutan umum/perseorangan di sungai, danau dan penyeberangan.

5.      Pelayanan Umum
Untuk pelayanan umum, konsumen pengguna bensin RON 88 adalah krematorium dan tempat ibadah untuk proses pembakaran dan atau penerangan dengan verifikasi dan surat rekomendasi dari Kepala SKPD Kabupaten/Kota yang membidanginya